Tips & Trik

10 Bendungan Terbesar di Dunia, Ada ada yang Terletak di Indonesia?

Media
26 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Di negara-negara besar, Anda mungkin sudah pernah mendengar nama-nama bendungan terbesar di dunia yang bisa menampung jutaan hingga miliaran kubik air. Sebagai sebuah konstruksi buatan manusia, bendungan dibangun untuk membantu manusia menampung serta menyimpan air. Nantinya, air yang terkumpul akan bisa dimanfaatkan lebih lanjut.

Tak hanya sebagai tempat menampung air, banyak juga bendungan terkenal yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Biasanya karena lokasi bendungan ini dikelilingi oleh pemandangan indah yang menarik para pelancong untuk singgah. Di antara semua bendungan terbesar di dunia ini, apa ada yang terletak di Indonesia?

10 Bendungan Terbesar di Dunia

Bendungan terbesar di dunia tersebar di berbagai negara dan benua, tentu dengan daya tarik masing-masing. Namun, ternyata belum ada bendungan di Indonesia yang masuk dalam daftar ini. Lantas, di negara mana saja bendungan terbesar ini berada?

1. Bendungan Kariba

Di urutan pertama bendungan terbesar di dunia ada Bendungan Kariba. Letaknya berada di antara Zimbabwe dan Zambia, dua negara di wilayah Afrika Selatan. Bendungan raksasa ini dibangun pada tahun 1950-an dengan panjang 628 meter dan tinggi 128 meter. Air sebanyak 185 miliar meter kubik dapat tertampung di sini. Selain sebagai PLTA Zimbabwe dan Zambia, bendungan ini juga katanya bisa mencegah terjadinya banjir selama 10.000 tahun.

Baca juga: Inilah 10 Bendungan Terbesar di Indonesia

2. Bendungan Bratsk

Di Siberia, Rusia, terdapat bendungan terbesar di dunia yang kedua. Bendungan ini membendung Sungai Angara dengan volume tampungan airnya sebesar 169,27 miliar meter kubik. Dengan tinggi 125 meter dan panjang 1.453 meter, Bendungan Bratsk memiliki 18 turbin Prancis yang digunakan untuk menghasilkan 4.500 Megawatt listrik.


3. Bendungan Akosombo

Bendungan terbesar di dunia berikutnya masih berada di Afrika, tepatnya di Ngarai Akosombo di Sungai Volta, Ghana. Volume tampungan airnya bisa mencapai 144 miliar meter kubik karena panjang bendungan ini sekitar 700 meter dan tingginya 134 meter. Awalnya dibangun sebagai PLTA, sekarang bendungan Akosombo juga dijadikan tempat perikanan yang menjadi mata pencaharian penduduk sekitar.

4. Bendungan Daniel Johnson

Agak ke belahan bumi bagian utara, terdapat bedungan terbesar di dunia yang keempat. Bangunan yang juga dikenal dengan nama Bendungan Manic-5 ini bertugas membendung Sungai Manicouagan di Kanada. Mengapa Manic-5? Rupanya di sekitar area ini terdapat beberapa bendungan lain yang disebut dengan Manic-1, Manic-2, Manic-3, dan lainnya.

Dibandingkan bendungan-bendungan lain, Bendungan Daniel Johnson terbilang unik karena memiliki struktur penopang lengkung ganda terbesar di dunia. Dengan panjang 1.310 meter, bendungan ini sanggup menampung hingga 139.8 miliar meter kubik air.

5. Bendungan Guri

Bendungan terbesar di dunia selanjutnya memiliki panjang 1.300 meter dan tinggi 16 meter, dengan volume tampungan air sebesar 135 miliar meter kubik. Akibatnya, dari tampungan itu terciptalah Danau Guri seluas 4.000 kilometer di Venezuela.

Dijadikan sebagai PLTA, listrik yang dihasilkan di sini memasok 70% keperluan listrik Venezuela. Selain itu, kapasitas penyimpanan air Bendungan Guri juga memungkinkan penggunaannya untuk pencegahan serta evakuasi air luapan banjir.

6. Bendungan Aswan

Berada di Mesir, Afrika, bendungan ini bertugas membendung Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia. Reservoir tampungannya sebesar 132 miliar meter kubik, di mana airnya digunakan sebagai PLTA, irigasi lahan, dan pengendali banjir. 

Sebelum akhirnya selesai dibangun pada Juli 1970, dibutuhkan 11 tahun untuk merampungkan proyek ini. Untuk menampung air sebanyak itu, bendungan ini memiliki panjang 3.830 meter dan tinggi 980 meter.

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Irigasi yang Wajib Anda Ketahui

7. Bendungan W.A.C. Bennet

Tak hanya menjadi salah satu bendungan terbesar di dunia, Bendungan W.A.C. Bennet dengan tinggi 186 meter juga merupakan salah satu bendungan tertinggi yang ada. Terletak di utara British Columbia, Kanada, bendungan ini berfungsi sebagai PLTA dan membendung Sungai Peace sampai membentuk Danau Williston. PLTA ini mulai beroperasi sejak 1968 setelah selesai dibangun setahun sebelumnya.

8. Bendungan Krasnoyarsk

Di urutan kedelapan bendungan terbesar di dunia, ada bendungan Krasnoyarsk di Sungai Yenisey. Lokasinya kurang lebih 30 kilometer dari kota Krasnoyarsk di Divnogorsk, Rusia dan memiliki volume penyimpanan air sebesar 73,3 miliar meter kubik. Reservoir air yang dihasilkan sangatlah luas sehingga sering juga disebut dengan Laut Krasnoyarsk. 

Dijadikan pula sebagai PLTA, bendungan ini berfungsi menghasilkan listrik bagi pembangkit listrik Perusahaan RUSAL yang terbuat dari alumunium. Tinggi bendungan ini sendiri mencapai 124 meter dan panjangnya 1.065 meter.

9. Bendungan Zeya

Dekat di daerah perbatasan utara Tiongkok dengan Rusia, ada juga salah satu bendungan terbesar di dunia yang mampu menampung 68,42 miliar meter kubik air. Bendungan Zeya ini membendung sungai dengan nama yang sama dan digunakan untuk PLTA. Pembangunannya berlangsung dari tahun 1964 sampai 1975, menghasilkan konstruksi setinggi 112 meter dan panjang puncak 714,2 meter.

Baca juga: 8 Jenis-Jenis Pasir untuk Proyek Konstruksi dan Ciri-Cirinya


10. Bendungan Robert Bourassa

Bendungan Robert Bourassa adalah bendungan terbesar di dunia terakhir dalam daftar ini. Terletak di Quebec, Kanada, bendungan sepanjang 2.835 meter dan setinggi 162 meter ini berfungsi sebagai PLTA, pengendali banjir, juga sumber irigasi. Pada bendungan ini, volume tampung airnya sebesar 61,7 miliar meter kubik.

Dari daftar di atas, kita bisa melihat bahwa meski sudah berusia puluhan tahun, bendungan-bendungan terbesar di dunia tersebut masih berfungsi dengan baik. Ini tentunya berkat perencanaan proyek yang matang serta bahan baku yang baik. Dengan penggunaan material yang tepat, proses pembangunan pun dapat berjalan dengan lancar.

Bagi Anda yang memiliki proyek pembangunan dan ingin hasil bangunannya kuat juga kokoh, pastikan Anda menggunakan semen berkualitas tinggi seperti semen SCG. Temukan harga semen SCG terbaik hanya di Klopmart dan miliki konstruksi bangunan sekuat bendungan terbesar di dunia.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya