10 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin dan Aman

Peraturan utama yang tidak boleh disepelekan ketika berurusan dengan dapur adalah memilih keramik lantai dapur yang tidak licin. Mungkin Anda akan mempertanyakan alasan peraturan tersebut? Lalu muncul pertanyaan lain, mengapa tidak memilih keramik lantai dapur berdasarkan desainnya saja?

Keramik lantai dapur yang sesuai dengan desain kesukaan mungkin akan memberikan kepuasan pada diri Anda ketika mendesainnya. Namun, hal penting yang harus Anda ingat bahwa dapur adalah bagian rumah yang penting dan riskan. Hal ini karena dapur akan menjadi tempat yang berantakan ketika sedang digunakan. 

Dalam penggunaannya, tidak dimungkiri Anda pasti akan membutuhkan air dan minyak. Apabila keduanya tumpah dan mengotori lantai dapur, hal tersebut dapat membahayakan Anda dan keluarga.

Air dan minyak tentunya tidak akan bersahabat bagi lantai dapur Anda. Licin yang ditimbulkan akan membahayakan siapa saja yang melintasinya. Maka dari itu, memastikan lantai dapur yang tidak licin adalah hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Untuk dapat menghindari kesalahan tersebut, Anda harus mengetahui keramik lantai dapur yang tidak licin dan tentunya aman. Tenang saja, Klopmart akan memberi tahu rekomendasi terbaik keramik lantai dapur untuk Anda. Simak artikel berikut ini untuk tentukan pilihan Anda!

Promosi Klopmart

Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

Pemilihan material untuk melapisi lantai dapur Anda sangatlah penting. Keramik sudah menjadi pilihan sejak dahulu untuk melapisi lantai bahkan dinding dapur. Namun, tidak semua keramik bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini karena sebagian keramik akan sangat licin apabila terkena air. Berikut adalah rekomendasi dari Klopmart untuk keramik lantai dapur yang wajib Anda ketahui!

1. Bata Kasar

Bata Kasar

Rekomendasi pertama untuk keramik lantai dapur yang tidak licin adalah bata kasar. Bata kasar adalah material yang dinilai tahan dari noda dan kotoran yang membandel. Menggunakan bata kasar untuk lantai dapur tentunya akan menjadi pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu khawatir dengan tumpahan apa pun ketika memasak.

Bata kasar akan tahan dengan noda seperti minyak, air, bahkan bumbu masakan yang cenderung basah. Selagi itu, bata kasar juga mudah dibersihkan jika memang lantai dapur Anda terkena tumpahan dari ketiganya. Selain itu, bata kasar juga memiliki desain unik. Bata kasar memiliki gaya dan warna yang merepresentasikan tema vintage.

2. Porselen

Porselen

Anda pastinya tidak akan asing dengan kata porselen. Porselen adalah keramik yang dibuat dari tanah liat putih. Porselen adalah rekomendasi kedua dari Klopmart untuk keramik lantai dapur yang tidak lincin dan tentunya aman. 

Porselen memiliki ciri khas yaitu tampilannya yang polos dan bahkan kebanyakan tidak memiliki motif. Jika ada, motif yang digunakan selalu sederhana. Porselen akan menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang menyukai desain minimalis dengan tema warna earth atau nude.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik Berkualitas Tinggi dan Cara Memilihnya

3. Granit 

Granit

Rekomendasi ketiga adalah granit. Material ini dapat melapisi dapur Anda dengan baik dan tentunya tidak licin karena permukaannya yang sedikit kasar. Namun, jangan asal menilai permukaan kasar pada granit ini. Meskipun permukaannya yang sedikit kasar, Anda tidak akan merasa risih ketika menginjakkan kaki di atasnya. Selain itu, granit juga dapat menciptakan kesan yang mewah jika digunakan untuk melapisi lantai dapur Anda. 

4. Tegel Ubin 

Tegel Ubin

Serupa tetapi tak sama atau bagai pinang dibelah dua. Keduanya menggambarkan keramik dan ubin yang terlihat sama meskipun keduanya sebenarnya berbeda. Tegel ubin menjadi rekomendasi yang bisa Anda pilih untuk melapisi dapur Anda. Tegel ubin memiliki karakteristik permukaan yang matte, yang mana tidak berkilau dan licin. 

Tegel ubin juga memiliki berbagai macam corak dan warna yang bisa Anda pilih untuk menghias dapur Anda. Selain untuk lantai dapur, tegel ubin juga cocok untuk melapisi dinding dapur Anda agar tidak terlihat membosankan.

5. Terakota atau Bata Merah

Terakota

Keramik terakota atau yang biasa dikenal sebagai bata merah adalah rekomendasi selanjutnya untuk melapisi dapur Anda. Keramik terakota atau bata merah ini memiliki permukaan yang dinilai tidak terlalu licin namun masih dapat tergolong aman.

Bata merah memiliki berbagai macam bentuk selain segi empat. Keramik terakota ini didesain dalam berbagai macam bentuk seperti segi lima atau segi enam. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan bentuk segi empat yang sudah terlalu biasa atau mainstream. Selain itu, warna terakota atau merah pada keramik ini memberikan dapur Anda kesan hangat dan mudah dikombinasikan dengan warna lain pada peralatan dapur atau furniture dapur.

Baca juga: 9 Tips Memilih Corak Keramik Kamar Mandi

6. Teraso

Teraso

Rekomendasi selanjutnya adalah teraso atau terazzo. Jenis keramik ini adalah percampuran material dari pecahan marmer, semen, pasir dan tegel. Keramik teraso memiliki karakteristik permukaan yang tidak licin namun tetap nyaman apabila diinjak.  

Keramik teraso memiliki corak yang unik dengan warna yang beragam. Anda sering menjumpai keramik teraso ini pada halaman depan rumah yang dilapisi keramik. 

7. Semen

Semen

Tahukah Anda bahwa semen juga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk melapisi lantai dapur? Lapisan semen pada lantai dapur dapat memberikan desain menarik layaknya industrialis namun memiliki karakteristik permukaan yang tidak licin sehingga aman untuk dapur Anda. 

Warna lapisan semen dapat memberikan Anda kebebasan dalam memadupadankan furniture atau peralatan dapur Anda dengan warna lantai dapur. Alhasil, dapur Anda akan terlihat menarik namun tidak memberikan kesan heboh. 

8. Kayu 

Kayu

Rekomen keramik lantai dapur tidak licin selanjutnya adalah lantai kayu. Keramik dengan meterial ini membuat permukaan lantai halus serta terlihat mengkilap. Material ini aman digunakan karena permukaan yang tidak terlalu licin.

Material kayu ini juga memberikan kesan alami serta minimalis pada dapur sehingga membuat dapur terlihat lebih hangat. Material kayu memiliki beragam pilhan tekstur yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan konsep yang diinginkan. 

9. Vinyl 

Vinyl

Rekomendasi keramik berikutnya adalah lantai vinyl. Lantai material ini memberikan tampilan lantai yang berkilat dan glossy serta terlihat elegan jika pada dapur. 

Tekstur dari lantai vinyl ini tidaklah licin sehingga aman digunakan sebagai lantai dapur. Material vinyl ini mempunyai berbagai macam motif seperti kayu dan warna coklat bervariasi yang memberikan kesan minimalis pada dapur. 

10. Batu Alam

Batu Alam

Bagi Anda yang ingin memiliki lantai dapur dengan suasana alam, maka lantai dapur dengan material batu cocok bagi Anda. Jenis lantai ini terkenal awet karena terbuat dari batu alami yang membuat material ini cocok bagi orang yang ingin memiliki tampak dapur yang unik, sejuk, dan alami. 

Keunggulan dari material batu ini adalah mudah dirawat, memiliki traksi yang bagus, dan tidak licin, sehingga tidak perlu khawatir apabila beraktivitas di dapur.  

Dalam pemasangan keramik lantai dapur, pastikan Anda memilih perekat yang memiliki kualitas baik agar penggunaannya dapat tahan lama. Salah satunya adalah memilih mortar yang baik seperti MU-480 Reno Fix. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa memesannya di Klopmart!

Material Bahan Bangunan

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan MU 480 perekat keramik di atas keramik. Gunakan perekat berkualitas untuk keramik lantai dapur yang tidak licin dengan memesannya melalui Klopmart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya