3 Jenis Konstruksi Tangga Melayang Untuk Menghiasi Rumah Anda

Apa itu Konstruksi Tangga Melayang?

Konstruksi tangga melayang adalah pilihan yang menarik dan modern untuk ditambahkan pada rumah Anda. Tangga ini akan bisa berdiri seperti tanpa ada pilar atau apapun yang menopangnya, seperti melayang di udara. Dari situlah namanya muncul.

Jika ingin menggunakan tangga yang satu ini untuk rumah Anda, maka ada beberapa jenis konstruksi yang bisa dipilih. Dapatkan informasi yang sangat bermanfaat tersebut di bawah ini.


Apa Saja Jenis Konstruksi Tangga Melayang?

Tangga melayang mengacu pada tangga apapun dengan stringer yang tersembunyi. Meskipun tidak ada stringer atau pondasi yang benar-benar dapat disembunyikan, namun tangga jenis ini dibuat sedemikian rupa sehingga bisa memberikan ilusi jika jenis struktur atau stringer apa pun yang melekat pada tangga akan tidak terlihat. Dengan begitu dapat menghasilkan efek seperti melayang.

Berikut ini inspirasi jenis jenis konstruksi tangga melayang untuk rumah Anda:

1. Tangga Mono Stringer

Tangga Mono Stringer

Tangga jenis mono stringer ini hanya akan menggunakan stringer tunggal di tengah untuk menopang setiap tapak. Biasanya ini adalah stringer logam dengan braket yang dilas.  Bagian ini juga bisa terbuat dari kayu. Terlepas dari jenis bahannya, stringer bukanlah fitur tangga ini dan karenanya, warnanya biasanya netral untuk menonjolkan tapak dan menghasilkan kesang melayang.

2. Tangga Stringer Ganda

Tangga Stringer Ganda

Tidak hanya satu, melainkan ada dua string tersembunyi. Cocok digunakan apabila tapak tangga Anda berukuran ekstra lebar atau tangga dengan banyak tapak. Logam ataupun kayu adalah dua bahan baku yang sering dimanfaatkan.

3. Tangga Cantilever/Kantiveler

Tangga Cantilever/Kantiveler

Biasanya, tangga kantilever akan menjorok keluar dari dinding. Biasanya akan ada penopang logam di belakang dinding untuk bisa memastikan tapak dapat dipijak. Setelah pemasangan, dinding akan melapisi penyangga ini untuk memberikan kesan jika setiap tapak yang ada seperti melayang.

Baca juga: Apa itu Denah Rencana Pondasi dan Cara membuatnya

Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Tangga Melayang

Kelebihan konstruksi tangga melayang

Apa saja keuntungan konstruksi tangga melayang? Tidak hanya menghasilkan tampilan seperti sedang melayang, tangga jenis ini pun juga membawa berbagai macam keuntungan lainnya. Contoh seperti:

1. Nilai estetika 

Bisa dibilang keuntungan pertama yang diinginkan dari penggunaan tangga ini adalah nilai estetika. Bisa dijamin orang-orang akan berhenti untuk melihatnya. Sesuatu yang unik dan jarang ditemukan, sekaligus bisa mematahkan norma jika tangga butuh penopang untuk bisa digunakan.

2. Desain yang sederhana

Kesan sederhana yang dihadirkan oleh tangga melayang ini sangat menarik bagi banyak orang. Tangga hanya terdiri dari dua bagian, tapak, dan stringer. Pegangan juga diperlukan tetapi seringkali yang berbentuk rel sederhana yang dirancang untuk berbaur dengan lingkungan.

Baca juga: Desain Rak Bawah Tangga Terpopuler

3. Menyajikan denah lantai terbuka

Berbeda dari tangga tradisional yang akan memerlukan ruang di bawah tangga, jenis yang satu ini akan membuka seluruh ruang, menciptakan peningkatan drastis pada denah lantai.

4. Ruang penyimpanan tambahan 

Dengan adanya ruangan baru yang terbuka, maka akan dihasilkan lebih banyak ruang penyimpanan. Bagian bawah tangga menjadi area penyimpanan yang sangat besar ketika tidak ada penyangga di bawahnya.

Kekurangan konstruksi tangga melayang

Dari sekian banyak keunggulan yang ditawarkan, bukan berarti desain konstruksi tangga melayang tidak memiliki kekurangan. Berikut ini kekurangan dari tangga melayang:

1. Perhitungan yang presisi

Salah satu yang menjadi perhatian penting apabila ingin menggunakan tangga melayang adalah aspek keselamatannya. Oleh karena itu, perhitungannya haruslah presisi agar tidak membahayakan penggunanya.

2. membutuhkan konsultan atau arsitek

Karena konstruksi tangga melayang sangat mempertimbangkan tingkat akurasi yang tinggi dalam hal perhitungan dan desain, maka Anda harus melakukan proses konsultasi dan membutuhkan jasa arsitek.

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Tangga Darurat untuk Gedung?

Tips Membuat Konstruksi Tangga Melayang

Apabila Anda sudah sangat tertarik dan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan konstruksi tangga melayang, maka inilah saatnya untuk mengetahui langkah demi langkah membuatnya.

Berikut ini cara membuat konstruksi tangga melayang:

1. Persiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang Anda perlukan adalah sebagai berikut:

  • tulangan dan plat baja
  • kawat wiremesh
  • mesin las
  • alat pelindung diri

2. Menentukan desain tangga melayang

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat konstruksi tangga adalah desainnya. Seperti pembahasan di atas, Anda harus berkonsultasi dengan arsitek jika tidak memiliki keahlian dalam mendesain.

Desain tersebut meliputi ketinggian, kemiringan, penentuan titik, hingga menghitung berapa anak tangganya. Anda dapat mempelajari cara menghitung anak tangga melalui artikel berikut ini "cara menghitung anak tangga dengan rumus yang benar".

3. Mengelas plat baja

Setelah desainnya telah siap, kini saatnya Anda menempel plat baja ke dinding untuk membuat anak tangganya. Plat baja yang Anda gunakan minimal memiliki ketebalan 5-6 milimeter.

4. Membuat balok beton bertulang

Selanjutnya adalah membuat beton bertulang miring yang nantinya akan menyambung dengan beton di lantai dua.

Plat baja yang telah disambung tadi, Anda hubungkan dengan balok beton bertulang menggunakan baut beton. Untuk bagian samping tangga yang menempel di dinding harus Anda lapisi dengan kawat wiremesh dan melapisinya dengan acian semen.

Kenapa Anda perlu melakukan hal tersebut? supaya balok beton dan plat baja samping yang menempel di dinding terlihat seperti melayang.

5. Finishing

Langkah terakhir adalah proses finishing. Di sini Anda dapat memberi warna atau menambah bagian-bagian lain seperti railing agar tangga melayang Anda lebih aman.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat


Kesimpulan

Itukah berbagai macam informasi yang bisa kami berikan untuk Anda mengenai tangga melayang yang sangat unik ini. Untuk mempermudah kegiatan konstruksinya, Anda bisa menggunakan scaffolding. Jika membutuhkan hal ini, maka Klopmart bisa membantu Anda. Kami jual scaffolding yang tentunya berkualitas dengan harga bersaing. Gunakan produk kami dalam kegiatan konstruksi tangga melayang Anda.

Baca Juga: 7 Desain Rak Bawa Tangga Terpopuler

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya