Sebelum Membeli, Pahami Dulu Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate telah menjadi salah satu pilihan populer dalam desain bangunan terlebih karena sifat transparannya. Namun, dibalik keindahannya, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate yang perlu diperhatikan.

Polikarbonat merupakan bahan bangunan yang relatif modern dan telah menjadi pilihan populer di kalangan pekerja konstruksi. Bahan yang ringan dan cukup kuat untuk menahan peluru tentunya akan menjadi pilihan yang sangat disukai, bukan?

Sifat atap polycarbonate yang tahan terhadap berbagai elemen tentunya bisa menjadi pertimbangan menarik bagi Anda yang ingin membangun rumah. Penting untuk diingat bahwa atap polycarbonate adalah bahan berkualitas tinggi yang tahan cuaca, tetapi dalam pemasangannya tentu terdapat berbagai tantangan.


Atap Polikarbonat: Solusi Efektif untuk Keamanan, Isolasi Termal, dan Kesejukan di Rumah Anda

Polikarbonat adalah bahan termoplastik yang sangat kuat, ringan, relatif mudah dipasang, dan mampu bertahan dalam suhu ekstrem baik panas maupun dingin. Karena kualitasnya ini, polikarbonat menjadi bahan pembuatan atap rumah yang efektif.

Sifat lembaran atap polycarbonate yang dilapisi busa membantu mengisolasi bangunan, membantunya tetap hangat di musim dingin. Lapisan pelindung ini membantu memantulkan sinar UV dan menjaganya tetap sejuk di musim panas.

Meskipun atap polycarbonate bukan pilihan terbaik untuk seluruh rumah, bahan ini tetap cocok digunakan untuk teras atau area dek. Atap ini menjadi pilihan populer karena hampir tidak bisa dipecahkan dengan kekuatan benturan 250 kali lipat dari kaca apung dan 30 kali lipat dari akrilik.

Baca juga: Mengenal Ukuran Polycarbonate untuk Atap Rumah

5 Kelebihan Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate telah mencuri perhatian dalam dunia desain bangunan karena sifat transparannya yang unik. Desain ini telah menjadi solusi inovatif untuk menciptakan ruangan yang terang dan nyaman. Berikut beberapa kelebihan Atap Polycarbonate bagi Anda yang tertarik mempertimbangkan untuk menggunakannya.

1. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Atap polycarbonate tahan terhadap cuaca ekstrem seperti hujan, angin kencang, panas, hingga salju sehingga ini membuatnya menjadi pilihan yang tahan lama untuk area luar seperti teras atau kanopi.

Beberapa atap polycarbonate juga mampu melindungi rumah dari sinar UV karena dibuat dengan bahan anti UV sehingga dapat menjaga furniture, perabotan, dan permukaan lainnya di bawah atap.

Karena ketahannya terhadap benturan, atap polycarbonate menjadi tidak mudah pecah atau retak. Ini membuatnya lebih tahan lama daripada beberapa bahan transparan lainnya.

2. Ringan dan Mudah Dipasang

Sekalipun memiliki kekuatan terhadap benturan yang besar, atap polycarbonate memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dipasang dan tidak memerlukan struktur yang rumit. Rata-rata berat per lembar atap polycarbonate hanya sekitar 1 Kg, sehingga akan sangat mudah membawa dan pemasangannya.

Hal ini membuat proses pemasangan atap polycarbonate menjadi lebih murah karena tidak memerlukan tenaga dan bahan yang begitu banyak.

3. Tahan Lama

Atap polycarbonate memiliki umur yang panjang dan tahan lama. Hal ini dikarenakan bahan polycarbonate yang digunakan pada atap polycarbonate memiliki sifat yang tahan terhadap sinar UV sehingga meminimalisir kerusakan pada bahan atap.

Selain itu, jika Anda khawatir kebanyakan atap polycarbonate dilengkapi dengan masa garansi yang cukup lama sehingga ketika terdapat kerusakan pada atap, Anda bisa menghubungi pihak penjual. 

4. Ramah Lingkungan

Beberapa atap polycarbonate memiliki sifat yang menghemat energi karena memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan sehingga tidak perlu menggunakan lampu pada siang hari. Selain itu, atap polycarbonate dapat di daur ulang setelah masa pakainya habis.

Namun, jangan khawatir sekalipun atap ini dapat meneruskan cahaya secara penuh, suasana akan tetap berbeda dengan di luar ruangan karena lebih adem. Atap polycarbonate mampu menyaring penyebab panas yang terdapat di dalam cahaya matahari.

Baca juga: Apa Itu Atap Go Green? Kenali 9 Kelebihannya

5. Tersedia dalam Berbagai Model

Mungkin Anda berpikir karena sifatnya yang transparan, model atap polycarbonate akan menjadi sangat terbatas. Tentu saja tidak, atap polycarbonate tersedia dalam berbagai model, mulai dari warna yang bervariasi hingga bentuknya yang juga beragam.

Anda tidak perlu khawatir rumah akan terlihat biasa saja, Anda akan tetap bisa mendesain rumah dengan berbagai model pilihan atap polycarbonate. 

5 Kekurangan Atap Polycarbonate

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, atap polycarbonate juga memiliki beberapa kekurangannya yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam proyek bangunan. Berikut adalah beberapa kekurangan atap polycarbonate yang perlu Anda pertimbangkan. 

1. Tidak Tahan Terhadap Goresan

Meskipun atap polycarbonate tahan terhadap benturan dan cuaca, atap ini memiliki permukaan yang relatif lembut sehingga mudah tergores jika terkena benda-benda yang tajam atau kasar. Goresan yang ada tentunya akan dapat mengganggu penampilan atap polycarbonate.

Maka, sebaiknya ketika Anda memilih menggunakan atap polycarbonate, pertimbangkan juga untuk menggunakan pelindung khusus sebagai lapisan tambahan. Nantinya ini akan berguna untuk mengurangi risiko goresan.

2. Mudah Terkena Karat

Beberapa komponen lain yang digunakan dalam pemasangan atap polycarbonate sangat perlu diperhatikan karena ada kemungkinan mudah berkarat, seperti baut dan penyangga. Jika komponen-komponen ini terbuat dari bahan yang tidak tahan karat, maka atap anda akan mungkin terkena karat dan menjadi rusak.

Untuk menghindari masalah karat pada atap polycarbonate, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan penyangga yang tahan terhadap korosi dan lakukan perawatan rutin pada setiap komponen logam di sekitar atap polycarbonate.

3. Tidak Tahan Terhadap Bahan Kimia

Karena terbuat dari material plastik, atap polycarbonate dapat terpengaruh oleh beberapa bahan kimia. Bahan-bahan kimia ini dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan atau bahkan perubahan pada sifat fisik atap polycarbonate.

Karena itu, sebaiknya jangan gunakan pembersih yang mengandung pelarut kimia, seperti aseton atau thinner pada permukaan atap polycarbonate karena dapat merusak lapisan pelindung permukaan.

4. Mudah Berdebu

Kekurangan lainnya dari atap polycarbonate adalah mereka sangat mudah berdebu. Ini bisa terjadi karena sifat elektrostatik yang dapat menarik debu dan serbuk-serbuk kecil lainnya. Nantinya debu yang menumpuk pada atap polycarbonate dapat mengganggu penampilan atap dan mengurangi transparansinya.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan lapisan anti-statik untuk mengurangi daya elektrostatik pada permukaan atap polycarbonate. Lapisan ini akan sangat membantu dalam mengurangi penarikan debu. Saat membersihkan atap polycarbonate, gunakanlah air bersih dan deterjen lembut agar menghindari kerusakan pada atap.

5. Tidak Cocok untuk Atap dengan Kemiringan Curam

Atap Polycarbonate cenderung kurang efektif dalam mengalirkan air hujan pada atap dengan kemiringan curam. Kemiringan curam dapat menyebabkan air hujan mengalir dengan cepat sehingga ada kemungkinan atap polycarbonate tidak mampu mengatasi aliran air dengan baik.

Baca juga: Cat Anti Panas Untuk Genteng dan Atap Rumah

Panduan Memilih Jenis Atap Polikarbonat Sesuai Kebutuhan dan Estetika Bangunan Anda

Ada beberapa jenis atap polikarbonat yang umum digunakan, tergantung pada kebutuhan dan preferensi estetika. Berikut adalah beberapa jenis atap polikarbonat:

1. Atap Polikarbonat Berlapis Tunggal

Ini adalah jenis atap polikarbonat paling sederhana yang terdiri dari satu lapisan polikarbonat. Meskipun cukup ringan, atap ini tetap kuat dan tahan terhadap benturan. Cocok untuk aplikasi seperti teras, carport, atau penutup serambi.

2. Atap Polikarbonat Berlapis Ganda (Twin Wall atau Multi Wall)

Atap polikarbonat berlapis ganda terdiri dari dua atau lebih lapisan polikarbonat yang disatukan oleh ruang udara di antara mereka. Lapisan tambahan memberikan keunggulan insulasi termal, menjadikannya pilihan yang baik untuk area yang membutuhkan kontrol suhu seperti rumah kaca, gazebo, atau teras yang ingin meminimalkan panas matahari.

3. Atap Polikarbonat Bergelombang

Atap polikarbonat bergelombang mirip dengan atap metal bergelombang, tetapi terbuat dari polikarbonat. Mereka ringan, tahan terhadap korosi, dan memberikan pencahayaan alami ke ruangan di bawahnya. Cocok untuk aplikasi seperti gudang, garasi, atau bangunan pertanian.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate beserta jenis-jenisnya, sangat penting juga untuk memahami kebutuhan dan kondisi spesifik bangunan Anda. Kemiringan atap, lokasi geografis, iklim, dan estetika juga menjadi poin yang harus diperhitungkan dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda, Klopmart dengan senang hati menjual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai yang pastinya sangat kokoh. Berbagai macam pilihan atap, dinding, dan lantai disediakan dengan kualitas tinggi dan bertahan lama untuk membantu Anda mencapai Rumah impian dengan hasil yang optimal.

Jangan ragu untuk menghubungi Klopmart dan dapatkan saran dan harga lebih lanjut terkait produk-produk rumah unggulan terbaik. Mulai dari pemesanan produk hingga pengiriman diatur dengan mudah dan cepat agar proses konstruksi Anda dapat berjalan dengan lancar.

Segera hubungi Klopmart dan dapatkan produk unggulan terbaik untuk desain rumah Anda

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya