Atap & Lantai

Mengenal Ukuran Polycarbonate untuk Atap Rumah Terupdate

Media
28 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ukuran polycarbonate tidaklah beragam dan sudah memiliki ukuran yang standar. Tapi, sebelum mengetahui ukuran polycarbonate, apakah Anda tahu apa itu polycarbonate? Polycarbonate merupakan salah satu jenis atap rumah yang cukup sering digunakan. Oleh karena itu, melalui artikel ini, Klopmart akan menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Polycarbonate beserta ukurannya agar Anda dapat memperkirakan berapa banyak polycarbonate yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat melihat beberapa ide bangunan yang menggunakan atap polycarbonate di bawah ini.

Apa Itu Polycarbonate?

Polycarbonate merupakan lembaran atap rumah yang memiliki bahan material polymer thermoplastic. Material tersebut hampir sama dengan fiberglass, namun dari segi kekuatannya jauh lebih baik dan kokoh, serta tidak mudah pecah. Jika Anda menginginkan atap rumah yang dapat tahan lama, maka polycarbonate bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berapa Ukuran Polycarbonate?

Polycarbonate memiliki ukuran yang standar yaitu 2,1 m x 11,8 m. Secara ketebalannya, polycarbonate memiliki ketebalan sekitar 4 mm hingga 10 mm. Ketebalan tersebut kembali lagi kepada masing-masing merek. Ada banyak merek yang memiliki produk atap dengan bahan polycarbonate.

Atap rumah polycarbonate merupakan jenis atap rumah yang memiliki harga terjangkau. Oleh karena itu, tidak heran bahwa atap rumah ini paling sering dicari oleh banyak orang karena harga dan juga kualitasnya. Harga atap rumah polycarbonate berkisar antara 3 juta hingga 5 juta tergantung dengan merek dan juga ketebalannya.

Jenis-Jenis Polycarbonate

Selain digunakan untuk atap rumah, polycarbonate juga dapat digunakan untuk komponen bangunan rumah lainnya seperti dinding, pengganti kaca, bahkan hingga kayu.

Dengan demikian, ada berbagai macam jenis polycarbonate yang disesuaikan dengan penggunaannya yaitu jenis polycarbonate bening, berwarna, tahan akan api, memiliki bentuk bergelombang, anti abrasi, antistatik, dan banyak lagi jenis lainnya yang dapat Anda temukan.

Baca juga: Jenis Genteng Yang Tidak Menyerap Panas

Kelebihan Atap Polycarbonate

Adapun kelebihan menggunakan atap polycarbonate dibanding yang lain, yaitu:

1. Ramah Lingkungan

Atap polycarbonate terbuat dari bahan plastik modern yang dapat mudah didaur-ulang dan dibentuk. Selain itu, proses pembuatan polycarbonate juga telah memanfaatkan teknologi modern yang memastikan setiap atap polycarbonate ramah lingkungan.

2. Kedap Air

Atap polycarbonate juga dapat mencegah air masuk ke rumah Anda dengan mudah. Anda tinggal menabahkan perekat atau selotip saat proses pemasangan atap.

3. Proses Pemasangan Yang Mudah

Proses pemasagan atap polycarbonate juga sangat mudah dan bahkan Anda mungkin tidak membutuhkan bantuan seorang ahli. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti sealent, gasken Neoprene, pengencang, sealent, Profil U dan Profil H.

4. Anti Panas Maksimal

Atap polycarbonate dapat memantulkan kurang lebih 90% panas sinar matahari. Hal ini karena atap polycarbonate memiliki lapisan UV Protection. Sinar matahari tetap dapat menembus atap untuk menerangi bagian bawah atap karena sifat transparan. Tetapi, sinarnya tidak akan sepanas jika Anda tidak menggunakan atap polycarbonate. Sifat inilah yang membuat polycarbonate sering digunakan sebagai kanopi.

5. Pilihan Warna Yang Luas

Anda mungkin tidak aka pernah menemukan pilihan warna atap seluas pilihan warna atap polycarbonate. Karena proses produksinya yang menggunakan teknologi modern, warna atap polycarbonate sangat beragam dan Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan desain dan warna cat rumah Anda dengan mudah.

Ide Bangunan dengan Atap Polycarbonate

Berikut ini, kami sajikan 3 ide bangunan dengan atap polycarbonate yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk Anda dalam membangun rumah dengan atap polycarbonate:

1. Atap Rumah Kabin (Desa Guanaqueros, Chili)

Di desa Guanaqueros dekat pesisir pantai, ada rumah berbentuk kabin yang disewakan untuk para pengunjung pantai. Bangunan ini hanya mempunyai luas 30 m² saja dengan konsep lantai yang menggunakan kayu. Dinding dan atap pada rumah kabin ini menggunakan polycarbonate bening sehingga rumah kabin ini mendapatkan sinar matahari secara alami.

2. Atap Restoran Anak-anak (Qin Huang Dao, Tiongkok)

Bangunan lama di daerah Tiongkok yaitu club house Aranya direnovasi sebagian menjadi restoran khusus untuk anak-anak. Restoran ini menggunakan dinding dan juga atap polycarbonate serta memadukan penggunaan cahaya yang menarik sehingga menghasilkan bangunan yang sangat memukau.

3. Atap Rumah Shed Roof House (Fujiyama, Jepang)

Salah satu ide bangunan yang juga memanfaatkan polycarbonate untuk dinding dan atapnya adalah shed roof house yang berada di kaki gunung Fuji.

Rumah ini terdiri dari dua lantai dan memiliki desain atap yang sangat unik. Polycarbonate yang mereka gunakan merupakan jenis polycarbonate berwarna semi transparan.

4. Atap Polycarbonate pada Jendela Rumah

Atap Polycarbonate pada Jendela Rumah

Penggunaan lembaran polycarbonate sebagai pengganti kayu untuk menutup jendela, dapat membantu mengurangi tindakan vandalisme dan mencegah pencurian di rumah-rumah yang kosong.

Pemasangan clear boarding seperti ini juga memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah yang kosong, membuatnya lebih mudah terlihat apakah bangunan di dalam sudah perlu diperbaiki atau belum, dan mengamankan properti tanpa menarik perhatian.

5. Atap Polycarbonate untuk Outdoor yang Menakjubkan

Atap Polycarbonate untuk Outdoor yang Menakjubkan

Atap polycarbonate juga dapat digunakan untuk banyak proyek rumah tangga, mulai dari keperluan kerajinan dan hobi hingga aplikasi yang lebih tahan lama seperti atap carport dan rumah kaca.

Daftar Harga Polycarbonate Per Meter

Setelah mengetahui jenis dan ide untuk atap polycarbonate, saatnya Anda mengetahui ukuran harga bahan bangunan satu ini.

Atap polycarbonate merupakan salah satu bahan bangunan yang cukup mahal. Umumnya, harga polycarbonate terbaru dipatok di angka 3 hingga 4 juta rupiah per meternya.

Merk Lexan Easy Clean, misalnya, yang merupakan salah satu merk atap polycarbonate paling terkenal, dipatok di harga Rp. 2.159.000 dengan ukuran 6 mm x 2,1 m x 11,8 m (Tebal, Panjang, Lebar) Lalu, ada juga Solarlite (5 mm x 2,1 m x 11,8 m) yang dipatok di angka Rp. 1.810.000. Ada juga merk GE Carboron (6 mm x 2,1 m x 11,8 m) yang memiliki spesifikasi kurang lebih sama dengan Lexan Easy Clean namun dipatok relatif lebih murah di angka Rp. 1.910.000

Masih ada merk atap polycarbonate yang lain sebenarnya. Harganya kurang lebih berada di kisaran yang telah dijelaskan di atas.

Merk

Ukuran

(Tebal x Lebar x Panjang)

Harga

De’Light 

4 mm 2,1 m x 11,8 m 


Rp1.110.000

Duromax 

4,8 mm 2,1 m x 11,8 m 

Rp1.710.000

Solarflat 

1.2 mm 1,1 m x 11,8 m

Rp2.159.000

Lexan Easy Clean

6 mm x 2,1 m x 11,8 m


Rp2.159.000

Solarlite 

5 mm x 2,1 m x 11,8 m

Rp1.810.000

GE Carboron

6 mm x 2,1 m x 11,8 m

Rp1.910.000

Lexan Easy Clean 

6 mm 2,1 m x 11,8 m 

Rp2.810.000

Twinlite

5 mm 2,1 m x 11,8 m 

Rp2.260.000


6 mm 2,1 m x 11,8 m 

Rp2.530.000


10 mm 2,1 m x 11,8 m 

Rp.3.560.000


Dapatkan Atap Rumah Polycarbonate Berkualitas di Sini

Dari ketiga ide bangunan yang menggunakan atap polycarbonate di atas, kita dapat melihat bahwa ketiga bangunan tersebut memiliki kesamaan yaitu menggunakan polycarbonate berwarna bening atau putih untuk memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam ruangan ataupun memancarkan cahaya dari dalam ke luar.

Jadi, setelah Anda melihat ide bangunan yang menggunakan atap polycarbonate dan juga sudah memahami ukuran polycarbonate, silakan dapatkan Twinlite Greca dari Klopmart yang merupakan produk atap rumah polycarbonate pilihan dan berkualitas sekarang juga.

Sumber rujukan:

  • https://www.justpolycarbonate.com/post/polycarbonate-sheeting-outdoor-ideas

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/10-ide-desain-rumah-hebat-dengan-polycarbonate-20562

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya