Harga Pipa Besi Galvanis

Selain PVC yang sudah kita kenal, pipa besi galvanis merupakan salah satu alternatif bahan untuk konstruksi bangunan. Biasanya pipa jenis ini digunakan sebagai alat untuk membantu pengaliran air, gas, saluran pembuangan, atau sebagai knalpot sepeda motor. Tahan lama dan kokoh adalah alasan mengapa pipa galvanis digunakan.

Pipa besi galvanis sendiri merupakan material yang terbuat dari besi dan dilapisi dengan zinc atau seng. Proses pelapisan tersebut dikenal sebagai metode galvanisasi. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi proses terpaparnya besi akibat polutan yang dapat menyebabkan terjadinya karat.

Jadi jangan heran apabila harga pipa besi galvanis cenderung lebih mahal dibanding pipa PVC.

 

Pipa PVC VS Pipa Besi Galvanis

Penggunaan pipa besi galvanis sangat umum di kalangan pemborong di daerah perkotaan. Kontur tanah kota yang cenderung keras ditambah kondisi lingkungan kurang memadai membuat pipa besi dipilih karena lebih kuat dibanding pipa PVC. Bahan besi membuat pipa galvanis tidak mudah pecah sehingga cocok digunakan untuk beragam konstruksi bangunan.

Selain itu lapisan seng pada permukaan juga dapat melindungi pipa besi dari kondisi cuaca perkotaan yang tidak menentu. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dibanding pipa PVC, pipa besi memiliki peluang tahan lama lebih besar. Pipa besi galvanis terbukti mampu bertahan selama 25 hingga 50 tahun di daerah kota yang tingkat polusinya tinggi.

Sedangkan di daerah pedesaan, umur pipa besi galvanis bisa lebih dari itu sebab cuaca di desa jauh lebih bersahabat. Selain itu pipa besi galvanis juga cukup fleksibel. Produk ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan sehingga penggunaannya pun cukup beragam. Jika dibandingkan dengan PVC, pipa besi jelas unggul dalam hal ini.

Meskipun begitu, pipa besi galvanis juga memiliki kelemahan. Bahan besi dan lapisan seng membuat pipa cenderung lebih berat berbanding terbalik dengan pipa berbahan PVC yang ringan. Inilah mengapa untuk membawa atau melakukan pemasangan dibutuhkan alat transportasi dan orang-orang dengan keahlian khusus.

Faktor-faktor semacam inilah yang membuat harga pipa besi galvanis lebih mahal dibanding pipa dari material lain termasuk pipa PVC.

 

Berapa Harga Pipa Besi Galvanis di Pasaran?

Harga pipa galvanis ditentukan oleh ukurannya. Biasanya, ukuran pipa ditentukan menggunakan rumus (inci x mm x m). Semakin panjang dan tebal ukuran pipa besi galvanis, semakin mahal pula harganya. Sebagai gambaran, di klopmart.com harga pipa galvanis berukuran 1- ½ inci sekitar Rp300.000. Sedangkan harga pipa berukuran ¾ inci yang ukurannya lebih kecil dijual seharga Rp170.000.

Biaya tersebut tidak termasuk jasa instalasi dan transportasi yang harus dikeluarkan lagi saat akan menggunakan pipa besi galvanis pada proses konstruksi sebuah bangunan. Di klopmart.com sendiri, harga pipa galvanis yang ditawarkan cukup bersaing, kualitasnya pun terjamin.

Selain pipa, toko material konstruksi online ini juga menawarkan besi UNP, CNP, scaffolding, ladder, hingga baut galvanis. Produk galvanis memang cukup populer di pasaran.

Seperti halnya pipa besi galvanis, produk material galvanis lainnya juga memiliki lapisan seng untuk mencegah karat. Lapisan ini membuat produk menjadi lebih tahan banting dan tahan lama. Soal harga, klopmart.com menawarkan nominal yang cukup kompetitif sesuai dengan kualitas produk.

 

Jadi, tertarik untuk menggunakan produk galvanis dari Klopmart? Itulah ulasan tentang harga pipa besi galvanis dan keunggulannya yang membuat produk tersebut laku di pasaran. Semoga bermanfaat.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya