Download Klopmart App

Pusat Bantuan

Hal-hal yang Mempengaruhi Perbedaan Harga Paralon Air

Pipa PVC atau paralon kerap kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, penggunaan pipa ini banyak digunakan baik untuk rumah tangga maupun industri. Mungkin Anda mengetahui pipa paralon atau PVC terdiri satu jenis saja, namun sebenarnya ada tiga jenis dan harga paralon air ini berbeda-beda tergantung jenis tersebut. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi harga paralon air tersebut?

 

Jenis pipa paralon

Sebelum mengetahui harga paralon air, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui jenis pipa paralon yang biasa dijual di pasaran. Berdasarkan jenis tersebut, pipa paralon terbagi menjadi tiga kelas utama. Beberapa di antaranya adalah PVC Kelas AW, PVC Kelas D, dan PVC Kelas C. Adapun uraian mengenai berbagai jenis dan kelas PVC tersebut sebagai berikut.

  • PVC Kelas AW

Dari segala jenis pipa PVC, kelas AW dinilai sebagai pipa yang paling tebal dari segi ukuran. Kemudian, dari bahan baku juga sangat baik. Hasilnya, pipa ini pun mampu menahan tekanan sampai beban 10 kg/cm2. Oleh karena itulah, dalam pengerjaan konstruksi bangunan dan saluran air pipa PVC kelas AW banyak dipilih untuk ragam saluran air bertekanan tinggi. Termasuk dalam penggunaannya pada rumah tangga seperti saluran kran maupun saluran air di bawah tanah.

  • PVC Kelas D

Pipa PVC kelas D dari segi kualitas memang tak kalah baik dengan kelas AW. Akan tetapi, beban yang mampu ditahan pipa ini hanyalah 5 kg/cm2. Di sisi lain, dari segi harga juga lebih rendah daripada kelas AW. Sehingga, kegunaan pipa kelas D sangat cocok digunakan untuk pembuangan air limbah maupun pembuangan air di sebuah industri. Sebab, harganya pun relatif lebih rendah sehingga banyak dipilih untuk proyek-proyek besar.

  • PVC Kelas C

Lalu, untuk pipa PVC kelas C memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding kedua jenis sebelumnya. Bahkan pipa PVC kelas C ini memiliki ukuran paling tipis. Dalam penggunaannya, pipa jenis C tidak boleh digunakan untuk menyalurkan air bertekanan tinggi. Selain digunakan untuk saluran air, pipa PVC kelas C juga sering digunakan untuk instalasi listrik. Terutama dalam melindungi kabel-kabel listrik agar tetap awet dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Hal yang mempengaruhi harga paralon air

Harga paralon air atau pipa PVC dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tidak hanya kualitas merknya saja, tetapi juga dari bahan baku yang digunakan. Kemudian, yang paling terpenting lainnya adalah ketebalan dari pipa tersebut.

  • Bahan baku yang digunakan

Bahan baku memang paling berpengaruh dalam menentukan harga paralon air. Pipa berkualitas baik cenderung memiliki harga yang cukup mahal. Kualitas ini contohnya bisa Anda lihat dari daya tahan dan keawetannya terhadap suhu dan tekanan. Semisalnya apakah pipa tersebut bisa digunakan juga untuk air panas. Jika iya, maka Anda harus memilih pipa dengan bahan baku terbaik yang bisa menahan panas hingga 85 derajat.

  • Ketebalan pipa paralon

Seperti dijelaskan di atas, ketebalan pipa juga menjadi faktor selanjutnya yang menentukan harga paralon air. Pipa paralon atau PVC yang memiliki ketebalan 4 inci biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan pipa lainnya. Meskipun spesifikasinya sama, ketebalan memainkan harga yang sangat penting. Contohnya, untuk yang berdiameter 4 inci akan lebih mahal dibanding ukuran 2 inci walau fingsinya sama.

  • Kualitas yang dimiliki

Membedakan kualitas paalon sebenarnya cukup sulit. Mengingat, harga paralon air yang ada di pasaran disesuaikan dengan kualitas yang ada. Semisalnya saja untuk merk Wavin, Rucika, dan Intilon adalah tiga dari sekian merk yang banyak dijual. Meski perbedaan harganya tidak terlalu tinggi namun dari segi kualitas juga tidak jauh berbeda. Hal ini tergantung kegunaan pipa dan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi harga paralon air di pasaran. Kini, Anda bisa mendapatkan paralon dengan harga terbaik di Klopmart. Anda bisa memilih ragam merk dan jenis pipa paralon sesuai kebutuhan dengan mudah dan nyaman.


Cek harga klik disini

Related Article