Konstruksi

Floor Hardener: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya untuk Proyek Konstruksi Anda

Media
25 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Floor hardener adalah solusi dalam dunia konstruksi untuk menciptakan permukaan lantai kuat dan tahan terhadap gesekan, kotoran, serta debu.  Apakah Anda tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang pengertian, jenis, dan fungsi dari floor hardener? Simak rangkumannya di bawah ini.

Pengertian Floor Hardener

Sebenarnya apa arti dari pengertian floor hardener? Floor hardener adalah suatu campuran bahan material yang terdiri dari semen serta material lainnya. Bahan ini bermanfaat untuk meningkatkan kekerasan yang lebih dari permukaan lantai biasa. 

Sebenarnya dari arti floor hardener yang merupakan penguat lantai dalam bahasa Indonesia sudah memperlihatkan apa kegunaan bahan ini. Saat ini floor hardener semakin banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi, khususnya gedung bertingkat. Dengan keberadaan floor hardener, maka struktur permukaan suatu lantai beton sudah pasti memiliki kekuatan lebih. Itu pula yang sangat diperlukan oleh konstruksi gedung tersebut. 

Semen menjadi material atau komponen penting dalam pembuatan Floor Hardener, berikut merupakan fungsi semen putih yang jarang diketahui.


Fungsi Floor Hardener

Membaca pengertian floor hardener di atas, Anda pasti sudah sedikit mengerti apa fungsi bahan material konstruksi bangunan ini. Sebenarnya ada tiga fungsi dari floor hardener yang sangat membantu kekuatan permukaan lantai beton:

  • Mengeraskan permukaan lantai beton sehingga memberikan daya tahan lebih tinggi
  • Mampu meminimalisir kotoran serta debu pada lantai tersebut sehingga tidak perlu terlalu sering melakukan pembersihan
  • Jika harus melakukan pembersihan pun, jauh lebih mudah untuk mengangkat kotoran serta debu di atasnya

Mungkin Anda penasaran mengapa floor hardener bisa menjadi lebih cepat dibersihkan. Alasan utamanya adalah pori-pori lantai dengan floor hardener jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan cor beton biasa. Dengan pori-pori yang lebih kecil inilah akhirnya membuat lantai dengan floor hardener tetap terjaga kebersihannya. Proses pembersihan pun lebih cepat dan gampang pula.

Jenis-Jenis Floor Hardener

Floor hardener memiliki dua jenis berdasarkan campuran materialnya. Ada floor hardener natural/non metallic (campuran semen + pasir silika atau semen + emery) dan floor hardener metallic (campuran semen + serbuk besi). Untuk lebih jelas mengenai kedua jenis floor hardener, berikut penjelasannya:

Floor Hardener Natural/Non Metallic

Floor hardener natural adalah jenis dari floor hardener yang bisa tercipta dari dua macam campuran. Bisa dari semen dan pasir silika atau semen dengan emery. Dengan campuran keduanya, maka permukaan lantai menjadi tahan terhadap goresan serta gesekan.

Komposisi dari pencampuran semen dengan pasir silika/emery adalah 1:2. Jadi 1 semen berbanding dengan 2 pasir silika/emery. Bisa disimpulkan bahwa floor hardener natural menjadi jenis yang paling sering digunakan di Indonesia. Alasan utamanya adalah kemudahan dalam proses pembuatan serta harga yang lebih murah.


Floor Hardener Metallic

Floor hardener metallic adalah jenis floor hardener dengan campuran semen dan serbuk besi. Kelebihan dari floor hardener jenis ini mampu menahan beban lebih berat dibandingkan versi natural. Selain itu juga mampu menahan goresan dan gesekan lebih baik.

Namun ada kelemahan dari floor hardener metallic, yakni material serbuk besi yang terhitung sulit untuk didapatkan, khususnya di Indonesia. Proses pengaplikasiannya juga rumit, mudah berkarat, dan harganya mahal. 

Jadi itulah pengertian, jenis dan fungsi dari floor hardener. Anda membutuhkan bahan floor hardener? Klopmart dapat menyediakan untuk Anda dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Klopmart menjadi e-commerce material bangunan dengan tipe barang terlengkap serta dapat dikirim ke berbagai daerah di Indonesia. Dengan penjelasan floor hardener adalah material konstruksi bangunan yang penting saat ini, kunjungi floor hardener dari Klopmart sekarang juga. 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya