2 Cara Pasang Water Heater Gas yang Mudah dan Aman

Sudahkah Anda mengetahui cara pasang water heater gas yang benar? Penting sekali mengetahui hal ini karena Anda tidak boleh memasang pemanas air secara sembarangan. Kesalahan dalam proses pemasangan justru akan membuat peralatannya tidak bisa bekerja secara maksimal.

Anda sebenarnya bisa menyewa jasa teknisi untuk membantu memasang water heater gas di rumah agar lebih aman. Namun, proses pemasangan water heater sangatlah sederhana sehingga Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan teknisi. Hanya saja, Anda harus memperhatikan keamanan dalam proses pemasangannya agar tidak membahayakan penghuni rumah lainnya.

Lantas, bagaimana cara memasang water heater gas yang benar dan aman? Mari simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apakah Water Heater Gas Aman untuk Pemakaian Rumah?

Pertanyaan ini perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli pemanas air. Ada dua jenis water heater yang tersedia di pasaran, yaitu tipe gas dan tipe listrik. Namun, water heater gas tergolong lebih aman apabila dibandingkan dengan jenis listrik.

Water heater gas sangat aman untuk pemakaian rumah, apalagi jika Anda memiliki kompor gas di dapur. Pasalnya, prinsip kerja water heater gas mirip seperti kompor gas. Pemanas air bertenaga gas juga lebih praktis dan fleksibel karena Anda bisa menggunakannya kapan pun tanpa bergantung pada kondisi cuaca atau kapasitas listrik di rumah.

Water heater gas juga memiliki perlindungan dari panas, kegagalan proses pembakaran, dan tekanan yang berlebihan pada tangkinya. Biayanya cukup terjangkau dan Anda hanya perlu memikirkan ongkos isi ulang tabung gasnya saja.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

Cara Pasang Water Heater Gas di Kamar Mandi

Sudah yakin dengan water heater gas setelah mengetahui tingkat keamanannya? Waktunya untuk mengetahui langkah pemasangan pemanas air ini di kamar mandi. Ikuti petunjuk lengkapnya di bawah ini.

1. Alat yang Dibutuhkan

Tentu saja Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam memasang water heater gas. Apa saja?

  • Kunci inggirs
  • Seal tape
  • Obeng kembang (+)
  • Obeng slotted (-)
  • Bor tembok dengan mata bor 6 mm
  • Keran shower atau keran cabang (sesuaikan dengan kebutuhan kamar mandi Anda)
  • Hand shower
  • Selang shower berukuran 1,5 meter
  • Selang gas
  • Fisher berukuran 6 mm dan 3 buah baut
  • Regulator low pressure
  • Klem gas 2 buah
  • Nepel gas

2. Langkah Pemasangan Water Heater Gas

Setelah peralatannya sudah lengkap, barulah Anda bisa mengikuti cara pasang water heater gas di bawah ini.

  • Mulailah dengan memasang baterai di dalam unit boks water heater gas terlebih dahulu.
  • Pasang dan kencangkan nepel gas pada pipa gas inlet.
  • Tentukan sumber air yang ingin digunakan untuk mengalirkan air ke water heater gas tersebut.
  • Ambil fisher dan baut berukuran 6 mm, kemudian posisikan water heater pada sumber air yang telah ditentukan.
  • Pasang keran bercabang pada sumber air, kemudian tutup dengan seal tape agar tidak mudah bocor.
  • Sambungkan selang shower yang fleksibel pada keran tersebut. Pastikan posisi keran bercabangnya tepat berada di bawah water heater dan sambungkan dengan komponen pipa yang berada di sebelah kanan pemanas (water inlet).
  • Sambungkan hand shower pada pipa outlet yang terletak di bagian tengah mesin. Jangan lupa untuk menutupnya dengan seal tape agar tidak mudah bocor.
  • Pasang selang dan regulator gas LPG pada nepel gas, kemudian gunakan klem untuk melekatkannya agar makin erat.
  • Pemasangan water heater sudah selesai. Waktunya untuk mengetes mesinnya. Caranya, ubah tombol switch ke posisi ON untuk menyalakannya.
  • Buka tuas yang terletak di samping keran agar airnya bisa masuk ke water heater. Apabila terdengar suara mesin, artinya pemanas air sudah mulai bekerja dan memanaskan air di dalamnya. Mesin pun siap digunakan.
  • Anda bisa mengetesnya lagi dengan merasakan suhu air yang keluar dari shower. Namun, tunggu beberapa menit saat water heater memanaskan airnya ketika baru dinyalakan. 
  • Proses pemasangan water heater sudah berhasil apabila Anda bisa merasakan air hangatnya hanya dalam beberapa menit.

Baca juga: 6 Cat Kamar Mandi Minimalis yang Terlihat Bersih dan Estetik

Tips yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang Water Heater Gas

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum Anda memasang water heater gas sendiri di rumah. Tips ini berlaku pula kalau Anda ingin memasang water heater listrik. Berikut beberapa tipsnya.

1. Periksa Saluran Air Panas Terlebih Dahulu

Pastikan rumah Anda telah memiliki saluran air panas sebelum menggunakan water heater. Saluran tersebut hendaknya menggunakan pipa logam khusus yang tidak akan meleleh saat mengalirkan air panas ke water heater. Anda bisa memasang saluran air panas terlebih dahulu di kamar mandi apabila belum memilikinya.

2. Buat Ventilasi dekat Water Heater

Tips ini perlu diperhatikan jika Anda ingin memasang water heater jenis indoor yang biasa dipasang di dalam kamar mandi. Ventilasi atau celah terbuka di kamar mandi berguna agar tabung gas penyuplai airnya tidak mudah meledak. Anda bisa membuat ventilasi yang cukup besar di kamar mandi terlebih dahulu.

3. Pilih Water Heater dengan Ukuran yang Tepat

Hindari memilih water heater yang terlalu kecil atau terlalu besar demi keamanan dan kenyamanan Anda di kamar mandi. Ukuran water heater gas yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan luas area pemasangan dalam kamar mandinya. Anda bisa meriset berbagai jenis ukuran water heater terlebih dahulu di internet untuk mengetahuinya.

4. Pasang di Area yang Aman dari Jangkauan Anak

Keamanan anggota keluarga, khususnya anak-anak merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Pastikan area pemasangannya jauh dari jangkauan anak-anak karena mereka biasanya penasaran dengan tombol maupun peralatan yang terpasang di water heater-nya. Si buah hati pun aman dari panas mesin yang dapat membahayakan kulitnya.

5. Pastikan Area Pemasangan Water Heater Steril

Water heater berisiko mendatangkan bahaya kebakaran pada rumah Anda. Pastikan area pemasangannya steril dan aman dari area yang bisa memicu kebakaran akibat water heater.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan water heater gas, tetapi semua itu berguna agar Anda dan seisi rumah bisa menikmati air hangat dengan aman dan nyaman. Anda bisa beralih ke water heater listrik apabila ingin menghemat penggunaan energi di rumah. Tidak perlu pusing mencari water heater listrik terbaik karena Anda bisa menemukannya secara online hanya di Klopmart.

Klopmart jual water heater Ariston Slim 30 Liter yang hanya membutuhkan daya listrik rendah. Tidak perlu menunggu untuk merasakan air hangat saat mandi karena pemanas air ini dilengkapi dengan teknologi Dual Tank yang membuat proses pemanasannya lebih cepat. Desainnya juga ramping dan tidak memakan banyak tempat sehingga ideal untuk kamar mandi berukuran kecil.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan pemanas air berteknologi terbaik asal Italia ini di kamar mandi Anda. Rasakan sensasi mandi di bawah air hangat yang menyenangkan hanya dengan Ariston Slim 30 Liter dari Klopmart.

Masih ingin menggunakan water heater gas di kamar mandi Anda karena keunggulannya? Jangan lupa untuk mengikuti cara pasang water heater gas di artikel ini agar proses instalasinya berjalan lancar.

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article