Cat dan Kimia

6 Cat Kamar Mandi Minimalis yang Terlihat Bersih dan Estetik

Media
01 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pemilihan warna cat merupakan hal yang sangat penting dalam setiap kegiatan membangun rumah. Mengapa demikian? Karena pilihan warna yang Anda pilih akan mempengaruhi suasana di rumah atau ruangan Anda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memikirkan matang-matang tentang pemilihan warna cat, khususnya warna cat kamar mandi minimalis.

Kamar minimalis semakin digandrungi oleh banyak orang. Desain kamar mandi minimalis yang menawarkan kesan bersih dan simpel, dirasa dapat memberikan ketenangan yang dibutuhkan saat sedang mandi.

Kesan simpel dan bersih yang ditawarkan desain kamar mandi minimalis inilah yang harus membuat Anda berpikir bijak untuk memilih warna cat dinding kamar mandi. Jika Anda memilih warna cat dinding yang tidak sesuai atau merusak sifat dari desain kamar mandi minimalis, Anda tentunya tidak akan nyaman berada di dalam kamar mandi tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi warna cat dinding kamar mandi minimalis yang dapat Anda coba.
 

Rekomendasi Warna Cat Dinding Kamar Mandi Minimalis

Dalam memilih warna cat dinding kamar mandi berkonsep minimalis, ada sebuah peraturan yang harus Anda ketahui. Konsep minimalis identik dengan pemilihan satu warna atau monoton. Anda tentu saja boleh bereksperimen dengan dua atau tiga pilihan warna cat.

Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang pasti, Anda hanya memilih satu dari beberapa rekomendasi warna cat dinding di bawah. Berikut adalah rekomendasi warna cat untuk dinding kamar mandi berkonsep minimalis:
 

1. Warna Biru

Warna biru identik dengan kesan tenang yang dimilikinya, khususnya untuk warna biru muda, seperti baby blue atau biru langit. Dengan menggunakan warna biru muda, Anda dapat meningkatkan kesan atau suasana bersih dan simpel yang dimiliki oleh kamar mandi berkonsep minimalis.
 

2. Warna Putih

Waran putih memang tidak bisa dilepaskan dari konsep atau kesan minimalis. Warna putih terkenal dengan kesan netralnya: Anda dapat menggabungkannya dengan warna apapun dengan mudah. Dengan memilih warna putih sebagai warna kamar mandi Anda, suasana kamar mandi berkonsep minimalis pun akan semakin terasa lebih bersih dan simpel.
 

3. Warna Abu

Serupa dengan warna putih, warna abu juga adalah warna yang tidak dilepaskan dengan konsep minimalis. Bedanya, warna abu lebih memiliki kepribadian ketimbang warna putih. Warna abu dikenal sebagai warna modern, industrial, dan tetap netral.

Baca juga: Ragam Rumus Campuran Warna Cat Tembok

 

4. Warna Hitam

Beberapa dari Anda mungkin tidak terbayang untuk menggunakan warna hitam sebagai warna dinding kamar mandi berkonsep minimalis. Kenyataannya, warna hitam dapat menjadi pilihan untuk warna cat kamar mandi minimalis.

Warna hitam dapat membantu furnitur-furnitur kamar mandi Anda untuk menonjol lebih jauh dan dapat membuat Anda fokus lebih mudah. Selain itu, warna hitam juga menawarkan kesan mewah yang dapat membuat pengalaman mandi Anda lebih baik.
 

5. Warna Kuning

Anda suka warna cerah? Jika iya, maka warna kuning adalah salah satu warna yang cocok untuk kamar mandi minimalis Anda. Warna kuning menawarkan kesan ceria yang tampak kontras dengan kesan minimalis pada umumnya. Tetapi, sifat kontras inilah yang dapat saling melengkapi dan membuat suasana kamar mandi minimalis Anda lebih baik.
 

6. Warna Hijau

Ingin menambahkan kesan alami dan sejuk di kamar mandi? Warna hijau dapat memberikan hal tersebut. Kombinasi kesan bersih dan simpel yang ditawaran oleh konsep minimalis akan semakin sempurna jika didukung oleh tampilan alami dan sejuk yang diberikan oleh warna hijau.

Baca juga: 5 Cara Mencampur Cat Tembok dengan Air dengan Mudah
 

Tips Membangun Kamar Mandi Minimalis

Selain memberikan sentuhan warna yang tepat, Anda tentunya bisa membuat kamar mandi Anda semakin indah dengan beberapa cara lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membangun kamar mandi minimalis.

1. Beri Sentuhan Kontras

Putih, krem, dan abu-abu memang warna yang sangat identik dengan konsep desain minimalis. Namun, tak dapat dipungkiri kalau penggunaan warna ini bisa berpotensi membuat ruangan terlihat sedikit monoton. Jadi, dalam rangka menghilangkan kesan membosankan dari ruangan yang cuma punya satu warna, Anda bisa menciptakan kontras dengan perpaduan dua warna berbeda. 

Contohnya, aplikasikan warna cat dinding kuning atau biru teal dengan lantai kamar mandi berwarna cokelat tua. Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa padukan warna putih atau krem untuk dinding kamar mandi, lalu warna hitam untuk lantai agar terlihat mencolok dan kontras. Perpaduan gelap-terang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas.
 

2. Tempatkan Perabot Multifungsi

Inspirasi kamar mandi minimalis tidak cuma diciptakan dari permainan warna cerah, gelap-terang, dan kontras, tapi juga penggunaan aksesori dan dekor di dalam ruangannya. Jika Anda ingin menerapkan konsep minimalis pada kamar mandi, maka bisa menggunakan dekorasi tanaman kecil atau keranjang multifungsi yang sekaligus bisa dipakai sebagai laundry bag.

Tetapi jika ruangan kamar mandi tidak memungkinkan untuk diletak perabotan, anda juga bisa dengan cara memasang wallpaper dinding kamar mandi. Dengan dekorasi simpel, kamar mandi akan terlihat minimalis sekaligus lebih ‘hidup.
 

3. Tempatkan Cermin Sebagai Dinding

Apakah ukuran kamar mandi Anda terbatas? Tenang, bukan berarti tidak bisa didesain dengan konsep minimalis. Untuk kamar mandi yang ukurannya terbatas, Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan cermin di sepanjang dinding agar ruangan terlihat dan terasa lebih luas. Melakukan hal ini juga bisa memberikan pantulan cahaya dari lampu atau jendela, sehingga ruangan lebih cerah. 

Lalu, agar dinding tidak polos begitu saja dengan cermin, tambahkan corak dan tekstur dengan pemasangan wallpaper atau marmer pada sisi lain. Pilihlah corak simpel dengan garis simetris yang tidak berlebihan. Contohnya adalah keramik dengan corak garis lurus atau kotak-kotak dan segi enam. Dengan begitu, kamar mandi Anda terlihat unik dan tetap minimalis.
 

4. Pilih Panel Kaca Frameless

Alih-alih menggunakan gorden untuk memisahkan area kering dan basah, inspirasi kamar mandi minimalis bisa memakai kaca frameless. Kaca ini ditempatkan sebagai pembatas antara area basah dan kering dari kamar mandi. Pemasangan panel kaca akan membuat area kamar mandi terlihat lebih luas dan besar, serta memungkinkan pencahayaan yang lebih baik untuk masuk ke area shower. 

Apabila Anda sudah memutuskan untuk menggunakan panel kaca frameless, maka ada baiknya memadukannya dengan pemasangan pintu geser. Pilih pintu geser warna netral agar sesuai dengan konsep desain minimalis. Keuntungan memakai pintu geser adalah lebih hemat ruang daripada pintu biasa. 

Itulah dia rekomendasi warna cat dinding kamar mandi minimalis yang dapat Anda coba. Selain memilih warna yang tepat, Anda juga harus memilih jenis cat tembok yang tepat. Inspirasi kamar mandi minimalis akan selalu on-trend dengan modelnya yang simpel dan mudah diaplikasikan.

Ingin merombak kamar mandi Anda dengan konsep minimalis? Temukan berbagai model keran, kloset, shower, wastafel, hingga bathtub kamar mandi di Klopmart. 

Baca Juga: Berapa harga toren air yang Berkualitas? Temukan Disini

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya