Inilah Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

Anda perlu mengetahui cara menghitung keramik dinding kamar mandi dengan tepat. Mengapa demikian? Perhitungan tersebut dapat berfungsi untuk mencari tahu seberapa banyak keramik dinding yang dibutuhkan dalam kamar mandi Anda. Jumlah keramik dinding yang dibutuhkan menjadi pas, tidak kelebihan maupun kekurangan.

Keramik memainkan peranan penting dalam menambah keindahan visual kamar mandi Anda. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa interior kamar mandi tidak perlu yang ribet atau diperhatikan secara detail. Padahal, kamar mandi menjadi salah satu ruang yang perlu memiliki tatanan desain yang bagus untuk meningkatkan kenyamanan ketika Anda menggunakannya.

Anda perlu memilih keramik dinding dengan bahan material yang tepat dan juga menentukan konsep interior yang menarik. Tentu saja, dari segi pemasangannya pun juga harus tepat dan rapi.

Oleh karena itu, Anda perlu menyimak pembahasan yang akan kami berikan di bawah ini mengenai cara menghitung keramik dinding kamar mandi. Namun sebelum mengetahui cara menghitungnya, Anda perlu mengenal berbagai ukuran keramik dinding kamar mandi terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

Mengenal Berbagai Ukuran Keramik Dinding Kamar Mandi

Ada berbagai macam ukuran keramik dinding kamar mandi yang dapat Anda gunakan. Ukuran-ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan luasnya kamar mandi yang akan Anda buat.

Ukuran standar keramik dinding kamar mandi adalah 20x25 cm atau 20x40 cm. Ukuran ini disesuaikan dengan ukuran standar keramik lantai kamar mandi yaitu 20x20 cm, 25x25 cm, hingga 40x40 cm.

Lalu, ada juga ukuran keramik dinding yang dapat diaplikasikan pada kamar mandi berukuran luas. Ukuran keramik dinding tersebut sebesar 25x40 cm.

Selain keramik dinding berukuran di atas 20x20 cm, ada juga keramik dinding kamar mandi yang berukuran 5x5 cm. Biasanya keramik dinding tersebut memiliki desain mosaik atau kotak-kotak kecil. Keramik dinding dengan desain mosaik dapat membuat kamar mandi tidak terlihat membosankan.

Baca juga: Ukuran Keramik Kamar Mandi dan Cara Menghitungnya dengan Tepat

Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui berbagai ukuran keramik dinding kamar mandi, maka selanjutnya barulah Anda dapat mempelajari cara menghitung berapa banyak keramik dinding yang dibutuhkan. Untuk perhitungannya, ada 3 proses yang perlu Anda lakukan yaitu menghitung luas dinding kamar mandi, mencari faktor keamanan 3%, kemudian mencari jumlah total keramik dinding yang dibutuhkan.

Supaya Anda dapat lebih memahami gambaran dari perhitungan tersebut, berikut ini studi kasus yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran:

1. Mencari Luas Dinding Kamar Mandi

Kamar mandi Anda memiliki lebar 1,5 m dan terdapat pintu dengan lebar 0,7 m. Pertama-tama, Anda perlu mencari keliling dari dinding kamar mandi dengan cara perhitungan seperti ini: 1,5 m + 1,5 m + 1,5 m + (1,5 m - 0,7 m) = 5,3 m.

Selanjutnya, kalikan keliling tersebut dengan tinggi kamar mandi Anda (di sini sebagai contoh kita akan mengambil 1,5 m). Maka luas dinding kamar mandi Anda adalah 5,3 m x 1,5 m = 7,95 m2.

2. Hitung Faktor Keamanan

Jika luas kamar mandi sudah didapatkan, maka Anda perlu menghitung faktor keamanan sebesar 3%. Apa itu faktor keamanan? Faktor keamanan merupakan perhitungan yang dilakukan dalam perancangan pembangunan untuk menjamin kelancaran dan keamanan ketika memasuki tahap eksekusi rencana.

Bila dihitung 3% dari 7,95 m2, maka faktor keamanan yang didapat sebesar 0,2385 m2. Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menjumlahkan faktor keamanan dan luas dinding kamar mandi: 7,95 m2 + 0,2385 m2 = 8,1885 m2.

3. Jumlahkan Total Keramik Dinding yang Dibutuhkan

Perlu Anda ketahui, biasanya toko akan menjual keramik dalam bentuk dus yang setiap dusnya berisi sekitar 25 buah keramik. Jika ditotal, biasanya 1 dus dapat menghasilkan 1 m2 keramik. Dari sini Anda dapat menyimpulkan banyaknya keramik dinding kamar mandi yang dibutuhkan melalui hasil perhitungan di atas adalah 8 dus hingga 9 dus keramik.

Mudah sekali cara untuk menghitung keramik dinding keramik kamar mandi yang Anda butuhkan, bukan?

Baca juga: 5 Jenis Model Keramik Dinding Kamar Tidur Terbaik nan Menawan

3 Ide Desain Keramik Dinding untuk Kamar Mandi Anda

Sebagai tambahan informasi, berikut ini ada 3 ide desain keramik dinding untuk kamar mandi yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda.

1. Desain Keramik Dinding Mosaik

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, ada keramik dinding yang memiliki desain mosaik. Anda dapat menggunakan keramik dinding mosaik untuk meningkatkan keindahan visual kamar mandi.

Pengaplikasian keramik dinding mosaik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun, ada 2 cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang yaitu memasang keramik dinding mosaik pada dinding bagian tengah ke bawah lalu dipadukan dengan keramik berukuran besar dan berwarna netral pada bagian tengah ke atas.

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan keramik dinding mosaik untuk membentuk pola-pola tertentu. Anda juga bisa menambahkan keramik dinding mosaik sebagai garis pembatas pada bagian tengah, bawah, atau atas dinding.

2. Desain Keramik Batu Bata

Beberapa perumahan elite menggunakan desain keramik batu bata untuk menciptakan nuansa kamar mandi yang elegan dan mewah. Contoh warna keramik batu bata yang sering digunakan seperti putih, hitam, atau bahkan warna-warna pastel.

3. Desain Keramik Papan Catur

Ide desain keramik dinding kamar mandi terakhir yang dapat Anda gunakan adalah desain keramik papan catur. Anda tidak harus menggunakan warna hitam dan putih, namun juga ada berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Jika warna keramik yang Anda butuhkan tidak tersedia, ada solusi alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan cat keramik kamar mandi Propan. Cat tersebut dapat digunakan secara khusus untuk mewarnai keramik dinding dan lantai kamar mandi Anda.

Klopmart menjual produk cat keramik kamar mandi Propan yang dapat Anda pesan langsung melalui website kami. Silakan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut dan gunakan panduan cara menghitung keramik dinding kamar mandi di atas untuk mengetahui berapa banyak cat yang Anda butuhkan.

Sumber artikel:

  • https://artikel.rumah123.com/berbagai-ukuran-keramik-kamar-mandi-dan-cara-menghitungnya-yang-tepat-108139
  • https://www.99.co/blog/indonesia/ukuran-keramik-kamar-mandi
  • https://artikel.rumah123.com/10-inspirasi-keramik-dinding-kamar-mandi-yang-mewah-pastinya-jadi-impian-kamu-106671

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Jun 2022

Related Article