Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

Seperti apakah cara menghitung anak tangga? Pertanyaan ini sangat penting untuk ditemukan jawabannya. Menghitung berapa banyak anak tangga yang akan diperlukan pada sebuah bangunan selain untuk memperhitungkan budget, sangat penting juga untuk faktor keselamatan sehingga bagi Anda yang sedang ingin membangun bangunan dengan 2 lantai ataupun menambah lantai yang baru pada bangunan yang sudah ada akan membutuhkan informasi berikut ini. Mari kita cari tahu bagaimana caranya menghitung jumlah anak tangga yang dibutuhkan pada rumah atau bangunan Anda.

 

Tujuan Utama Penggunaan Tangga

Tujuan utama dari tangga adalah untuk menyediakan sarana sederhana dan mudah untuk bisa berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya. Pada zaman kuno, rumah dan tempat berteduh hanya terdiri dari satu lantai saja, tetapi dengan berkembangnya ilmu dan peralatan, maka menambah jumlah ruang secara vertikal menjadi sebuah terobosan baru. 

Tangga memungkinkan pengguna dengan cepat dan efektif mengakses tingkat selanjutnya. Saat ini, tangga dapat dibuat lebih mudah untuk diakses oleh orang-orang dengan semua tingkat kemampuan fisik terbatas melalui pemasangan lift tangga dan tanjakan landai.

Tangga saat ini juga memiliki aplikasi praktis lain yang sangat membantu. Pada bangunan modern, struktur tangga dapat berfungsi sebagai partisi untuk memecah area terbuka yang luas atau bahkan sebagai pilihan untuk tempat penyimpanan kreatif. Lemari dapat dipasang di bawahnya atau dapat disesuaikan menjadi rak bawah tangga untuk memajang buku, menyimpan sepatu serta benda lainnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat tangga melalui perencanaan yang matang. Tangga yang dibuat dengan baik dapat bertahan selama beberapa generasi tanpa diganti, dan tergantung pada desain aslinya, dapat diperbarui, dicat, atau direnovasi untuk mengikuti mode saat ini.

Baca juga: Cara Buat Tangga dari Baja Ringan dengan Benar dan Mudah

 

´╗┐Cara Menghitung Anak Tangga 

Salah satu hal penting ketika membangun tangga adalah mengetahui berapa jumlah anak tangga yang akan diperlukan untuk bisa mengakses lantai yang berada di atas. Ada beberapa langkah yang harus dilalui demi bisa mendapatkan jumlah yang pas. Berikut ini adalah cara menghitung anak tangga yang bisa Anda gunakan agar mendapatkan perhitungan yang pas.

 

Menghitung Detail Tangga yang Nyaman

Sebelum mengetahui cara menghitung anak tangga, Anda juga perlu mengetahui seperti apa ukuran tangga yang ideal agar nyaman digunakan sebagai pijakan.

Berikut ini rumus yang sering digunakan agar sebuah struktur bangunan tangga nyaman dibuat melangkah:

2t + l = (60 – 65 cm) Ukuran Anak Tangga yang Ideal

t = tinggi ukuran anak tangga

l = lebar pijakan anak tangga

Faktor yang paling berpengaruh ketika pengguna menaiki atau menuruni tangga adalah tinggi dan lebar anak tangga. Umumnya tinggi dan lebar anak tangga yang diambil agar bisa merasakan langkah yang paling nyaman adalah:

Lebar anak tangga  = 26-30 cm, agar tapak kaki dapat berpijak penuh.

Tinggi anak tangga = 16-20 cm, agar mudah untuk dinaiki.

Hasil dari rumus tersebut harus bisa berada antara angka 60 – 65 cm yang merupakan ukuran anak tangga ideal.

 

Sebagai contoh:

Diketahui tinggi anak tangga 20 cm (t) dan lebar anak tangga 30 cm (l). Gunakan rumus 2t + l = (2×20) + 30 = 70 cm. Ukuran anak tangga > 60-65 cm berarti terlalu curam, tidak nyaman untuk digunakan.

Diketahui tinggi anak tangga 15 cm (t) dan lebar anak tangga = 30 cm (l). Gunakan rumus 2t + l = (2×15) + 30 = 60 cm. Ukuran anak tangga berada di ukuran ideal, yaitu 60-65 cm sehingga nyaman untuk digunakan.

Baca Juga: 3 Jenis Konstruksi Tangga Melayang dan Keuntungannya

 

Rumus Menghitung Jumlah Anak Tangga yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui bagaimana ukuran ideal dari anak tangga, kini barulah kita mempelajari cara menghitung anak tangga untuk mengetahui berapa jumlah anak tangga yang kita butuhkan. Rumus yang digunakan untuk menghitung anak tangga adalah:

(h/t)-1, dengan h adalah tinggi struktur bangunan tangga dan t tinggi anak tangga

Contohnya adalah jika tinggi bangunan tangga yang direncanakan adalah 350 cm dan tinggi dari anak tangga adalah 15 cm, maka jumlah anak tangga yang akan dibutuhkan adalah:

(350/15) – 1 = 23,3– 1 = 22,3

Jadi, anak tangga yang dibutuhkan jika dibulatkan adalah 22 buah.

Contoh lain, jika tinggi bangunan tangga yang direncanakan adalah 450 cm dan tinggi dari anak tangga adalah 17 cm, maka jumlah anak tangga yang akan dibutuhkan adalah:

(450/17) – 1 = 26,47– 1 = 25,47

Jadi, anak tangga yang dibutuhkan jika dibulatkan adalah 25 buah.

 

Itulah cara menghitung anak tangga yang dibutuhkan, mudah bukan? semoga bisa membantu Anda. Untuk memudahkan pembangunan bangunan bertingkat, maka Klopmart menjual scaffolding yang bisa membantu proses ini. Temukan informasinya di website kami. Pastikan Anda paham cara menghitung anak tangga yang dibutuhkan tersebut.

Baca juga: 4 Cara Pasang Keramik Tangga di Rumah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
30 Nov 2021

Related Article