7 Cara Buat Tangga dari Baja Ringan

Tahukah Anda, ternyata cara buat tangga dari baja ringan sangatlah mudah? Tangga dari baja ringan ini tentu akan sangat bermanfaat apabila Anda ingin mengerjakan proyek pembangunan atap rumah, kanopi, atau plafon.

 

Tangga dari baja ringan biasanya berbentuk seperti tangga monyet dan mayoritas penduduk Indonesia menyimpan tangga tersebut untuk kebutuhan rumah tangga seperti mengganti lampu, membersihkan bagian atas rumah yang sulit tercapai, dan banyak lagi. Tentu saja, dari segi pembuatannya pun sangatlah mudah dan Anda bahkan dapat melakukannya sendiri.

 

Untuk itu, melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai bagaimana cara membuat tangga dari baja ringan. Kami juga memiliki informasi tambahan seputar kelebihan tangga dari baja ringan dan bagaimana cara pemilihan bahan material yang tepat serta berkualitas.

Bagaimana Cara Buat Tangga Dari Baja Ringan?

Cara membuat tangga dari baja ringan hanya memerlukan 7 langkah saja. Berikut ini tahapan pembuatan tangga dari baja ringan yang dapat Anda ikuti, yaitu:

  1. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan baja ringan sepanjang 6 meter 2 buah. Kemudian potong 1 buah baja ringan sepanjang 40 cm sebanyak 5 buah sebagai pijakan anak tangga.
  2. Baja ringan lainnya dipotong menjadi 2 bagian. Anda cukup membaginya menjadi 2 atau memotongnya sepanjang 3 meter kemudian tandai baja ringan dengan spidol setiap 50 cm untuk anak tangga.
  3. Buat sobekan pada setiap titik yang sudah ditandai. Sesuaikan dengan lebar baja ringan yang tersedia.
  4. Masukkan anak tangga pada setiap lubang yang sudah tersedia.
  5. Pasang sekrup pada setiap sudut anak tangga dengan tiangnya. Pastikan seluruh anak tangga terkunci dengan baik.
  6. Pada bagian kaki tangga, tambahkan potongan kayu untuk menjaga kestabilan tangga.
  7. Sisa besi baja yang Anda miliki dapat dijadikan sebagai penguat tambahan pada siku anak tangga.

Apa Kelebihan Tangga dari Baja Ringan?

Tangga dari baja ringan memiliki berbagai kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah dari segi bobotnya yang cenderung lebih ringan sehingga mudah dibawa kemanapun Anda pergi.

 

Selain ringan, tangga dari baja ringan juga memudahkan mobilitas Anda dari segi fleksibilitasnya. Anda dapat membuat tangga lipat dengan menambahkan tuas di bagian tengah tangga agar dapat dilipat.

 

Kelebihan terakhir dari tangga baja ringan adalah bahan materialnya tidak mudah berkarat. Tangga dari baja ringan cenderung memiliki durabilitas yang lebih tinggi sehingga Anda dapat menggunakannya dalam waktu yang lama.

 

Baca Juga: Berapa Tahun Kekuatan Baja Ringan Sepanjang Pemakaian?

Bagaimana Cara Memilih Baja yang Berkualitas?

Dalam memilih baja ringan berkualitas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan:

  • Pilih baja yang sudah memiliki lisensi SNI. Baja dengan lisensi SNI sudah mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.
  • Meskipun tergolong ringan, tapi Anda juga perlu memastikan bahwa baja tersebut memiliki ketebalan sesuai standar.
  • Belilah baja ringan dari produk yang menawarkan garansi. Dengan demikian, Anda dapat mengganti baja ringan yang rusak dengan yang baru.
  • Baja ringan memiliki lapisan yang tipis, namun dilapisi dengan bahan penguat. Pilihlah baja ringan dengan sistem penguat yang tidak menyulitkan Anda dalam membentuk baja ringan tersebut.

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan baja ringan berkualitas, silakan cek Baja Ringan APlus dari Klopmart dan jangan lupa untuk menerapkan 7 cara buat tangga dari baja ringan di atas.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Des 2021

Related Article