6 Cara Memperbaiki Lantai yang Retak dengan Mudah!

Dalam desain rumah minimalis modern saat ini, lantai beton menjadi alternatif jenis lantai yang dapat memberikan sentuhan estetika dan fungsionalitas yang unik. Namun, seperti halnya bahan bangunan lainnya, lantai beton juga dapat mengalami masalah seiring berjalannya waktu. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi adalah retakan pada permukaannya. Lalu, bagaimana cara memperbaiki lantai yang retak tersebut?

Lantai retak bukan hanya masalah visual, tetapi juga bisa menunjukkan adanya masalah struktural yang lebih dalam. Tidak dapat dimungkiri, masalah lantai retak dapat mengganggu keindahan desain rumah Anda. Kalau begitu, yuk simak penyebab mengapa lantai rumah Anda bisa retak serta cara memperbaikinya pada pembahasan di bawah ini. 

Apa Penyebab Lantai Retak?

Sebelum membahas cara memperbaiki lantai yang retak, penting untuk memahami penyebab umum dari masalah ini. Lantai yang retak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan suhu, kelembapan, serta penempatan material yang tidak tepat. 

Pada daerah dengan perubahan suhu yang ekstrem, lantai bisa mengalami kontraksi dan ekspansi yang berulang kali, yang pada akhirnya dapat menyebabkan retakan. Selain itu, masalah drainase yang buruk atau retakan pada struktur bangunan di bawah lantai juga dapat memengaruhi kondisi lantai. 

Jika tidak segera ditangani, retakan kecil dapat memperburuk masalah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memperbaiki lantai yang retak dengan benar.

Baca juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

Cara Memperbaiki Lantai yang Retak


Sumber: Monomer Group

Lantai yang mengalami keretakan bisa menjadi permasalahan yang mengganggu estetika dan keamanan rumah Anda. Retakan pada lantai tidak hanya merusak tampilan visual ruangan, tetapi juga bisa menandakan masalah yang lebih serius di bawah permukaan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk memperbaiki lantai yang retak agar rumah tetap nyaman dan terjaga kekokohannya. Yuk langsung simak saja cara memperbaikinya berikut ini. 

1. Mengetahui Jenis Kerusakan Lantai

Ada baiknya, sebelum memperbaiki lantai yang rusak, Anda mengenali jenis-jenis kerusakan lantai beton, diantaranya:

  1. Pengeroposan: Kerusakan ini terjadi karena benda tajam atau tegangan yang menghambat beton.

  2. Keretakan: Retakan pada beton dapat terjadi karena kesalahan dalam pengaturan beton atau komposisi yang tidak tepat. Keretakan dapat terbagi menjadi keretakan struktural (terjadi secara terus-menerus atau menjalar) dan keretakan nonstruktural (kerusakan yang tidak menjalar).

  3. Beton Melengkung: Kerusakan ini terjadi karena beton tidak rata atau melengkung.

  4. Beton Mengelupas atau Honeycomb: Kerusakan ini terjadi karena pengelupasan selimut beton atau honeycomb, yang bisa disebabkan oleh melekatnya material asing, erosi oleh air, atau abrasi oleh benda padat.

2. Persiapan Awal

Setelah memahami jenis kerusakan lantai yang diterjadi, pastikan Anda membersihkan area lantai yang retak dengan baik. Bersihkan debu, kotoran, dan sisa-sisa material lain yang mungkin masuk ke dalam retakan.

Ini penting untuk memastikan bahan perbaikan dapat melekat dengan baik pada permukaan lantai. Menghilangkan semua elemen yang tidak diperlukan ini sangat penting, karena hal ini akan menciptakan permukaan yang bersih dan optimal untuk penerapan bahan perbaikan. 

3. Menggunakan Mortar Khusus

Salah satu cara efektif untuk memperbaiki lantai yang retak adalah dengan menggunakan mortar khusus yang dirancang untuk perbaikan beton.

Campurkan mortar sesuai petunjuk pada kemasan hingga mendapatkan konsistensi yang tepat. Kemudian, aplikasikan mortar ke dalam retakan menggunakan spatula atau alat serupa. Pastikan mortar merata dan mengisi retakan dengan baik.

Baca juga: 4 Jenis Mortar dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

4. Penguatan dengan Serat

Jika retakan pada lantai Anda cukup besar, pertimbangkan untuk menggunakan serat khusus yang dirancang untuk memperkuat beton. Campurkan serat ke dalam adukan mortar sebelum mengaplikasikannya ke dalam retakan. Serat ini akan membantu mencegah retakan lebih lanjut dan memberikan kekuatan tambahan pada area yang diperbaiki.

5. Penyempurnaan Permukaan

Setelah mortar mengering, haluskan permukaan lantai dengan hati-hati menggunakan amplas halus. Ini akan memberikan hasil akhir yang rata dan lebih estetis. Pastikan Anda menggunakan masker dan kacamata pelindung saat melakukan tahap ini untuk menghindari menghirup debu halus.

6. Pelindung Permukaan

Setelah perbaikan selesai, berikan lapisan pelindung pada permukaan lantai. Anda dapat memilih segel atau pelapis khusus yang dirancang untuk melindungi lantai dari kelembapan, noda, dan aus. Ini akan membantu memperpanjang umur lantai Anda dan menjaga tampilannya tetap menarik.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Tembok Lembab, Mengelupas dan Berjamur

Bagaimana Cara Merawat Lantai Beton yang Benar?

Ketika berbicara tentang merawat lantai beton, Anda sebenarnya membicarakan investasi jangka panjang terhadap keindahan dan kualitas lantai di rumah Anda. Tidak hanya penting untuk memperbaiki lantai yang retak, tetapi menjaga lantai beton Anda tetap awet dan tahan lama juga merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan. Di bawah ini terdapat beberapa tips penting yang dapat Anda terapkan guna memastikan lantai beton Anda tetap dalam kondisi prima.

1. Rutin Dibersihkan

Membersihkan lantai secara rutin adalah langkah pertama dalam merawat lantai beton di rumah Anda. Debu, pasir, dan kotoran sehari-hari yang terbawa masuk ke dalam rumah bisa menjadi faktor goresan yang merusak permukaan lantai beton Anda. Gunakan sapu atau penyedot debu dengan sikat lembut untuk membersihkan permukaan lantai. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya goresan dan mempertahankan tampilan estetika lantai.

2. Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Saat membersihkan lantai, hindari menggunakan bahan pembersih yang keras atau mengandung bahan kimia agresif. Bahan-bahan semacam ini dapat merusak lapisan pelindung lantai dan menyebabkan kerusakan permanen pada permukaan beton. Sebaliknya, pilih pembersih yang lembut dan ramah lingkungan.

Baca juga: Apa Itu Atap Go Green? Kenali 9 Kelebihannya

3. Gunakan Karpet atau Permadani

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan karpet atau permadani di area yang sering dilalui atau digunakan. Langkah ini sangat efektif dalam mengurangi gesekan langsung pada permukaan lantai, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko goresan atau aus seiring waktu. Pilih karpet dengan tampilan visual yang bagus agar sesuai dengan konsep rumah minimalis Anda. 

4. Perawatan Teratur

Seperti halnya perawatan tubuh manusia, lantai beton di rumah Anda juga memerlukan perawatan teratur. Perawatan ini bukan hanya akan mempertahankan tampilan visual, tetapi juga akan melindungi lantai dari kerusakan yang mungkin timbul dari faktor-faktor eksternal seperti sinar matahari yang berlebihan, kelembapan yang tinggi, serta risiko noda yang dapat mengganggu estetika lantai.

Salah satu langkah perawatan yang efektif adalah memberikan lapisan pelindung pada lantai beton secara berkala. Lapisan pelindung ini bisa berupa segel atau pelapis khusus yang dirancang untuk melindungi lantai.

5. Cegah Air Menggenang

Air yang menggenang pada lantai beton dapat menyebabkan masalah serius seiring berjalannya waktu. Pastikan lantai beton Anda memiliki sistem drainase yang baik untuk menghindari genangan air. Genangan air tidak hanya dapat merusak permukaan lantai, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas lantai secara keseluruhan.

Baca juga: 9 Penyebab Tembok Retak dan Cara Mengatasinya

Bagaimana, cara memperbaiki lantai yang retak ini cukup mudah bukan? Bila Anda mengikuti langkah-langkah perbaikan dan perawatan yang tepat, maka Anda dapat dengan mudah memperbaiki lantai yang retak dan menjaga kualitas lantai beton rumah Anda. Alhasil, rumah Anda akan tetap nyaman dan estetis tanpa khawatir tentang masalah lantai retak lagi.

Saat Anda memperbaiki lantai beton yang rusak, pastikan Anda menggunakan campuran penguat beton agar lantai tidak mudah retak. Penguat beton ini memiliki berbagai kelebihan, seperti meningkatkan mutu beton, mempercepat pengerasan, dan mempermudah pengecoran.

Klopmart jual beton mix penguat beton dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki retakan tersebut. Jadi, tidak hanya perawatan yang penting Anda perhatikan, tetapi juga bahan-bahan yang digunakan harus berkualitas tinggi.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan layanan berkualitas untuk bahan penguat beton tersebut. Klopmart juga menyediakan bahan bangunan lainnya yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber rujukan:

  • https://www.klopmart.com/article/detail/cara-memperbaiki-lantai-yang-retak
  • https://artikel.rumah123.com/6-cara-memperbaiki-lantai-beton-yang-retak-serta-cara-merawatnya-agar-awet-125490
  • https://www.bursabajaringan.com/cara-memperbaiki-lantai-beton-retak/ 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya