5 Cara Memotong Kawat dengan Mudah Menggunakan Tang

Ada beragam cara memotong kawat yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara di antaranya seperti memotong kawat dengan menggunakan tangan kosong hingga menggunakan tang potong. Tetapi dari kedua opsi tersebut, memotong kawat menggunakan tang adalah opsi yang sangat direkomendasikan karena prosesnya dinilai lebih mudah dan aman. 

Dari sekian banyak jenis tang yang bisa Anda temui. Tang potong bisa menjadi pilihan Anda untuk mempermudah pemotongan kawat.

Tang potong sendiri memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan jenis tang pada umumnya. Hal yang membedakan adalah ujung dari tang potong yang berukuran lebih kecil dan tajam mirip seperti gunting. Tang potong dapat digunakan untuk memotong benda logam yang berukuran kecil, maka dari itu sangat cocok untuk tipe benda seperti kabel atau kawat.

Jika Anda merasa kebingungan mengenai bagaimana cara pemotongan logam seperti kabel dan kawat. Anda membaca artikel yang tepat! Kali ini Klopmart akan membahas bagaimana cara memotong kawat dengan menggunakan tang potong. Simak artikel berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Cara Memotong Kawat Bendrat Menggunakan Tang dengan Mudah

Ketika harus memotong kawat, seperti kawat bendrat. Pastikan Anda tidak asal dalam melakukannya. Meskipun terlihat sederhana, prosesnya dapat berisiko karena kawat sendiri berbahan dasar logam. Berikut merupakan langkah-langkah dalam memotong kawat yang wajib Anda perhatikan!

1. Memilih Jenis Tang yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel, tang memiliki banyak jenis. Namun, jika disesuaikan berdasarkan fungsinya, tang potong adalah alat yang tepat untuk Anda gunakan jika ingin memotong kawat. 

Hal ini karena tang potong didesain untuk memotong benda logam sejenis kabel dan kawat yang tidak bisa sembarang alat dapat memotongnya. Kesalahan pemilihan tang dapat menyebabkan Anda kesulitan saat melakukan proses pemotongan dan hasil pemotongan menjadi kurang rapi.

Baca juga: 7 Perbedaan Baut dan Sekrup, Sudah Tahu Belum?

2. Menggunakan Alat Pelindung Diri 

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko yang dapat membahayakan diri. Oleh karena itu, penggunaan alat pelindung diri sangatlah penting saat Anda melakukan pekerjaan. Kacamata pelindung dan sarung tangan adalah dua alat pelindung diri yang harus Anda gunakan jika ingin memotong kawat.

Kacamata pelindung memiliki fungsi untuk melindungi mata Anda dari tusukan serpihan kawat ketika proses pemotongan kawat sedang berlangsung. Sedangkan sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan Anda dari potongan atau serpihan kawat tajam yang dapat menusuk tangan.

3. Memilih Tempat Memotong yang Tidak Minim Cahaya

Pemilihan lokasi untuk memotong kawat juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting. Pastikan Anda memilih lokasi dengan cahaya yang cukup dalam proses pemotongan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kecelakaan kerja yang dapat terjadi.

Pastikan Anda juga memilih tempat yang luas untuk melakukan proses pemotongan kawat. Selain memberikan rasa nyaman dalam proses pemotongan, tempat yang luas juga berfungsi agar Anda dapat memisahkan kawat yang belum dipotong dengan kawat yang sudah dipotong. 

4. Mengukur Panjang Kawat

Sebelum melakukan proses pemotongan, Anda diharuskan menentukan dan mengukur panjang kawat yang diperlukan. Ketika menentukan panjang kawat, Anda dapat menggunakan roll meter untuk mengukur seberapa panjang kawat sesuai dengan yang diinginkan. Selanjutnya, Anda dapat memberi tanda pada kawat dengan panjang yang telah ditentukan menggunakan spidol. Langkah ini bertujuan supaya memudahkan Anda dalam menentukan titik potong pada kawat. 

Baca juga: 5 Macam-Macam Baut dan Kegunaannya, Sudah Tahu?

5. Memotong Kawat Sesuai dengan Ukuran

Usai memberi tanda pada kawat, Anda dapat langsung melakukan proses pemotongan pada kawat. Masukan bagian kawat yang sudah ditandai dengan spidol ke dalam ujung tang potong, setelah itu beri tekanan pada tang hingga kawat terpotong. Lakukan proses ini dengan cepat dan tepat agar hasil yang didapatkan menjadi lebih rapi.

Setelah mengetahui bagaimana cara memotong kawat dengan benar, apakah Anda sudah menentukan tang potong yang akan digunakan? Apa mungkin, Anda belum memiliki tang potong untuk memotong kawat? 

Jika belum keduanya, jangan khawatir! Anda bisa menemukan berbagai macam produk tang potong di Klopmart! Kami jual tang potong yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu mengakses website Klopmart dari perangkat pintar dan dapatkan tang potongnya. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi kami di sini dan coba gunakan kelima cara memotong kawat dengan mudah menggunakan tang dari informasi di atas!

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Nov 2022

Related Article