Tips & Trik

Cara Membuat Biopori Sederhana untuk Resapan Air di Rumah

Media
08 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang pengertian biopori dan sumur resapan.

Dalam artikel tersebut, kita membahas tentang pentingnya kita mulai membuat biopori & sumur resapan khususnya bagi kita yang tinggal di daerah perkotaan.

Dengan biopori, kita memperbaiki kualitas tanah dan air tanah. Sedangkan sumur resapan memperbaiki kuantitas air tanah sebagai cadangan di waktu kemarau.

Promosi Klopmart

Cara Membuat Biopori

Ada beberapa langkah yang dapat Anda tempuh untuk membuat biopori dengan mudah. Berikut penjelasannya.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat biopori, ada beberapa peralatan yang kita perlu siapkan, antara lain:

  1. Bor Tanah manual.
  2. Pipa PVC berdiameter 10 – 15 cm dan panjang 100 – 120 cm. Beri lubang-lubang di sepanjang permukaan dinding pipa. Lubang-lubang ini akan memberikan jalan bagi organisme di dalam tanah yang akan membantu mengurai sampah organik.
  3. Tutup pipa PVC. Jangan lupa memberi lubang-lubang pada permukaan atasnya.
  4. Sedikit adukan semen
  5. Air secukupnya, untuk adukan semen dan untuk membasahi area yang akan dilubangi.
  6. Sampah organik (daun-daun kering atau rumput kering)

 2. Proses Pembuatan

Sekarang mari kita bahas cara membuat Biopori:

  1. Tentukan lokasi untuk Biopori. Perlu dicatat bahwa Biopori ini dibuat sebanyak 10 lubang untuk setiap 50 meter persegi luas lahan, dengan jarak antar lubang sekitar 50 hingga 100 cm.
  2. Sebelum digali, sirami lokasi tersebut dengan air supaya lebih empuk saat dilubangi dengan bor tanah.
  3. Lubangi tanah dengan diameter 10 hingga 15 cm dengan kedalaman sekitar 100 hingga 120 cm, tetapi tidak sampai melampaui kedalaman permukaan air tanah. Gunakan linggis, jika terdapat batuan keras.
  4. Masukan pipa PVC yang sudah dilubangi permukaan dinding pipanya. Pipa ini akan melapisi lubang yang kita buat agar mencegah guguran tanah yang akan menutup lubang. Sisakan ujung pipa sepanjang sekitar 5 cm di atas permukaan tanah supaya dapat dipasangi tutup.
  5. Mulut lubang diberi adukan semen untuk mencegah guguran tanah yang akan menutup lubang dan mengikat pipa PVC pada tempatnya.
  6. Masukan sampah organik. Biarkan selama sekitar 3 bulan. Setelah itu sampah organik tersebut sudah berubah menjadi kompos. Keluarkan kompos tesebut dan gunakan sebagai pupuk tanaman. Masukan sampah organik lain ke dalam lubang biopori.
  7. Pasang tutup pipa PVC pada ujung pipa PVC yang tersisa di atas permukaan tanah.

Selesai biopori kita! Jangan lupa mencatat tanggal kita memasukan sampah organik dan tanggal kita menggantinya dengan sampah organik baru.

Untuk membuat biopori tentunya dibutuhkan peralatan dan bahan berkualitas agar jangka penggunaannya bisa bertahan lama. Oleh karena itu, apabila Anda membutuhkan berbagai bahan yang telah disebutkan di atas seperti semen, pasir hingga pipa PVC, Anda dapat memesannya di Klopmart.

Material Bahan Bangunan

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai material bahan bangunan berkualitas dengan harga bersaing. Jadi tunggu apalagi, kunjungi Klopmart sekarang juga!

Demikianlah penjelasan terkait cara membuat biopori, semoga bermanfaat.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya