Tips & Trik

7 Cara Membuat Aquascape Sederhana Di Rumah

Media
07 Mar 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara membuat aquascape menjadi salah satu topik yang diminati di kalangan penggemar lingkungan air. Berbeda dengan akuarium biasa, aquascape memerlukan keahlian khusus dan ekosistem yang lebih hidup. Aquascape identik dengan tampilan tanaman dalam akuarium yang dilengkapi dengan berbagai ornamen dan tambahan ikan. Kompleksitas ini yang menyebabkan cara membuat aquascape sedikit lebih rumit.


Tren membuat aquascape sendiri memang bukanlah suatu hal yang baru, tapi selalu memiliki nilai menarik. Tampilan aquascape dapat menambah estetika ruangan sekaligus menyalurkan kreatifitas pemiliknya. Apabila bosan merawat tanaman biasa, aquascape dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda membuat nuansa baru.

Apa Itu Aquascape?


Apa yang dimaksud aquascape sendiri adalah seni mengatur tanaman, air, bebatuan, karang dan juga ikan dalam media kaca. Aquascape biasanya dibuat menggunakan akuarium dengan ukuran sesuai ekosistem yang dihidupkan. Istilah aquascape sendiri juga sering diartikan sebagai ilmu penataan akuarium. 

Perbedaan Aquascape dengan Aquarium


Meski tampilannya terlihat hampir sama dengan akuarium biasa, tetapi aquascape memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Mulai dari makhluk hidup yang dipelihara, kebutuhan komponen, tingkat kesulitan dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan 7 perbedaan aquascape dengan akuarium yang perlu Anda ketahui.

1. Ekosistem dalam Aquascape Lebih Hidup

Aquascape memiliki ekosistem yang lebih hidup, lebih menghadirkan alam. Hal ini tentunya dikarenakan adanya lebih banyak makhluk hidup dalam akuarium. Perbedaan ini terlihat dari adanya tanaman, air dan tanaman dalam satu wadah.

2. Aquascape Memiliki Tingkat Kesulitan

Sesuai definisinya, aquascape merupakan seni penataan aquarium. Hal ini yang membuat aquascape memiliki tingkat kesulitan dalam pembuatan dan perawatannya. Tingkat pemula biasanya menanam tanaman yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan ekstra. Kemudian ada tingkat lanjut yang memerlukan beberapa komponen pendukung serta tingkat mahir dengan tanaman yang perlu perawatan ekstra.

3. Kebutuhan Cahaya

Perbedaan yang ketiga adalah kebutuhan cahaya dalam aquascape. Jika biasanya pencahayaan hanya digunakan untuk estetika, aquascape juga membutuhkannya guna membantu fotosintesis tanaman.

4. Media Tanam

Selanjutnya adalah diperlukannya media tanam dalam aquascape. Untuk mengoptimalkan kehidupan tanaman dalam aquascape, maka diperlukan media tanam yang sesuai.

5. Filter

Perbedaan antara aquascape dan akuarium biasa yang terakhir adalah penggunaan filter. Aquascape tidak bisa menggunakan filter biasa, tetapi khusus guna memenuhi kebutuhan makhluk hidup didalamnya. Beberapa jenis filter yang digunakan dalam aquascape adalah undergravel filter (UGF), canister filter dan filter biologis.


Baca juga: 7 Cara Membersihkan Akuarium dengan mudah Agar Ikan Sehat


Bahan Membuat Aquascape


Jika ingin membuat aquascape, pastinya Anda memerlukan beberapa bahan khusus. Berikut ini merupakan bahan membuat aquascape yang perlu Anda persiapkan.

1. Akuarium

Hal yang pertama perlu Anda persiapkan tentunya adalah akuarium. Pilih ukuran akuarium sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika Anda baru memulai eksplorasi pembuatan aquascape, gunakan akuarium dengan ukuran sedang.

2. Filter

Bahan yang kedua adalah filter untuk sirkulasi air dan udara dalam akuarium. Aquascape perlu menggunakan filter khusus seperti undergravel filter (UGF), canister filter dan juga filter biologis.

3. Lampu

Kemudian, persiapkan lampu dengan pencahayaan yang hangat. Lampu ini tidak hanya berfungsi untuk estetika atau penerangan saja, tetapi juga sumber cahaya bagi tanaman yang berfotosintesis.

4. Pupuk

Untuk mendukung tanaman lebih hidup dan tumbuh subur, gunakan pupuk. Pilih jenis pupuk yang sesuai untuk tanaman air.

5. Tanaman

Selanjutnya, Anda memerlukan tanaman. Makhluk hidup yang satu ini merupakan jantung dari aquascape sehingga sangat penting untuk ada. Pilih tanaman yang memang mampu hidup dalam air dan menambahkan kesan estetika.

6. Ikan

Selain tanaman, aquascape biasanya dilengkapi dengan ikan. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, ikan dalam aquascape dapat membuat ekosistem alam menjadi lebih hidup.

7. Injeksi CO2

Apabila akuarium biasa tidak memerlukan injeksi CO2, aquascape berbeda. Dalam seni akuarium ini, injeksi CO2 berfungsi untuk kehidupan bagi tanaman yang ada di dalamnya.

8. Pasir

Bahan selanjutnya adalah pasir yang akan digunakan sebagai dasar akuarium. Dapat dikatakan pasir ini menggantikan fungsi tanah bagi tanaman.

9. Media Tanam

Tentunya kehadiran tanaman dalam aquascape membutuhkan bantuan media tanam. Pilihlah jenis media tanam yang sesuai dan mampu mendukung kehidupan tanaman.

10. Komponen Pendukung Lainnya

Bahan-bahan yang terakhir merupakan komponen pendukung seperti bebatuan, karang dan aksesoris lainnya. Ini akan sangat berguna untuk menambah estetika aquascape.


7 Cara Membuat Aquascape Sederhana di Rumah


Setelah bahan-bahan dipersiapkan, lalu bagaimana cara membuat aquascape? Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pastikan Anda dalam kondisi tenang dan memiliki waktu senggang. Tentunya hal ini berkaitan dengan pembuatan aquascape yang perlu ekstra hati-hati, telaten dan kreatif.

1. Atur Bagian Dasar Akuarium

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur bagian dasar akuarium. Penuhi pasir setebal 2-3cm, pastikan untuk lebih tinggi di bagian tepi. Buat lekukan di bagian tengah yang nantinya berguna untuk meletakkan pupuk.

2. Tuang Pupuk

Setelah menata pasir, Anda dapat langsung menambahkan pupuk ke dalam lekukan yang telah dibuat tadi. Tutupi pupuk dengan sisa pasir yang ada agar tidak terlihat dari luar.

3. Atur Batu dan Aksesoris Lainnya

Langkah selanjutnya adalah mengatur batu dan aksesoris lainnya. Gunakan kreativitas Anda agar aquascape terlihat lebih dekoratif dan menarik.

4. Mulai Atur Tanaman

Jika sudah, tanam tanaman yang sudah dipersiapkan. Gunakan media tanam untuk membantu melakukan langkah ini sekaligus memastikan tanaman tertanam sempurna. Saat menata tanaman, pastikan akuarium dalam kondisi telah terisi air setinggi seperempat bagian.

5. Isi Air Bersih

Selanjutnya, mulailah untuk mengisi air bersih secara penuh. Namun, tetap sisakan sedikit ruang untuk udara. Lebih baik untuk menggunakan alat bantu agar bisa memasukkan air secara bertahap, tanpa merusak penataan yang sudah ada.

6. Biarkan Selama Dua Minggu

Jangan langsung memasukkan air ketika aquascape sudah jadi. Biarkan setidaknya selama dua minggu agar amonia dalam air hilang.

7. Masukkan Ikan

Langkah yang terakhir dalam pembuatan aquascape adalah memasukkan ikan ke dalam aquarium. Kondisi aquascape yang sudah memungkinkan kehidupan bagi hewan yaitu tanpa amonia, tepat untuk ditambahkan ikan.


Itulah tadi beberapa cara membuat aquascape sederhana di rumah yang dapat Anda coba. Jangan terlalu memaksakan untuk langsung menanam tanaman dan memasukkan ikan dalam jumlah banyak. Aquascape memerlukan pembelajaran secara bertahap agar hasilnya lebih maksimal.


Ingin aliran dalam pompa air tetap terjaga kualitasnya? Anda bisa menggunakan sherlock tusen klep untuk membantu perancangan aquascape di rumah. Butuh peralatan lainnya? Yuk kunjungi Klopmart sekarang juga.


Sumber rujukan:

  • https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/22/114114120/sering-dikira-sama-ini-12-perbedaan-aquascape-dan-akuarium-biasa?page=all
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/panduan-membuat-aquascape-dan-memilih-tanamannya-19499
  • https://www.gramedia.com/best-seller/aquascape/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya