Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Media
27 Feb 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Membersihkan tandon air merupakan langkah penting dalam menjaga kualitas air yang kita gunakan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara membersihkan tandon air? Tandon air yang bersih tidak hanya memastikan pasokan air yang sehat untuk kebutuhan kita, tetapi juga dapat mencegah timbulnya berbagai masalah kesehatan. Proses pembersihan tandon air sebenarnya tidaklah sulit, namun seringkali diabaikan.



Dalam artikel ini, akan dibahas secara rinci dan mudah dipahami mengenai cara-cara efektif membersihkan tandon air. Mulai dari persiapan peralatan, langkah-langkah yang perlu diikuti, hingga tips untuk menjaga kebersihan tandon agar tetap terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama. Mari kita bersama-sama memahami betapa pentingnya peran tandon air yang bersih dalam mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan.

Apa itu Tandon Air?

Tandon air adalah suatu wadah berkapasitas besar yang dirancang khusus untuk menyimpan air. Fungsinya utama adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan air untuk kebutuhan rumah tangga atau bangunan komersial. Tandon air biasanya terbuat dari bahan tahan karat seperti beton atau plastik yang aman untuk menyimpan air bersih. Terdapat dua jenis tandon air yang umum digunakan, yaitu tandon air bawah tanah dan tandon air atap.

Tandon air bawah tanah ditempatkan di bawah permukaan tanah dan biasanya terbuat dari beton. Desain ini memberikan keuntungan dalam melindungi air dari suhu ekstrem, menjaga kebersihan, dan menghemat ruang. Tandon air atap, di sisi lain, ditempatkan di atas bangunan dan sering terbuat dari bahan plastik. Tipe ini lebih mudah dipasang dan biasanya digunakan untuk menampung air hujan atau air ledeng dari saluran kota.

Baca juga: Cara Menghitung Rumus Volume Tangki untuk Di Rumah

Pentingnya Kebersihan Tandon Air

Tandon air yang tidak bersih dapat menjadi tempat berkembang biak nya bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Jika air yang disimpan terkontaminasi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit perut, diare, infeksi kulit, dan gangguan lainnya. Karena, dengan menjaga kebersihan tandon air, kita dapat menghindari risiko tersebut dan memberikan pasokan air yang aman bagi kesehatan penghuni rumah.

Tandon air yang terbuka pada cahaya matahari dapat menjadi lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan alga. Alga ini tidak hanya mengubah warna air menjadi hijau atau berwarna-warni, tetapi juga dapat mempengaruhi rasa dan bau air. Selain itu, bakteri juga dapat berkembang biak di dalam tandon, menyebabkan air menjadi keruh dan berbau tidak sedap.

Baca juga: Jenis-jenis Tandon Air yang Perlu Anda Ketahui!

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut

Proses membersihkan tandon air merupakan langkah krusial untuk memastikan kebersihan dan kualitas air yang disimpan di dalamnya. Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara membersihkan tandon air:

1. Menyiapkan Peralatan yang DIbutuhkan

Sebelum memulai proses pembersihan tandon air, pastikan Anda telah menyiapkan semua peralatan yang diperlukan. Ini melibatkan penggunaan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari bahan kimia atau kotoran yang mungkin ada di dalam tandon. Selain itu, pastikan Anda memiliki sikat yang panjang dan fleksibel untuk membersihkan dinding tandon, ember untuk membilas, sapu untuk membersihkan bagian-bagian yang lebih luas, dan lap kering untuk mengeringkan tandon setelah proses pembersihan.

2. Matikan Pasokan Air

Sebelum membuka tandon air, pastikan untuk mematikan pasokan air yang masuk ke dalamnya. Ini adalah langkah yang penting agar proses pembersihan dapat dilakukan tanpa gangguan aliran air. Matikan katup atau sumber air lainnya yang terhubung ke tandon agar tidak ada air yang terus mengalir selama proses.

3. Kuras Tandon

Setelah mematikan pasokan air, buka pelan-pelan katup pembuangan di bagian bawah tandon untuk menguras air yang ada di dalamnya. Proses pengurasan ini bertujuan untuk mengosongkan tandon dari sisa air sebelum Anda memulai pembersihan lebih lanjut. Pastikan tidak ada sisa air yang tertinggal di dalam tandon.

4. Pembersihan Dinding Tandon

Gunakan sikat yang panjang dan fleksibel untuk membersihkan dinding dalam tandon dengan saksama. Perhatikan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti sudut-sudut dan lipatan di dalam tandon. Hapus segala endapan atau kotoran yang mungkin menempel pada dinding.

5. Bersihkan Dasar Tandon

Lakukan pembersihan pada dasar tandon untuk menghilangkan kotoran atau endapan yang mungkin mengendap di sana. Anda dapat menggunakan sapu atau sikat untuk membersihkan permukaan dasar dengan cermat. Pastikan untuk mendapatkan setiap bagian untuk memastikan kebersihan menyeluruh.


Baca juga: 2 Cara Memasang Pelampung Tangki Air

6. Desinfeksi

Setelah membersihkan tandon secara menyeluruh, gunakan larutan pembersih atau disinfektan yang direkomendasikan untuk membersihkan dinding dan dasar tandon. Pastikan larutan tersebut aman untuk digunakan dengan air bersih dan ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Disinfeksi membantu membasmi bakteri atau mikroorganisme yang mungkin masih tersisa setelah pembersihan mekanis.

7. Bilas dengan Air Bersih

Setelah menggunakan disinfektan, bilas tandon dengan air bersih secara menyeluruh untuk menghilangkan residu pembersih atau disinfektan yang mungkin tertinggal. Pastikan bilasan dilakukan secara teliti untuk memastikan tidak ada zat kimia yang tersisa di dalam tandon. 

8. Periksa dan Perbaiki Kerusakan

Selama proses pembersihan, periksa tandon untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran. Periksa juga sambungan atau katup-katup yang mungkin berfungsi tidak baik. Jika ditemukan masalah, segera perbaiki sebelum mengisi ulang tandon. Hal ini akan mencegah kebocoran dan memastikan keandalan tandon dalam menyimpan air.

9. Isi Ulang Tandon

Setelah proses pembersihan dan pemeriksaan selesai, isi kembali tandon dengan air bersih. Pastikan untuk membuka ventilasi agar udara dapat sirkulasi di dalamnya. Ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan menjaga kualitas air yang disimpan di dalam tandon.

10. Monitor dan Pemeliharaan Berkala

Langkah terakhir adalah melakukan monitoring dan pemeliharaan tandon secara berkala, setidaknya dua kali setahun. Pemeriksaan rutin ini melibatkan pengecekan kondisi tandon, pembersihan jika diperlukan, dan perbaikan segera terhadap kerusakan yang mungkin timbul. Tindakan ini akan memastikan tandon tetap berfungsi optimal dan menyediakan air bersih yang aman untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Cari Tahu Berapa Harga Toren Air Berkualitas di sini

Dalam menghadirkan kehidupan yang sehat dan berkelanjutan, kebersihan tandon air menjadi aspek yang tak terelakkan. Melalui proses cara membersihkan tandon air secara rutin, kita tidak hanya memastikan kualitas air yang kita konsumsi sehari-hari, tetapi juga menjaga kesehatan serta mencegah risiko penyakit yang dapat disebabkan oleh air terkontaminasi.


Anda perlu memahami bahwa tandon air adalah jantung dari sistem penyediaan air di rumah kita, dan menjaga kebersihannya adalah tanggung jawab bersama untuk kesejahteraan keluarga. Namun, jika Anda memerlukan perlengkapan atau material untuk memperbaiki atau bahkan memasang tandon air baru, jangan ragu untuk mengunjungi Klopmart sebagai toko material bahan bangunan online terlengkap. 

Di Klopmart, Anda dapat menemukan berbagai produk berkualitas tinggi yang akan mendukung kebutuhan Anda dalam memastikan kelancaran dan keberlanjutan sistem air di rumah. Melalui adanya solusi praktis dan lengkap dari Klopmart, Anda dapat memastikan bahwa pengelolaan air di rumah tetap efisien dan berkualitas, menjadikan hidup Anda lebih nyaman dan sehat.

Sumber rujukan: 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya