Pompa dan Pipa

Cara Menghitung Rumus Volume Tangki untuk Di Rumah

Media
08 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara menghitung rumus volume tangki untuk menampung air di rumah? Setiap rumah biasanya memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Ada rumah yang memang dijadikan tempat tinggal pada umumnya, ada juga yang dijadikan sebagai tempat kos-kosan, lalu ada pula yang dijadikan sebagai tempat makan. Dengan demikian, karena kebutuhan air yang berbeda-beda, maka tangki air yang digunakan juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan air tiap rumah.

Tangki air atau yang biasa disebut dengan tandon atau toren berfungsi sebagai penampung air yang dapat berguna ketika terjadi mati listrik dan pompa tidak dapat digunakan ataupun terjadi gangguan pada layanan PAM. Biasanya, tangki air akan diletakkan pada bagian atas rumah agar pendistribusian air ke tiap-tiap keran akan lebih stabil dan air yang dikeluarkan juga kencang karena tidak perlu menarik dari bawah.

Lalu, bagaimana cara memilih tangki air yang tepat sesuai dengan kebutuhan di rumah? Simak pembahasannya mengenai cara menghitung volume air dalam tangki dengan menggunakan rumus volume tangki di bawah ini dan Klopmart juga menyediakan informasi seputar tips untuk merawat tangki air untuk mencegah lumut dan menjaga air tetap bersih.
 

Cara Menghitung Rumus Volume Tangki

Tangki air dengan bentuk silinder atau tabung merupakan tangki yang paling umum digunakan di rumah-rumah. Untuk menghitung rumus volume tangki tabung, Anda bisa menggunakan rumus berikut ini:
 

Volume = jari-jari x jari-jari x tinggi x (22/7)

Sebagai contoh, sebuah tangki air berbentuk tabung memiliki jari-jari 70 cm dengan tinggi 1.400 cm. Maka dengan menerapkan rumus di atas, perhitungannya akan menjadi:

Volume = 70 x 70 x 1.400 x (22/7)
Volume = 6.860.000 x (22/7)
Volume = 21.560.000 cm³ 

Perlu diketahui bahwa satuan volume adalah liter. 1m³ memiliki konversi sebesar 1.000 liter. Oleh karena itu, hasil akhir dari perhitungan volume ini adalah:

Volume = 21.560.000 cm³ = 21,56 m³  = 21.560 liter

Seperti itulah contoh untuk menghitung volume tangki air yang dapat Anda coba ketika memilih tangki untuk di rumah. Umumnya, penggunaan air satu rumah untuk 4 orang rata-rata membutuhkan 1.000 liter per hari. Jadi, Anda bisa membuat perkiraan untuk tangki air yang Anda butuhkan di rumah.

Baca juga: 6 Ukuran Tangki Air Penguin
 

Tips untuk Merawat Tangki Air

Tangki air memerlukan perawatan atau maintenance berkala untuk mencegah timbulnya lumut serta menjaga air tetap bersih. Adapun cara untuk merawat tangki yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Lakukan pengurasan air secara berkala setidaknya 3 hingga 4 bulan sekali untuk terjaga kebersihannya. Jika tangki air tidak dikuras, maka kotoran akan menumpuk dan mengendap di dalam tangki air tersebut.
  • Pilih tangki air anti microbial yang memiliki teknologi light block. Dengan demikian, sinar matahari tidak dapat masuk ke dalam tangki air.
  • Gunakan cat berwarna gelap seperti biru tua, hitam, atau coklat untuk melindungi isi tangki air dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Karena tangki air biasanya diletakkan di bagian atas rumah, maka akan lebih baik apabila Anda memasang atap atau pelindung yang juga diperuntukkan dalam melindungi isi tangki air dari sinar matahari. Sinar matahari dapat mempercepat tumbuhnya lumut dalam tangki air sehingga Anda perlu melindungi tangki air di rumah dari sinar matahari tersebut.

Sekian informasi mengenai cara menghitung rumus volume tangki yang bisa kami berikan dan jika Anda menginginkan tangki air dari bahan  stainless, Klopmart mempunyai berbagai produk tangki air berkualitas dan Anda dapat melihat harga tangki air stainless berikut ini.

Baca juga: Daftar Harga Tangki Air Penguin 5000 Liter Terbaik

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya