Tandon Air Adalah Alat Penampung, Ini Fungsi & Cara Memilihnya

Tandon air adalah salah satu barang yang penting dan sangat dibutuhkan oleh setiap rumah. Apa itu tandon air dan mengapa barang ini sangatlah penting?

Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi penting kepada Anda seputar pengertian tandon dan juga fungsinya. Sebagai informasi tambahan, kami juga akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara memilih tandon air yang tepat.

Apa Itu Tandon Air?

Singkatnya, tandon air adalah alat yang digunakan untuk menampung air. Tandon air ini biasa disebut juga dengan toren. Ukuran fisik toren sangatlah besar dan biasa diletakkan di bagian teras rumah atau atap rumah karena ukurannya yang besar tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Dak untuk Toren Air di Rumah

Apa Fungsi Tandon Air?

Secara umumnya, tandon air memiliki 3 fungsi utama yaitu sebagai berikut:

1 . Menjadi Tempat Penyimpanan Cadangan Air

Fungsi pertama dari penggunaan tandon air adalah untuk menjadi tempat penyimpanan cadangan air. Anda tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu pasokan air dari PAM (Perusahaan Air Minum) atau PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) terhenti.

Seperti yang telah Anda ketahui, kadangkala pihak PAM atau PDAM dihadapkan dengan masalah saluran air yang bocor sehingga pasokan air di area tersebut harus dimatikan untuk sementara waktu. Selain itu, pasokan air kadang memiliki jam-jam tertentu di mana air yang keluar hanya sedikit.


Dengan adanya tandon air, Anda sudah memiliki cadangan penyimpanan air yang dapat digunakan dalam beberapa waktu tertentu hingga pasokan air dapat keluar kembali secara normal. Jadi, Anda tetap dapat menggunakan air dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Baca juga: 6 Ukuran Tangki Air Penguin, Mana yang Cocok dengan Anda?

2 . Menghemat Penggunaan Listrik untuk Pompa

Apakah Anda sering dihadapkan dengan biaya tagihan listrik yang tinggi? Salah satu faktor yang menjadi penyebab di balik biaya tagihan listrik yang tinggi tersebut adalah penggunaan pompa listrik.

Kami sering menemukan rumah-rumah yang terus menyalakan pompa listrik ketika sedang menggunakan air. Hal ini tentu saja akan membuat tagihan listrik menjadi lebih boros.

Penggunaan tandon air dapat membantu mengatasi masalah tersebut karena Anda hanya perlu menyalakan pompa sekali atau dua kali dalam sehari untuk mengisi tangki hingga penuh. Kemudian, air di dalam toren yang akan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Baca juga: Penyebab Pompa Air Ngempos dan Cara Mengatasinya

3 . Mendistribusi Air Secara Merata

Bagi Anda yang memiliki rumah 2 tingkat, pasti pernah atau bahkan masih dihadapkan dengan masalah distribusi air yang kurang merata. Air yang keluar di lantai 2 jauh lebih sedikit dibandingkan dengan lantai 1.

Untuk membantu distribusi air secara merata hingga ke lantai 2, maka Anda dapat menggunakan tandon air yang diletakkan di atap rumah. Jadi, air dapat langsung mengalir dari atas ke bawah secara lancar dengan kuantitas volume yang rata.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Tekanan Air Dari Toren


Bagaimana Cara Memilih Tandon Air yang Tepat?

Setelah Anda memahami apa itu tandon beserta fungsinya, kami akan menjelaskan mengenai cara memilih tandon air yang tepat. Anda dapat langsung mengikuti 3 tips memilih tandon air yang tepat berikut ini, yaitu:

  • Hitung kebutuhan air di rumah Anda setiap hari. Dengan demikian, Anda dapat memilih ukuran tandon air yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih tandon air berkualitas yang anti jamur dan juga tahan dari paparan sinar UV.
  • Bandingkan setiap produk tandon air mulai dari bahan, ukuran, kualitas, hingga harganya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda dan silakan cek harga toren air yang dijual melalui website Klopmart. Sebagai kesimpulan dan juga penutup, tandon air adalah alat untuk menyimpan air dan memiliki berbagai fungsi untuk kebutuhan rumah tangga sehingga Anda perlu memiliki setidaknya 1 tandon air di rumah.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya