4 Cara Kerja Water Heater Listrik untuk Anda Pahami

Water heater listrik atau pemanas air listrik kini telah menjadi solusi rumah tangga maupun industri pelayanan modern dalam meningkatkan kenyamanan mandi sehari-hari. Lalu seperti apa cara kerja water heater listrik?

Melalui artikel ini, Klopmart akan membahas mengenai cara kerja water heater listrik termasuk jenis dan komponen-komponennya. Jadi pastikan untuk membaca artikel hingga akhir untuk memantapkan pilihan Anda!

promosi klopmart

Apa Itu Water Heater Listrik?

Sebelum masuk ke pembahasan cara kerja dan komponen pembentuknya, kita berkenalan lebih jauh lagi dengan alat pemanas air listrik ini.

Water heater listrik merupakan alat yang berfungsi untuk menghangatkan air menggunakan tenaga listrik, yang mana digunakan untuk memenuhi kebutuhan air hangat saat mandi.

Umumnya, water heater ini dipasang di kamar mandi atau dekat dengan sumber air. Kemudian alat pemanas air listrik ini biasanya terdiri dari elemen pemanas yang terbuat dari bahan yang mampu menghasilkan panas saat arus listrik mengalir.

Baca juga: Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Listrik?

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Listrik?

Pemanas air mandi listrik beroperasi secara sederhana. Ketika dinyalakan, arus listrik mengalir melalui elemen pemanas, yang menghasilkan panas dan menghangatkan air yang mengalir melaluinya.

Untuk memahami lebih jauh, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Menggunakan Listrik sebagai Bahan Bakarnya

Water heater atau pemanas air yang satu ini menggunakan listrik sebagai bahan bakar utamanya dalam melakukan proses pemanasan. Setiap water heater listrik selalu memiliki thermostat yang berfungsi sebagai alat pengatur suhu yang terdapat di dalam tangki.

Thermostat akan mengatur suhu air di dalam tangki pada 50 hingga 80 derajat celcius. Namun, untuk alasan keselamatan dan keamanan Anda, sebaiknya atur suhu di dalam tangki 50 hingga 60 derajat celcius saja.

Listrik sebagai komponen utama di dalam water heater tersebut akan melewati elemen pemanas yang terletak pada bagian atas dan bawah tangki.

Elemen pemanas dengan aliran listrik akan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas yang dihasilkan dari proses pengubahan energi listrik akan menjadi komponen yang memanaskan air di dalam tangki. a

2. Menggunakan Tangki sebagai Penampung Airnya

Selanjutnya, saat air dingin mulai memasuki tangki, air akan dipanaskan dengan elemen yang telah diubah sebelumnya di dalam tangki.

Dikarenakan massa jenis yang berbeda setelah proses pemanasan, air yang memiliki tekanan tinggi akan diteruskan keluar untuk bisa dinikmati. Sedangkan untuk air yang memiliki tekanan rendah akan tetap berada di dalam tangki untuk dipanaskan kembali.

3. Melakukan Proses Pemanasan dengan Cepat

Perlu diingat bahwa water heater listrik memiliki konsep sederhana dalam memanaskan air, sehingga waktu yang dibutuhkan terhitung sangat cepat ketimbang memanaskan air dengan cara manual atau tradisional. Anda akan dengan mudah menggunakan air panas untuk mandi pada waktu kapan pun yang dimau.

4. Memiliki Sistem Pemanas yang Otomatis

Water heater listrik bekerja untuk memanaskan air ketika kran air dibuka dan akan mati secara otomatis ketika kran air ditutup.

Meskipun terbilang otomatis, air tidak akan langsung keluar dalam kondisi suhu panas ketika kran dibuka. Butuh waktu beberapa saat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk memproses namun masih terhitung lebih cepat daripada cara manual.

Baca juga: Begini Cara Kerja Water Heater Gas! Sudah Tahu Belum?

Jenis-Jenis Water Heater Listrik Berdasarkan Tangkinya

Sebelum Anda membeli water heater listrik, Anda harus memahami bahwa water heater listrik dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan tangki airnya. Berikut adalah kedua jenis water heater listrik berdasarkan tangkinya yang harus Anda ketahui!

1. Tangki Terbuka

Jenis water heater tangki terbuka memiliki cara kerja ketika alat pemanas disambungkan ke sumber listrik dan dalam keadaan hidup, maka arus listrik yang mengalir akan melewati elemen pemanas listrik.

Elemen pemanas listrik akan melakukan proses yang mengubah energi listrik yang lewat menjadi energi panas. Air yang sebelumnya telah ditampung di dalam tangki akan dipanaskan dengan energi yang telah diubah tadinya oleh elemen pemanas.

Air yang telah dipanaskan akan memiliki dua jenis keluaran, yang pertama air yang memiliki suhu lebih panas akan dilanjutkan ke atas yang pada akhirnya akan dikeluarkan untuk dinikmati ketika mandi. Hal kedua adalah air yang memiliki suhu lebih rendah akan tetap berada di bawah untuk dipanaskan kembali.

Proses pemanasan pada water heater listrik dengan tangki terbuka merupakan hal yang dapat dianggap sederhana. Untuk memudahkan pemahaman, air yang memiliki suhu panas akan diteruskan untuk keluar dari kran atau shower. Tangki akan berfungsi sebagai pemisah antara air dengan suhu tinggi dan suhu rendah.

2. Tangki Tertutup

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang drastis antara water heater listrik tangki terbuka maupun tertutup. Namun, titik perbedaan di antara keduanya adalah pada proses sirkulasi. Water heater dengan tangki tertutup dalam proses sirkulasinya membutuhkan tekanan yang berasal dari bantuan pompa air. 

Oleh karena itu, di dalam proses water heater jenis tangki tertutup membutuhkan tekanan yang mengharuskannya untuk tetap terkendali agar tekanan kerjanya tidak melebihi batas. Proses pemanasan air dapat dikatakan sama, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu air yang semula dingin menjadi panas.

Baca juga: Tips Memilih Alat Pemanas Air yang Sesuai Kebutuhan!

Apa Saja Komponen Water Heater Listrik?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa water heater listrik atau pemanas air listrik terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja bersama-sama untuk memanaskan air. Berikut adalah komponen-komponen umum pada water heater listrik:

1. Elemen Pemanas (Heating Element)

Elemen ini bertanggung jawab mengubah energi listrik menjadi energi panas. Biasanya terbuat dari bahan tahan panas seperti kawat pemanas yang memproduksi panas saat dialiri arus listrik.

2. Tangki Air (Water Tank)

Water heater listrik dilengkapi dengan tangki air sebagai wadah penyimpanan air. Jadi air dalam tangki nantinya akan dipanaskan oleh elemen pemanas sebelum dialirkan ke keran atau shower.

3. Thermostat

Bagian ini yang akan mengontrol suhu air. Begitu air mencapai suhu yang diinginkan, thermostat memutus aliran listrik ke elemen pemanas untuk mencegah air menjadi terlalu panas, menjaga suhu sesuai preferensi Anda selaku pengguna.

4. Pressure Relief Valve

Valve ini yang akan berfungsi melepaskan tekanan berlebih dari dalam tangki air untuk mencegah peningkatan tekanan yang bisa berbahaya atau merusak sistem.

5. Pipa Masukan dan Keluaran Air

Kehadiran pipa-pipa ini memungkinkan air masuk ke dalam tangki untuk dipanaskan dan kemudian keluar dari tangki setelah dipanaskan. Mereka terhubung ke keran atau shower di kamar mandi.

6. Anode Rod (Stang Anoda)

Stang anoda melindungi tangki air dari korosi dengan menarik korosi ke dirinya. Biasanya terbuat dari logam yang lebih reaktif daripada tangki air.

7. Indikator LED atau Display

Beberapa water heater dilengkapi dengan indikator LED atau layar digital untuk menampilkan suhu air atau status operasional, memudahkan pemantauan dan pengaturan.

8. Saklar atau Kontrol Panel

Komponen terakhir adalah saklar atau kontrol panel. Jadi water heater hari ini telah dilengkapi dengan kontrol panel untuk memudahkan menghidupkan atau mematikan perangkat serta mengatur suhu air.

Namun perlu diingat bahwa desain dan komponen water heater listrik dapat bervariasi, pengguna sebaiknya mengacu pada petunjuk penggunaan dari produsen untuk informasi yang lebih spesifik.

Baca juga: Cara Pasang Water Heater Listrik yang Benar

Jadi sekarang Anda sudah makin yakin dengan water heater listrik? Untuk mendapatkan water heater listrik berkualitas, Klopmart punya rekomendasi water heater listrik Ariston Slim 30L yang bisa menjadi pilihan water heater listrik pilihan Anda!

Perlengkapan Sanitary Ware

Water heater listrik buatan Italia dengan desain yang modern dan sangat hemat ruang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kamar mandi minimalis.

Sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart juga menjual kebutuhan untuk atap, dinding dan lantai dengan kualitas yang baik untuk memastikan bangunan Anda berdiri kokoh.

Hubungi kami di sini untuk info lebih lanjut!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya