4 Cara Kerja Water Heater Listrik untuk Anda Pahami

Baik cara kerja water heater listrik dan gas, keduanya memiliki cara kerja otomatis yang memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahan yang dimaksud adalah ketika ingin menikmati mandi air panas kapan pun yang Anda inginkan. Terutama ketika cuaca yang dingin dan mungkin lelah setelah berkegiatan seharian. Mandi dengan menggunakan air panas adalah pilihan relaksasi yang menggiurkan. 

Sudah tidak lagi waktunya untuk mandi dengan air panas harus merebus air terlebih dahulu dengan panci dan kompor. Selain riskan apabila tumpah ketika memindahkan air panas, merebus dengan cara manual membutuhkan waktu yang sangat lama.

Berkat berkembangnya teknologi, kini semua sudah beralih ke teknologi yang lebih mutakhir seperti water heater. Kegunaan utama water heater adalah mampu untuk memanaskan air secara otomatis ketika keluar dari kran atau shower, yang mana bisa langsung digunakan tanpa membutuhkan waktu yang lama atau takut ketumpahan ketika memindahkan ke bak mandi.

Ketika berada pada situasi ingin membeli water heater, Anda harus dihadapkan dengan pilihan membeli water heater listrik atau gas. Apabila Anda cenderung ingin menggunakan water heater listrik, Anda berada pada artikel yang tepat!

Klopmart akan membahas mengenai water heater listrik dari jenis hingga cara kerjanya. Jadi pastikan untuk membaca artikel hingga akhir untuk memantapkan pilihan Anda!

Jenis-Jenis Water Heater Listrik

Sebelum Anda membeli water heater listrik, Anda harus memahami bahwa water heater listrik dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan tangki airnya. Berikut adalah kedua jenis water heater listrik berdasarkan tangkinya yang harus Anda ketahui!

1. Tangki Terbuka 

Jenis water heater tangki terbuka memiliki cara kerja ketika alat pemanas disambungkan ke sumber listrik dan dalam keadaan hidup, maka arus listrik yang mengalir akan melewati elemen pemanas.

Elemen pemanas akan melakukan proses yang mengubah energi listrik yang lewat menjadi energi panas. Air yang sebelumnya telah ditampung di dalam tangki akan dipanaskan dengan energi yang telah diubah tadinya oleh elemen pemanas.

Air yang telah dipanaskan akan memiliki dua jenis keluaran, yang pertama air yang memiliki suhu lebih panas akan dilanjutkan ke atas yang pada akhirnya akan dikeluarkan untuk dinikmati ketika mandi. Hal kedua adalah air yang memiliki suhu lebih rendah akan tetap berada di bawah untuk dipanaskan kembali. 

Proses pemanasan pada water heater listrik dengan tangki terbuka merupakan hal yang dapat dianggap sederhana. Untuk memudahkan pemahaman, air yang memiliki suhu panas akan diteruskan untuk keluar dari kran atau shower. Tangki akan berfungsi sebagai pemisah antara air dengan suhu tinggi dan suhu rendah. 

2. Tangki Tertutup

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang drastis antara water heater listrik tangki terbuka maupun tertutup. Namun, titik perbedaan di antara keduanya adalah pada proses sirkulasi. Water heater dengan tangki tertutup dalam proses sirkulasinya membutuhkan tekanan yang berasal dari bantuan pompa air. 

Oleh karena itu, di dalam proses water heater jenis tangki tertutup membutuhkan tekanan yang mengharuskannya untuk tetap terkendali agar tekanan kerjanya tidak melebihi batas. Proses pemanasan air dapat dikatakan sama, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu air yang semula dingin menjadi panas.

Baca juga: Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya yang Umum Digunakan

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Listrik?

Meskipun Anda telah memahami cara kerja water heater listrik berdasarkan tangkinya. Klopmart akan menjelaskan cara kerja water heater listrik pada umumnya secara menyeluruh.

1. Menggunakan Listrik sebagai Bahan Bakarnya

Water heater atau pemanas air yang satu ini menggunakan listrik sebagai bahan bakar utamanya dalam melakukan proses pemanasan. Setiap water heater listrik selalu memiliki thermostat yang berfungsi sebagai alat pengatur suhu yang terdapat di dalam tangki.

Thermostat akan mengatur suhu air di dalam tangki pada 50 hingga 80 derajat celcius. Namun, untuk alasan keselamatan dan keamanan Anda, sebaiknya atur suhu di dalam tangki 50 hingga 60 derajat celcius saja.

Listrik sebagai komponen utama di dalam water heater tersebut akan melewati elemen pemanas yang terletak pada bagian atas dan bawah tangki. Elemen pemanas dengan aliran listrik akan mengubah energi listrik menjadi energi panas. Energi panas yang dihasilkan dari proses pengubahan energi listrik akan menjadi komponen yang memanaskan air di dalam tangki.

2. Menggunakan Tangki sebagai Penampung Airnya

Saat air dingin memasuki tangki, air akan dipanaskan dengan elemen yang telah diubah sebelumnya di dalam tangki. Dikarenakan massa jenis yang berbeda setelah proses pemanasan, air yang memiliki tekanan tinggi akan diteruskan keluar untuk bisa dinikmati. Sedangkan untuk air yang memiliki tekanan rendah akan tetap berada di dalam tangki untuk dipanaskan kembali. 

Baca juga: 5 Cara Supaya Air Shower Kencang Dengan Cepat

3. Melakukan Proses Pemanasan dengan Cepat

Perlu diingat bahwa water heater listrik memiliki konsep sederhana dalam memanaskan air, sehingga waktu yang dibutuhkan terhitung sangat cepat ketimbang memanaskan air dengan cara manual atau tradisional. Anda akan dengan mudah menggunakan air panas untuk mandi pada waktu kapan pun yang dimau.

4. Memiliki Sistem Pemanas yang Otomatis

Water heater listrik bekerja untuk memanaskan air ketika kran air dibuka dan akan mati secara otomatis ketika kran air ditutup. Meskipun terbilang otomatis, air tidak akan langsung keluar dalam kondisi suhu panas ketika kran dibuka. Butuh waktu beberapa saat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk memproses namun masih terhitung lebih cepat daripada cara manual. 

Sejauh ini apa Anda sudah makin yakin dengan water heater listrik? Jika masih kurang yakin, Klopmart punya rekomendasi water heater listrik Ariston Slim 30L yang bisa menjadi pilihan water heater listrik pilihan Anda! Water heater listrik buatan Italia dengan desain yang modern dan sangat hemat ruang sangat cocok bagi Anda yang memiliki kamar mandi minimalis.

Tidak perlu bingung untuk mencari tempat untuk membeli Ariston Slim 30L ini karena Klopmart jual water heater yang satu ini. Hubungi kami di sini untuk info lebih lanjut!

Jangan ragu lagi untuk memilih antara water heater listrik atau gas. Setelah membaca artikel ini tentunya Anda sudah paham tentang cara kerja water heater listrik, bukan?

Sumber : 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article