Apa Itu Water Heater dan Manfaat Menggunakannya

Kamar mandi tidak akan lengkap rasanya jika tanpa adanya water heater. Bagi sebagian orang, water heater  adalah komponen penting di dalam kamar mandi. Namun, sebenarnya tahukah Anda apa itu water heater? Mengapa bagi sebagian orang water heater adalah hal yang penting?

Sebelum melontarkan banyak pertanyaan dan akhirnya mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu water heater, tahukah Anda bahwa mandi air hangat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh? Beberapa diantaranya adalah dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Ditambah lagi mandi air hangat akan memberikan relaksasi pada tubuh Anda setelah bekerja seharian. 

Seiring dengan berkembangnya zaman, Anda tidak perlu lagi merebus air dengan cara yang manual atau tradisional. Cara manual atau tradisional ini adalah merebus air dengan menggunakan panci dan kompor. Cara tersebut sudah lama tergantikan dengan cara yang lebih terbaru, yaitu menggunakan water heater. 

Memasang water heater bisa menjadi solusi mudah untuk menikmati mandi air hangat bagi Anda yang tidak ingin merasa repot. Lalu, sebenarnya apa itu water heater? Water heater adalah salah satu alat yang digunakan untuk memanaskan air agar suhunya lebih tinggi daripada suhu air pada normalnya.

Untuk mengetahui water heater lebih lanjut, Klopmart akan mengulas beberapa informasi mengenai water heater dari manfaat, jenis, hingga rekomendasi water heater yang bisa menjadi pilihan Anda. 

Jika Anda sedang berada dalam misi mencari water heater dan mengalami kebingungan, artikel ini merupakan jalan keluar yang tepat! Simak artikel berikut hingga akhir untuk temukan jawaban Anda!

Baca juga: 7 Cara Membuat Bak Kontrol Saluran Air yang Baik dan Benar!

Manfaat Water Heater

Water heater sudah dikenal sebagai alat terbaru yang menyediakan kebutuhan air hangat secara instan. Beruntung karena hadirnya water heater, akses untuk mandi air hangat tanpa persiapan yang merepotkan sangat mudah didapatkan. 

Tahukah Anda bahwa manfaat water heater tidak hanya itu saja. Ada 3 manfaat lain yang bisa didapatkan dengan memasang water heater di rumah Anda. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut adalah 3 manfaat dari memasang water heater di rumah Anda!  

1. Water Heater untuk Waktu Anda yang Lebih Efisien

Water heater merupakan pilihan yang paling tepat jika Anda ingin mandi air hangat tetapi ingin menghemat waktu. Karena water heater sendiri didesain agar memproses air secara langsung menjadi hangat tanpa waktu yang lama. Sehingga, air yang keluar dari kran atau shower memiliki suhu yang otomatis hangat ketika Anda menyalakannya. 

2. Water Heater untuk Mengatur Suhu sesuai Preferensi

Tahukah Anda, penggunaan water heater dapat memudahkan untuk menentukan preferensi suhu hangat air yang diinginkan? Jika dibandingkan dengan merebus air dengan cara manual atau tradisional, Anda akan mengalami kesulitan untuk menentukan suhu hangat pada derajat tertentu. 

Water heater hadir dengan fitur yang akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Anda sudah tidak perlu takut lagi jika suhu air terlalu panas apabila akan digunakan. Selebihnya, Anda tidak perlu mengira-ngira untuk menambahkan volume air dingin apabila air yang Anda gunakan masih terlalu panas. 

3. Water Heater untuk Suhu Panas yang Aman 

Proses pengolahan air hangat dari water heater ini lebih aman dibandingkan dengan cara tradisional yang menggunakan kompor gas. Mengapa demikian? Karena di dalam water heater sendiri terdapat pelapis anti bocor yang berguna sebagai pelindung dari kebocoran gas yang dapat mencemari air. Pencemaran air akibat kebocoran gas dapat berakibat buruk yang mana dapat membahayakan orang terutama pada bayi.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Jenis Water Heater

Water heater memiliki beberapa jenis apabila dibedakan berdasarkan sumber dayanya. Berikut adalah 3 jenis water heater yang bisa dijadikan referensi untuk dipasang di rumah Anda.

1. Water Heater Listrik

Water heater listrik ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi karena harga dari heater listrik yang masih terjangkau dibanding dengan water heater lainnya. Meski demikian, water heater listrik ini memiliki konsumsi daya listrik yang cukup besar. Untuk kapasitas 15 liter air, rata-rata konsumsi daya yang dibutuhkan adalah sekitar 350-500 watt.

Terdapat 2 jenis water heater listrik yang lazim digunakan oleh masyarakat, yaitu Electric Storage dan Electronic Instant. Jenis Electronic Storage mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar, tetapi membutuhkan proses yang cukup lama untuk menghangatkan air. Sementara jenis Electronic Instant dapat menghangatkan air dengan lebih cepat meskipun kapasitas air yang dimiliki heater jenis ini kecil dan menggunakan daya yang lebih besar

2. Water Heater Gas

Jenis water heater bertenaga gas ini sudah terkenal lebih dahulu di kalangan masyarakat Indonesia. Namun belakangan, masyarakat perlahan mulai meninggalkan water heater gas. Hal ini dikarenakan water heater gas dikenal rawan mengalami kebocoran yang dapat membahayakan penggunanya. Karena alasan faktor keamanan inilah yang akhirnya membuat masyarakat memilih untuk meninggalkan water heater jenis gas ini dan beralih ke jenis lainnya yang lebih aman.

3. Solar Water Heater  

Jenis water heater yang satu ini memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber daya utama dalam proses menghangatkan air. Water heater jenis ini sebenarnya sangat cocok digunakan di negara yang berada di garis khatulistiwa seperti Indonesia. Sayangnya, solar water heater ini memiliki harga dan biaya perawatan yang terbilang mahal. Itu sebabnya, jenis water heater  solar masih jarang ditemui di Indonesia.  

Water Heater Listrik vs Gas, Mana yang Lebih Baik?

Dari ketiga jenis water heater yang telah disebutkan di atas, terdapat 2 jenis water heater yang saat ini paling diminati di pasaran. Kedua water heater yang dimaksud yaitu water heater listrik dan water heater gas. 

Lalu, apa perbedaan kedua water heater tersebut? jenis water heater mana sekiranya yang lebih baik? Mari cari tahu lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan water heater listrik dan water listrik gas.

1. Proses Instalasi Water Heater

Untuk proses instalasi, water heater listrik dan water heater gas tidak jauh berbeda. Akan tetapi, water heater gas membutuhkan lebih banyak ventilasi yang berfungsi sebagai akses masuknya selang saluran gas. Hal ini menyebabkan instalasi water heater gas menjadi lebih rumit dibandingkan dengan water heater listrik.

2. Pemeliharaan dan Perawatan

Dari segi pemeliharaan dan perawatan, masing-masing water heater memiliki bagian tersendiri yang perlu diperhatikan. Anda diharuskan mengecek dan menyiram tangki water heater secara berkala. Hal ini dilakukan guna menghindari penumpukan endapan kotoran di dasar tangki. 

Khusus water heater gas, Anda harus rutin memeriksa saluran gas pada water heater. Ini dilakukan agar saluran gas terhindar dari mampet karena penumpukan sedimen yang dapat mengganggu kinerja dari water heater gas.

3. Biaya yang Dibutuhkan

Water heater gas dan water heater listrik ini memiliki total biaya yang hampir sama. Water heater gas memiliki biaya pembelian awal yang terbilang mahal. Namun, jauh lebih terjangkau untuk pengeluaran tiap bulan karena biaya untuk menggunakan gas terbilang murah.

Sementara, water heater listrik memiliki biaya pembelian awal yang cukup murah. Akan tetapi, biaya utilitas tiap bulannya memang lebih mahal. Hal ini dikarenakan water heater listrik membutuhkan daya listrik yang cukup besar ketika digunakan.  

Baca juga: 8 Sistem Drainase di Perumahan Untuk Cegah Masalah Banjir

Rekomendasi Water Heater dari Klopmart

Setelah membahas tuntas mulai dari apa itu water heater hingga manfaat, jenis dan perbandingan dari water heater, sudahkah Anda menentukan pilihan? Klopmart akan memberikan beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan Anda dengan kualitas yang baik. Berikut adalah rekomendasi water heater yang perlu Anda ketahui!

1. Ariston Andris R 10/15/30L

Ariston Andris R 10/15/30 L adalah water heater listrik yang merupakan rancangan dari italia. Produk ini bisa menjadi pilihan Anda di rumah karena memiliki kapasitas 10, 15 dan 30 liter. Masing-masing kapasitas juga memiliki daya listrik masing-masing yang dapat Anda sesuaikan, seperti 200 Watt untuk 10L, 350 Watt untuk 15L, dan 500 Watt untuk 30L. 

2. Ariston Slim 20L

Masih dari keluaran produk Ariston. Ariston Slim 20L seperti namanya memiliki desain horizontal yang sederhana namun tidak memakan banyak ruang. Produk Ariston yang satu ini membutuhkan daya listrik yang rendah yaitu 200 watt, namun Anda dapat menikmati kapasitas sebesar 20 liter. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan indikator air panas dan keamanan ELCB. 

3. Ariston Slim 30L

Masih dari keluarga produk Ariston Slim, produk kali ini hadir dengan kapasitas yang lebih besar. Hampir sama dengan Ariston Slim 20L, Ariston Slim 30L memiliki kapasitas tangki sebesar 30 liter, namun hanya membutuhkan daya listrik sebesar 350 Watt. Ariston Slim 30L juga dilengkapi indikator air panas dan perangkat keamanan ELCB, serta teknologi dual tank untuk pemanasan yang lebih cepat dan efisien.

4. Wasser WH-506 A

Produk yang satu ini adalah water heater bertenaga gas. Wasser WH-506 A memiliki debit air sebanyak 5 liter/menit dengan konsumsi gas rata-rata 0.46kg/jam. Wasser WH-506 A memiliki beberapa fitur seperti ODS atau Oxygen Depletion Safety Device, auto cut off, pemantik api dengan baterai, penyaring air, lampu indikasi baterai, dan gas stabilizer.

5. Rinnai REU-5CFM

Rinnai REU-5CFM adalah water heater bertenaga gas. Produk ini memiliki debit air 5 liter/menit  dengan daya konsumsi gas 0.6kg/jam. Anda hanya perlu menyediakan baterai ukuran D sebagai pemantik apinya. Kelebihan dari Rinnai REU-5CFM adalah memiliki beberapa fitur yang membuat produk ini anti kebocoran gas, anti pembakaran api tidak sempurna, anti overheating, dan fitur keamanan yang bagus.

Bagaimana, apakah Anda sudah memahami apa itu water heater? Apakah sudah mulai terpikirkan untuk membeli water heater yang mana? Jika sudah menentukan pilihan, Anda bisa membeli water heater yang anda inginkan di Klopmart. Kami jual water heater dengan spesifikasi yang berbeda tersedia di website Klopmart. Jadi tunggu apalagi, Anda bisa menghubungi kami di sini dan pilihlah jenis water heater listrik yang sesuai dengan keinginan! 

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article