2 Cara Pasang Water Heater Listrik yang Benar

Pastikan Anda sudah mengetahui cara pasang water heater listrik yang benar sebelum memutuskan untuk memilikinya. Water heater elektrik lebih berisiko daripada jenis gas karena membutuhkan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Risiko ini perlu dipertimbangkan jika Anda ingin memasangnya di kamar mandi.

Walaupun terlihat berisiko, water heater listrik memiliki beberapa manfaat ketika digunakan. Anda pun tidak perlu takut karena ada langkah aman dalam memasang water heater listrik. Klopmart akan membahas semua hal tersebut sebelum memandu Anda dalam memasang pemanas air bertenaga listrik di kamar mandi. Simak pembahasan selengkapnya dalam artikel ini.

Apakah Water Heater Listrik Aman?

Water heater listrik sebenarnya lebih berisiko daripada jenis gas. Alat ini bisa menimbulkan korsleting atau hubungan pendek arus listrik yang bisa berujung pada kebakaran jika dibiarkan. Namun, risiko ini bisa diatasi kalau Anda menerapkan cara pasang water heater listrik yang benar.

Kendati memiliki risiko, water heater listrik sebenarnya menyimpan segudang keunggulan yang bisa Anda rasakan. Pemakaian water heater listrik sangat praktis dan tidak perlu bergantung pada cuaca jadi Anda bisa memakainya kapan pun. Anda pun bisa menghangatkan diri di bawah pancuran air hangat meskipun cuaca sedang dingin jika memiliki mesin ini.

Selain itu, water heater listrik juga tidak membutuhkan proses penggantian gas sehingga lebih efisien. Keunggulan ini tentu menghemat penggunaan energi di rumah karena Anda hanya menggunakan tenaga listrik untuk menyalakan mesinnya. Selain itu, Anda bisa terhindar dari risiko kebocoran gas yang cukup berbahaya.

Baca juga: Ketahui Cara Menentukan Titik Awal Pasang Keramik Lantai

Tips sebelum Memasang Water Heater Listrik

Sekilas dijelaskan bahwa Anda perlu memperhatikan langkah pemasangan water heater listrik yang aman agar terhindar dari risiko. Apa saja yang harus diperhatikan sebelum memasang pemanas air ini?

1. Posisikan Water Heater di Tempat yang Tepat

Kamar mandi merupakan ruangan yang cukup rentan untuk memasang water heater listrik. Oleh karena itu, Anda perlu mencari area pemasangan yang aman dan terhindar dari bahaya. Pastikan water heater dipasang di dinding yang kering dan tidak lembap. Usahakan juga agar steker dan stopkontak aman dari cipratan air sehingga tidak terjadi korsleting ataupun bahaya lainnya. Ketinggian ideal untuk memasang water heater listrik yaitu 1,5 meter.

2. Siapkan Jalur Pipa Air Panas dan Pipa Air Dingin

Water heater listrik membutuhkan dua jalur pipa, yaitu pipa air panas dan pipa air dingin. Dua jenis pipa ini berguna untuk mengalirkan air ke keran ketika digunakan. Pastikan dua jalur tersebut aman dan terbuat dari pipa logam khusus yang tahan terhadap suhu tinggi. Perhatikan juga jarak pemasangan antara kedua pipa tersebut, minimal 15 cm dan terhubung dengan keran mixing.

3. Pilih Aksesoris Pelengkap yang Tepat

Aksesoris untuk memasang water heater listrik mencakup selang fleksibel (flexible hose), shower, dan mixing tap. Pastikan Anda memilih aksesoris berkualitas terbaik dan aman untuk penggunaan water heater. Pasalnya, tidak semua aksesoris yang dijual cocok untuk water heater karena mudah rusak ketika terkena air panas.

4. Pastikan Water Heater Memiliki Pengaman

Dua alat pengaman wajib dalam water heater listrik yaitu safety valve dan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). Safety valve atau katup pengaman berfungsi untuk mengatur aliran air panas dan air dingin yang mengalir keluar. Sementara itu, ELCB berguna agar tidak terjadi kebocoran arus listrik yang cukup berbahaya. Umumnya, water heater listrik berkualitas dilengkapi dengan ELCB sebagai perangkat keamanannya.

5. Atur Suhu yang Aman pada Termostat

Keamanan water heater juga terletak pada pemakaiannya. Pastikan Anda mengatur suhu yang tidak terlalu panas agar tidak membahayakan kulit. Suhu 38 derajat sudah cukup untuk memberikan sensasi mandi di bawah air hangat yang dapat menenangkan kulit Anda. Tidak hanya itu, pengaturan suhu juga berpengaruh pada konsumsi listrik yang digunakan di rumah.

6. Lakukan Maintenance secara Berkala

Penting sekali melakukan maintenance atau perawatan setahun sekali agar pemanas air bisa tetap bekerja dengan maksimal. Anda bisa menghubungi teknisi profesional supaya proses maintenance tetap lancar.

Baca juga: 8 Warna Keramik Kamar Mandi yang Tidak Mudah Kotor!

Cara Pasang Water Heater Listrik yang Aman

Sudah memahami tips aman dalam memasang water heater listrik di atas? Langsung terapkan saja langkah pemasangannya di bawah ini.

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Pastikan Anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk memasang water heater listrik. Alat tersebut mencakup:

  • Obeng slotted
  • Obeng bunga
  • Seal tape
  • Kunci inggris
  • Bor listrik
  • Meteran ukuran 5 meter
  • Palu kecil
  • Gunting pipa
  • Seperangkat alat shower
  • Keran T ½ 
  • Pipa klem ½ 
  • Mixing faucet atau keran pencampur air panas dan air dingin

2. Ikuti Langkah Pemasangan yang Tepat

Berikutnya, Anda bisa melakukan cara pasang water heater listrik. Langkah ini bisa dilakukan tanpa harus membongkar dinding terlebih dahulu untuk memasang water heater-nya. Bagaimana prosesnya?

  • Pastikan kondisi listrik di rumah dalam keadaan padam agar tidak terjadi bahaya saat memasang water heater.
  • Lubangi tembok dengan bor listrik, kemudian pasang water heater dengan menggunakan paku bor.
  • Letakkan pipa air panas, pipa air dingin, dan safety valve. Usahakan jarak antara kedua pipa ini tidak saling berdekatan, minimum 15 cm.
  • Jangan lupa untuk memasang pipa fleksibel kaku sepanjang 40 cm antara unit water heater dan kedua pipa tersebut.
  • Pasang keran mixing atau pencampur, lalu sambungkan dengan pipa air panas dan dingin yang telah dipasang sebelumnya.
  • Buat stopkontak dan pastikan posisinya berdekatan dengan water heater agar masih bisa dijangkau dengan kabelnya. 
  • Hubungkan water heater dengan sumber listrik, kemudian pastikan alat tersebut sudah bekerja dengan maksimal.
  • Jangan lupa untuk menyalakan ELCB dengan menekan tombolnya sebelum menghidupkan water heater. ELCB pun harus dimatikan terlebih dahulu apabila Anda ingin mencabut steker water heater.

Ternyata pemasangan water heater listrik cukup mudah, bukan? Walaupun begitu, Anda tetap harus memperhatikan tips aman dalam proses pemasangannya. Salah satunya yaitu memilih water heater listrik yang telah dilengkapi ELCB.

Kabar bagusnya, Anda bisa menemukan water heater tersebut dengan mudah hanya di Klopmart. Kami merekomendasikan Ariston Slim 30 Liter yang telah dilengkapi dengan ELCB sehingga water heater lebih aman saat dipasang. Water heater ini juga memiliki desain yang ramping sehingga bisa dipasang di kamar mandi apartemen atau rumah Anda. Termostatnya juga akurat sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila airnya terlalu panas atau dingin.

Tertarik untuk mendapatkan Ariston Slim 30 Liter di kamar mandi Anda? Langsung kunjungi homepage Klopmart yang jual water heater unggulan asal Italia ini. Kami memberikan gratis ongkir untuk pengiriman di wilayah Jabodetabek jadi Anda cukup membayar untuk produknya saja. 

Segera hubungi kami untuk mendapatkan water heater ini dan rasakan sensasi mandi air hangat di rumah hanya dengan Ariston Slim 30 Liter. Setelah mendapatkan produknya, jangan lupa untuk mengaplikasikan cara pasang water heater listrik yang sudah dijelaskan di atas, ya!

Sumber:


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Nov 2022

Related Article