Cara Mengusir Tikus Yang Membandel Dengan Bahan Alami

Keberadaan tikus di rumah dapat menganggu seluruh aktivitas di rumah. Tidak hanya itu, keberadaan tikus juga dapat menjadi ancaman karena tikus dikenal dapat membawa banyak jenis penyakit. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mengusir tikus yang membandel di rumah agar dapat setiap saat membuat rumah Anda aman dari tikus.

Tikus adalah hewan pengerat yang cukup mengganggu, merusak, dan bisa menyebarkan berbagai penyakit berbahaya. Karena tikus biasa hidup di tempat yang kotor seperti atap rumah, gudang, got atau saluran air, sawah, dan tempat sampah. Penting bagi kita untuk membasmi dan mengusir tikus dari rumah kita. Tikus juga memiliki indra pencium yang tajam. Pencium tikus benar benar mendeteksi apa yang ada di sekitarnya.

Mungkin selama ini kita hanya menggunakan perangkap, racun atau lem tikus untuk menangkap tikus di rumah. Ternyata ada cara alami, aman dan ampuh untuk mengusir tikus, yaitu dengan menggunakan tanaman dan buah yang mempunyai aroma yang tidak disukai tikus, antara lain:

Mengusir Tikus di Rumah Dengan Bahan Alami

1. Cabe Rawit

Cara mengusir tikus dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan cabe rawit. Bahan alami satu ini memiliki aroma yang tajam serta rasa peda yang tidak disukai tikus.

Untuk mengusir tikus dengan bahan ini, Anda tinggal menumbuk halus beberapa buah cabe rawit dan mencampurkannya dengan air. Simpan larutan cabe rawit ke dalam botol spray dan semprotka ke tempat yang sering didatangi tikus. Agar lebih aman, pastikan Anda menggunakan sarung tangan untuk mencegah larutan cabe rawit mengenai tangan Anda saat menyemprotkannya.

2. Bawang Putih

Cara mengusir tikus dengan bahan alami berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Serupa dengan cabe rawit, bawang putih juga memiliki aroma dan rasa yang dapat membuat tikus di rumah Anda merasa tidak nyaman.

Untuk mengusir tikus dari rumah menggunakan bahan ini, Anda tingga mengambil beberapa siung bawang putih dan mengirisnya tipis. Bungkus irisan bawang putih tersebut dengan kain dan tempatkan pada tempat yang sering didatangi oleh tikus. Untuk lebih maksimal, Anda bisa menempatkan bungkus irisan bawang putih tersebut dekat dengan lubang tikus.

3. Cengkeh

Bahan dengan aroma yang tidak disukai oleh tikus berikutnya adalah cengkeh. Walaupun bagi manusia aroma cengkeh dapat menenangkan, tikus sangat tidak menyukai aroma dari bahan alami satu ini.

Untuk mengusir tikus dengan cara ini, cukup bungkus beberapa buah cengkeh dengan kain kasa. Gantungkan atau tempatkan bungkus tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

4. Daun Kayu Putih

Bahan dasar dari minyak kayu putih ini juga memiliki aroma yang membuat tikus tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

Untuk menggunakan cara ini, ambil beberapa daun kayu putih dan potong menjadi beberapa bagian. Sebarkan potongan daun tersebut di sudut-sudut yang sering dilalui oleh tikus. Untuk hasil yang lebih maksimal, tempatkan beberapa lembar daun kayu putih di dekat lubang tikus.

5. Daun Mint

Serupa dengan cengkeh, daun mint adalah bahan yang memiliki aroma yang disukai manusia tapi tidak oleh tikus. Salah satu penyebabnya adalah karena aroma mentol yang dimiliki oleh daun mint yang terlalu kuat bagi indra penciuman tikus.

Untuk mengusir tikus dengan bahan alami ini, Anda tinggal mencampurkan daun mint dengan beberapa liter air di dalam sebuah botol semprot. Semprotkan air ke jalur yang sering dilalui tikus.

6. Daun Sirsak

Tanaman sirsak memiliki aroma yang khas mulai dari bunga, daun hingga buah. Untuk mengusir tikus, ambillah beberapa daun sirsak dan potong/sobek menjadi beberapa bagian. Tempatkan potongan daun sirsak tersebut di tempat yang sering disinggahi tikus. Selain itu bisa juga menggunakan daun salam.

7. Buah Durian

Durian memiliki aroma yang tajam ini bisa digunakan untuk mengusir tikus. Pada saat musim durian, jangan buang kulit durian. Simpanlah di ruangan yang sering menjadi jalur tikus selama 2-3 hari.

8. Buah Mengkudu

Buah mengkudu cukup efektif untuk mengusir tikus karena baunya yang cukup menyengat. Pilihlah buah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning dan daging sudah lunak), kemudian potonglah menjadi kecil dan sebarkan di area yang sering dilalui tikus.

9. Buah Bintaro

Salah satu buah yang ditakuti tikus adalah buah bintaro karena buah ini mengandung racun yang dapat membunuh tikus. Potong buah bintaro dan letakkan potongannya di tempat yang sering dilalui tikus. Jauhkan dari jangkauan anak-anak karena buah ini mengandung racun.

10. Tanaman Patah Tulang

Tanaman yang tidak memiliki daun ini, mempunyai nama latin euphorbia tirucalli. Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan tanaman patah tulang, tikel balung (bahasa Jawa) atau pencil tree (bahasa Inggris).

Letakkan tanaman ini di jalur yang dilalui tikus. Getah dari tanaman ini mengandung racun untuk membasmi tikus. Tapi berhati-hatilah terhadap getah tanaman ini karena bisa menyebabkan iritasi.

11. Biji Kopi

Ambillah biji kopi dan tempatkan di area yang sering disinggahi dan dilewati tikus. Jika tidak ada biji kopi, bisa menggunakan bubuk kopi juga. Tikus tidak suka aroma biji kopi yang menyengat.

Itulah cara mengusir tikus di rumah yang membandel. Keberadaan tikus di dalam rumah dapat menganggu aktivitas semua orang. Selain itu, keberadaan tikus juga dapat membawa penyakit yang dapat membuat suasana semakin kacau. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara mengusir tikus di rumah dengan menggunakan bahan alami untuk dapat segera mengusir tikus di rumah secepat mungkin jika dibutuhkan. Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan bola kapas, kantung teh, dan kapur barus. Semoga bermanfaat dan silakan dipilih cara yang paling efektif bagi Anda untuk mengusir tikus dari rumah.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Jun 2018

Related Article