Home & Living

Selain Menggunakan Racun, Ini 5 Cara Mengusir Tikus Dengan Alami

Media
19 Des 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kehadiran tikus di rumah memang cukup merepotkan. Dianggap sebagai hewan yang kotor dan jorok, tikus kerap merusak dan mengotori rumah. Bukan cuma suka memakan makanan yang ada di atas meja, terkadang tikus juga suka menggigit kabel dan pakaian serta beberapa perabotan dapur lainnya. Banyak orang menggunakan racun untuk mengusir tikus dari rumah mereka. Namun, jika Anda merasa bahwa racun masih kurang ampuh untuk mengusir tikus, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini yang mudah didapatkan.

Bubuk kopi

Siapa bilang kopi hanya bisa diseduh sebagai minuman? Anda juga bisa menggunakannya untuk mengusir tikus secara alami. Pencium tikus memiliki indra penciuman yang tajam. Di sisi lain, kopi juga mempunya aroma yang cukup tajam. Nah, aroma kopi yang tajam tersebut tidak disukai oleh tikus. Jadi, ia biasanya akan menghindari area yang tercium aroma kopi.

Oleh sebab itu, coba taburkan bubuk kopi secukupnya di area yang sering dilalui oleh tikus. Dijamin tikus akan enggan untuk menghampiri sudut-sudut tersebut. Namun, untuk hasil optimal, pastikan bubuk kopi tersebut merupakan kopi hitam, ya.

Lada bubuk

Bukan cuma kopi yang memiliki aroma tajam dan dibenci oleh tikus. Hewan pengerat satu ini ternyata juga tidak menyukai aroma dari lada bubuk. Ini karena lada bubuk memiliki kandungan senyawa piperin yang sangat menyengat sehingga membuat tikus merasa terganggu. Jadi, sebagai cara mengusir tikus, Anda bisa meletakkan lada bubuk secukupnya di area-area sekitar rumah yang paling sering didatangi oleh tikus. Tikus pasti akan kabur dalam waktu singkat!

Baking soda

Siapa bilang baking soda hanya bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kue? Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya adalah mencampurkan baking soda dengan makanan yang biasanya diincar oleh tikus.

Saat tikus memakan makanan yang mengandung baking soda, badan tikus akan menggembung. Hal ini bisa terjadi karena tikus tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan dari soda. Tikus akan lari ke ruang terbuka dan lama-lama pun mati karena menahan gas dalam tubuhnya.

Daun mint

Daun mint juga bisa menjadi cara mengusir tikus secara alami yang cukup ampuh. Selain daun mint, Anda juga membutuhkan blender, botol semprotan, dan air secukupnya. Blender daun mint sampai hancur dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian, masukkan ke botol semprotan. Nah, Anda bisa menyemprotkan air daun mint ini ke area rumah yang sering dilalui tikus. Dijamin setelah ini tikus tidak akan mau mendatangi rumah Anda lagi.

Bawang putih

Selama ini, bawang putih menjadi salah satu bahan dapur yang banyak digunakan untuk memasak. Namun, selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai cara mengusir tikus secara alami. Di samping bawang putih, Anda juga membutuhkan kain kasa secukupnya.

Pertama-tama, potong bawang putih menjadi beberapa bagian. Kemudian bungkus potongan bawang putih menggunakan kain kasa. Baru setelah itu letakkan bungkusan bawang putih di sudut-sudut dalam rumah yang sering didatangi tikus. Diamkan selama beberapa hari agar tikus tidak berani datang lagi.

Baca Juga : 7 Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Jangan biarkan tikus mendatangi rumah Anda atau bahkan sampai membuat sarang di dalamnya. Kelima bahan-bahan alami di atas bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Dengan begitu, tikus akan enggan masuk ke rumah Anda. Anda juga bisa menggunakan kapur barus, lem tikus, sarang tikus, kulit durian, kantung teh, buah mengkudu, dan bola kapas. Selain itu, jaga pula kebersihan rumah Anda agar tidak mengundang tikus.

 

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya