Apa Itu Wall Moulding dan Kelebihannya untuk Mendekorasi Rumah

Apa itu wall moulding? Belakangan ini, jenis dekorasi menggunakan wall moulding sedang banyak diminati banyak orang dan digunakan pada rumah hunian mereka. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan sebab selain menarik, wall moulding memberikan banyak keuntungan bagi tampilan interir rumah Anda. 

Berbeda dengan lukisan atau jenis dekorasi lain yang mengharuskan Anda mencocokkan warna dan lukisan atau dekorasi lain yang digunakan, penggunaan wall moulding dapat diterapkan pada segala warna atau jenis desain interior sebab pada dasarnya jenis dekorasi ini hanya memanfaatkan tekstur. Ingin mengetahui lebih lanjut? Simak informasinya di sini. 

Mengenal Apa Itu Wall Moulding?

Wall moulding atau sering disebut juga sebagai panel moulding, adalah elemen dekoratif yang ditempatkan di dinding sebagai pelengkap estetika pada interior rumah dengan menonjolkan bagian dinding tertentu. 

Wall moulding biasanya terbuat dari kayu, gypsum, atau poliuretan, dan berbentuk panel atau pola geometris yang menonjol pada dinding. Panel moulding bisa ditemukan pada kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, dan lainnya.

Wall moulding ditemukan pada era Renaissance dan mulai dipopulerkan pada era Victoria di Inggris. Awalnya, wall moulding dibuat untuk melindungi dinding dari goresan dan retakan, kemudian menjadi elemen dekoratif yang menyempurnakan interior ruangan. Saat ini, wall moulding sering digunakan untuk memberikan kesan mewah dan elegan pada interior rumah.


Terdapat beberapa jenis wall moulding seperti panel moulding, cornice moulding, picture rail moulding, dan baseboard moulding. Secara umum, jenis-jenis wall moulding dibedakan berdasarkan letaknya. Panel moulding terletak di tengah dinding dan biasanya terdiri dari motif geometris atau floral serta digunakan untuk memberi kesan ruangan yang lebih tinggi dan luas.

Sedangkan cornice moulding ditempatkan di atas jendela atau pintu sebagai perbatasan. Picture rail moulding berfungsi sebagai hanger untuk menggantungkan foto atau karya seni. Baseboard moulding berada di bagian bawah dinding sebagai pelindung dari goresan dan benturan.

Baca juga: Berapa Tebal Dinding Rumah yang Ideal?

Kelebihan Wall Moulding untuk Dekorasi Rumah

Wall moulding menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik interior rumah. Selain itu, wall moulding juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mendekorasi ruangan. Simak informasi berikut ini: 

1. Memberi Kesan Elegan dan Alami

Wall moulding memberikan kesan elegan dan alami pada interior rumah. Wall moulding yang terbuat dari kayu memberikan kesan hangat dan natural, sedangkan wall moulding yang terbuat dari poliuretan atau gypsum memberikan kesan mewah dan elegan. Pilihan jenis wall moulding yang sesuai dengan tema interior rumah akan memberikan tampilan yang lebih sempurna.

2. Fleksibel

Wall moulding fleksibel dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Wall moulding bisa dipasang secara vertikal, horizontal, atau diagonal. Selain itu, wall moulding bisa dipasang dengan jarak yang berbeda-beda, sehingga memberikan kesan berbeda pada interior rumah.

3. Bisa Menjadi Solusi untuk Ruangan yang Tidak Rata

Wall moulding bisa menjadi solusi untuk ruangan yang tidak rata. Pemasangan wall moulding pada bagian tertentu pada dinding ternyata dapat menjadi solusi terbaik sebab ruangan yang tidak rata bisa diatasi. Wall moulding juga bisa digunakan untuk menyembunyikan bagian yang kurang indah pada dinding, seperti goresan atau retakan.

4. Mempercantik Tampilan Ruangan

Wall moulding memberikan tampilan yang menarik pada ruangan. Misalnya, wall moulding yang terbuat dari kayu memberikan kesan hangat dan natural, sedangkan wall moulding yang terbuat dari gypsum atau poliuretan memberikan kesan mewah dan elegan. 

Di sisi lain, wall moulding bisa menjadi sentuhan akhir pada interior rumah yang membuatnya terlihat lebih indah dan berkelas. Selain itu, dengan memilih desain dan warna yang tepat, wall moulding bisa menjadi fokus perhatian pada ruangan.

Baca juga: 7 Cara Pasang Keramik Dinding yang Mudah dan Rapi

Cara Memasang Wall Moulding

Wall moulding merupakan salah satu elemen dekoratif yang dapat mempercantik tampilan interior rumah. Meskipun terlihat cukup rumit, namun memasang wall moulding pada dinding bisa dilakukan secara mudah dengan beberapa langkah yang sederhana. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai cara memasang wall moulding pada dinding:

1. Menentukan Desain dan Posisi Wall Moulding

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan desain dan posisi wall moulding. Pastikan untuk memilih desain yang sesuai dengan tema interior rumah Anda, seperti pilihan tampilan rumah terlihat klasik atau modern. Setelah itu, tentukan juga posisi wall moulding pada dinding. Gunakan tali atau penggaris untuk memastikan wall moulding dipasang secara rata.

2. Menyiapkan Peralatan dan Bahan

Setelah menentukan desain dan posisi wall moulding, langkah berikutnya adalah menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan yang dibutuhkan antara lain penggaris, gergaji, palu, paku, dan lem kayu. Sedangkan bahan yang dibutuhkan meliputi wall moulding, cat, dan sealer.

Pembuatan wall moulding harus dilakukan oleh pekerja bangunan profesional. Pasalnya, membuat tekstur yang menonjol pada dinding perlu ketelitian dan keahlian khusus sebab melibatkan ketelitian dan bentuk yang pas agar tampilannya tetap menarik.

3. Memotong Wall Moulding

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan, langkah berikutnya adalah memotong wall moulding. Potong wall moulding sesuai dengan ukuran dan desain yang telah ditentukan. Pastikan untuk memotong dengan presisi agar wall moulding bisa dipasang dengan rapi. Gunakan gergaji atau alat pemotong lainnya untuk memotong.

4. Menempelkan Wall Moulding

Setelah wall moulding dipotong, langkah berikutnya adalah menempelkan wall moulding pada dinding. Oleskan lem kayu pada bagian belakang wall moulding dan tempelkan pada dinding. Pastikan untuk menempelkan wall moulding secara rata dan tidak ada celah antara wall moulding dan dinding. Gunakan palu dan paku untuk memperkuat pemasangan wall moulding pada dinding. Jangan lupa untuk memastikan wall moulding terpasang dengan kuat dan kokoh.


5. Finishing

Setelah wall moulding terpasang dengan rapi, langkah terakhir adalah memberikan finishing pada wall moulding. Gunakan cat dan sealer untuk memberikan finishing pada wall moulding. Jangan lupa juga untuk memastikan warna cat sesuai dengan tema interior rumah Anda dan sealer juga diperlukan untuk melindungi wall moulding dari kerusakan serta memperpanjang umur wall moulding.

Dalam memasang wall moulding, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kesabaran, ketelitian, dan kehati-hatian. Pastikan Anda memotong dan memasang wall moulding dengan presisi agar tampilan interior rumah terlihat sempurna. Selain itu, gunakan alat yang tepat dan pastikan wall moulding terpasang dengan kuat dan kokoh. 

Wall moulding merupakan salah satu elemen dekoratif yang dapat mempercantik tampilan interior rumah dengan memberikan kesan elegan dan alami. Jadi saat melihat kondisi dinding yang sudah mulai retak atau kurang sempurna, Anda bisa memanfaatkan wall moulding untuk membuatnya menjadi lebih apik dan cantik. 

Namun agar tetap menyatu dengan desain interior dan memberikan sentuhan dekoratif pada rumah Anda, pastikan untuk memilih wall moulding yang sesuai dan cocok. Pasalnya, memilih wall moulding secara sembarangan dapat memengaruhi tampilan rumah terutama interiornya. 

Salah satu pilihan jenis wall moulding yang banyak diminati karena memiliki warna yang membuat rumah tampak menawan serta awet adalah gypsum. Ada berbagai kelebihan yang diberikan oleh jenis wall moulding gypsum seperti mudah dipasang, tahan lama, ringan, fleksibel, dan memberikan finishing yang lebih rapi.

Untuk membuat wall moulding gypsum yang baik, Anda bisa mencari toko jual gypsum terdekat yang tepercaya dan selalu memberikan material yang terbaik serta berkualitas. Tak perlu bingung mencarinya, Klopmart sebagai platform belanja online berbagai kebutuhan material bangunan bisa menjadi solusi terdekat dan praktis untuk Anda.

Tak perlu ragu lagi, langsung saja kunjungi Klopmart dan temukan berbagai kebutuhan konstruksi Anda dengan kualitas unggulan dan harga yang terjangkau. Semoga informasi di atas menjawab pertanyaan apa itu wall moulding dan bermanfaat untuk Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membuat Meja Dapur Dengan Cor

Konstruksi

5 Cara Membuat Meja Dapur Dengan Cor

Selengkapnya
9 Rekomendasi Paku dan Baut Berkualitas untuk Proyek Bangunan Anda

Konstruksi

9 Rekomendasi Paku dan Baut Berkualitas untuk Proyek Bangunan Anda

Selengkapnya
6 Cara Membuat Batu Bata Merah yang Tahan Lama

Konstruksi

6 Cara Membuat Batu Bata Merah yang Tahan Lama

Selengkapnya