Berapa Tebal Dinding Rumah yang Ideal?

Membangun rumah tak bisa luput dari perhitungan berapa tebal dinding rumah yang ideal. Dengan mengetahui berapa tebal dinding rumah yang ideal ini, rumah yang dibangun akan kokoh berdiri dalam jangka waktu yang lama. 

Misalnya, bila dinding rumah terlalu tipis, bisa-bisa rumah menjadi lebih panas. Belum tentu juga dinding yang tebal membuat bangunan lebih kokoh. Menghitung berapa tebal dinding rumah yang ideal ini juga harus diperhitungkan material yang digunakan. Beda material, beda pula perhitungan ketebalan dindingnya. Biar tak salah lagi, berikut perhitungan tebal dinding rumah yang ideal!
 

Tebal Dinding Rumah Ideal

Ketebalan dinding rumah tentunya harus ideal. Jangan sampai terlalu tebal, tapi juga tidak terlalu tipis. Simak penjelasan selengkapnya di sini.
 

1. Tebal Dinding Batako Putih

Batako adalah material dinding yang lumayan banyak digunakan dalam membangun rumah. Di pasaran sendiri, ada dua jenis batako yang bisa kita dapatkan, yakni batako tras atau batako putih dan batako semen. Batako tras ini dibuat dari campuran pelapukan batu kapur dan air. Banyak yang berminat menggunakan batako putih karena harganya murah dan pemasangannya juga mudah. Untuk ketebalan dinding batako putih sendiri setidaknya setebal 8 sampai 10 cm.
 

2. Tebal Dinding Batako Semen PC

Selain batako putih, di pasaran menyediakan batako semen PC. Material batakonya terbuat dari campuran semen PC dan pasir yang ditekan kemudian dibentuk balok padat. Ciri khas batako semen PC ini memiliki dua atau tiga lubang di sisinya untuk dijadikan tempat adukan pengikat. Untuk ketebalan dinding batako semen PC berkisar 8 sampai 10 cm. Tebal dinding batako putih maupun batako semen PC ini memang terbilang tipis, namun mudah rapuh dan pecah karena tidak sekokoh bata merah.
 

3. Tebal Dinding Bata Merah

Warna merah bata merah ini rupanya dihasilkan dari bahan utamanya, yakni tanah liat. Bata merah dibuat dari tanah liat yang dibakar dalam suhu yang sangat tinggi sampai mengeras dan berbentuk seperti bata merah yang biasa kita lihat. Banyak orang yang memilih bata merah karena lebih kuat, kedap air juga tahan lama. Ketebalan dinding yang menggunakan bata merah ini bisa setebal 7 sampai 11 cm. 

Ketika dinding mendapat guncangan, dinding bata merah tidak mudah retak. Berbanding terbalik dengan bahan batako yang lebih mudah retak. Sayangnya, ukuran bata merah lebih kecil sehingga pemasangannya lebih lama dan membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan material lainnya.

Baca juga: Perbandingan Biaya Harga Bata Ringan Hebel vs Bata Merah
 

4. Tebal Dinding Bata Ringan

Kini, bata ringan juga sering dipilih untuk bahan material membuat dinding rumah. Pasalnya bata ringan ini memiliki tekstur yang halus dan daya rekat yang baik, sehingga dapat langsung diberi acian sehingga tak perlu diplester. Orang-orang juga banyak memilih dinding bata ringan karena membuat rumah menjadi kedap air dan kedap udara. Ketebalan dinding yang dibangun dengan bata ringan berkisar 8 hingga 10 cm.
 

5. Tebal Dinding Beton Pracetak

Material membangun dinding terakhir adalah beton pracetak. Biasanya material ini digunakan untuk ruko, perumahan, atau pabrik karena pemasangannya yang lebih singkat. Meski begitu, dinding beton ini memiliki lebih tebal dibandingkan dengan dinding dari material lainnya. Tak tanggung-tanggung, ketebalan dinding beton pracetak ini bisa mencapai 15 cm.

Tak hanya mementingkan material untuk membangun dindingnya saja, Anda juga harus memikirkan kualitas semen untuk pekerjaan plesteran pada dinding. Seperti MU-100 Plester Premium yang memiliki hasil lebih kuat dan halus pada dinding ini. Waktu pengerjaannya juga lebih cepat sehingga menghemat biaya. Anda pun tak perlu khawatir akan retak rambut pada dinding akibat penyusutan bila menggunakan MU-100 Plester Premium ini. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan dengan mesin semprot sehingga pengerjaannya lebih praktis dan daya rekatnya lebih optimal. Gunakan MU-100 Plester Premium supaya tebal dinding rumah jadi lebih kokoh!

Baca juga: 4 Jenis Batu Pondasi Rumah yang Termasuk Batu Bangunan

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya