5 Cara Aman Mengusir Ular dari Rumah

Bagi yang rumahnya berada di dekat hutan, rawa, atau sungai, Anda perlu waspada terhadap risiko munculnya ular. Pasalnya, kebanyakan ular berhabitat di daerah-daerah tersebut. Sebetulnya, umumnya ular akan menghindari saat bertemu dengan manusia. Namun, jika tiba-tiba ular masuk ke rumah dan Anda panik, bukan tidak mungkin ular juga akan panik dan justru menyerang balik demi melindungi diri.

Oleh sebab itu, jika ada ular masuk ke rumah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan panik. Baru setelah itu Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara mengusir ular secara aman. 

Jangan mengaburkan garam

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa garam bisa menjadi cara mengusir ular. Itulah kenapa biasanya orang-orang menaburkan garam di rumah mereka untuk menghindari datangnya ular. Nyatanya, hal ini merupakan suatu mitos. Ular tidak merasa takut dengan garam, sehingga Anda tidak perlu menaburkan garam untuk mengusir ular. Menaburkan garam biasanya lebih ampuh untuk mengusir hewan-hewan yang berlendir, seperti lintah atau bekicot.

Buka seluruh pintu dan ventilasi rumah

Saat masuk ke rumah, sebagian besar ular biasanya akan meninggalkan rumah dengan sendirinya. Namun, Anda harus membiarkan saja ular tersebut agar ia bisa menemukan jalan keluar sendiri. Jadi, jika Anda menemui ada ular yang masuk ke rumah, langsung buka seluruh pintu, jendela, dan ventilasi. Cara mengusir ular satu ini relatif aman jika dibandingkan dengan pendekatan langsung.

Apabila Anda melakukan pendekatan langsung dengan cara menjangkau ular, bisa-bisa ular justru merasa terancam dan takut. Nah, saat ular merasa takut, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Ular bisa jadi akan pergi ke sudut rumah untuk bersembunyi atau justru balik menyerang karena menganggap Anda sebagai ancaman.

Tebarkan aroma yang tidak disukai ular

Tahukah Anda bahwa ular tidak menyukai aroma yang wangi? Jadi, jika Anda mendapati ada ular yang masuk ke rumah, Anda bisa menyemprotkan aroma wewangian seperti pewangi ruangan atau parfum, sebagai cara mengusir ular secara aman. Apabila tidak ada, Anda juga bisa menggunakan karbol atau pembersih ruangan lain. Semprotkan ke area atau sudut rumah yang biasanya dilalui ular. Ular pun akan segera pergi dengan sendirinya.

Gunakan benda bergagang panjang untuk mengusir ular

Terkadang ada beberapa ular yang sulit untuk diusir sehingga mau tidak mau membutuhkan pendekatan langsung. Sebagai salah satu cara mengusir ular secara aman, Anda bisa menggunakan benda bergagang panjang di rumah Anda. Contohnya seperti sapu atau tongkat pel.

Arahkan benda bergagang panjang tersebut pada ular. Namun, pastikan untuk tetap menjaga jarak agar Anda tidak digigit ular. Dengan mengarahkan benda tersebut, giring ular untuk keluar rumah.

Imbangi dengan langkah pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, untuk mencegah ular masuk ke rumah, ada sejumlah hal yang perlu Anda lakukan. Salah satu yang paling mudah adalah menjaga kebersihan rumah. Umumnya, ular suka tinggal di tempat yang lembab dan gelap. Karenanya, rajinlah membersihkan rumah dan kurangi barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Terlebih lagi pada musim penghujan.

Baca Juga : Merawat Rumah Selama Musim Hujan

Lalu, tutup semua lubang atau celah yang ada di rumah Anda. Misalnya, jika ada lubang pada loteng rumah atau saluran pembuangan di kamar mandi, tutuplah dengan rapat untuk meminimalisir jalur masuk ular ke rumah Anda. Selain itu, jaga pula agar rumah Anda tetap beraroma wangi.

 

Jadi, jika Anda menemukan ular masuk ke rumah, janganlah panik. Lakukan cara-cara mengusir ular secara aman seperti yang disebutkan di atas. Selain itu, Anda juga perlu melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mencegah ular masuk ke rumah. Stay safe!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article