5 Cara Memilih Sink Cuci Piring yang Tepat

Sink cuci piring merupakan salah satu kelengkapan dapur. Disebut juga bak tempat mencuci piring, sink wajib ada di dapur karena di sini Anda bisa mencuci dan membersihkan peralatan dapur serta bahan-bahan makanan yang akan dimasak. 
Mengingat betapa pentingnya sebuah sink di dapur, pastikan Anda tidak sembarangan dalam memilihnya. Hindari memilih hanya dari tampilan luar karena sink bukanlah pajangan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah pilih sink cuci piring.

Sesuaikan dengan luas dapur

Hal pertama yang bisa dijadikan patokan saat memilih sink adalah ukuran luas dapur. Sesuaikan sink dengan luas dapur agar ruang gerak Anda tidak terhambat nantinya. Umumnya, ada dua jenis sink yang sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, yaitu single sink dan double sink. Single sink memiliki satu buah bak pencuci piring, sedangkan double sink memiliki dua bak pencuci piring.
Nah, jika ukuran dapur Anda tidak terlalu luas, sebaiknya Anda tidak memilih double sink karena akan memakan tempat. Namun, jika ukuran dapur luas, tipe double sink sangatlah layak untuk dipertimbangkan. 

Memilih material yang tepat

Sekarang ini, sink cuci piring terbuat dari berbagai jenis material. Ada sink yang berbahan baku stainless steel, baja, akrilik, solid surface, granit, hingga marmer. Sink dari stainless steel adalah jenis yang paling umum digunakan. Ini karena stainless steel cenderung tahan lama, tahan karat, dan juga mudah dibersihkan. Instalasinya pun relatif lebih mudah karena stainless steel tidak terlalu berat.

Namun, jika Anda ingin sentuhan yang berbeda, bahan marmer bisa dicoba. Marmer yang merupakan batu alam akan memberikan nuansa elegan. Warna cerah marmer pun akan memberikan kesan bersih pada dapur Anda. Pilihan lain yang bisa digunakan adalah sink berbahan solid surface. Secara tampilan, solid surface mirip dengan marmer atau granit. Namun, harganya lebih miring karena memang bahan bakunya lebih mudah didapatkan, yaitu campuran akrilik, resin poliester, dan pigmen warna.

Perhatikan fitur yang ditawarkan

Sink yang ada di pasaran saat ini sudah dilengkapi beberapa fitur tambahan. Salah satu fitur yang umum ditemukan adalah penutup saluran air. Selain itu, ada juga fitur penyaringan. Nah, jangan luput untuk memeriksa fitur-fitur tersebut sebelum memutuskan pilihan Anda.
Pastikan penutup saluran air memiliki ukuran yang sesuai dengan lubang pembuangan air. Ukuran yang tidak sesuai hanya membuat penutup tersebut tidak berfungsi maksimal. Begitu pula dengan saringan, pastikan pori-pori saringan dapat mencegah terjadinya penyumbatan.

Perhitungkan tata letak

Jika Anda sudah menemukan kandidat sink cuci piring yang kiranya sesuai untuk dapur, jangan lupa untuk memperhitungkan tata letak. Bandingkanlah ukuran sink yang sudah Anda pilih dengan ukuran dapur. Kemudian, tentukan mana kira-kira lokasi yang paling sesuai untuk meletakkan sink.
Sink harus berada pada posisi yang strategis dan mudah diakses. Selain itu, sink juga tidak boleh menghambat gerak di dapur. Biasanya, sink diletakkan di sudut dapur dan jauh dari kompor agar tidak terkena cipratan air. Walau begitu, pastikan sink tetap mudah diakses. Usahakan pula agar sink tidak diletakkan di sudut yang lembap dan gelap. Udara yang lembap dan kurang cahaya akan membuat lumut mudah tumbuh. Anda bisa menempatkan sink cuci piring di dekat ventilasi udara atau sumber pencahayaan alami di dapur. Apalagi seringkali lokasi sink biasanya memiliki kran cuci tangan anak, sehingga lokasi yang aman perlu jadi pertimbangan

Menyesuaikan bujet yang dimiliki

Terakhir, sesuaikanlah sink dengan bujet yang Anda miliki. Harga sink sendiri biasanya tergantung pada material penyusunnya. Harga sink yang terbuat dari marmer atau granit umumnya relatif lebih mahal dari sink berbahan dasar stainless steel atau akrilik.
‘Perhatikan juga ketahanan dan perawatannya. Sink yang mudah perawatannya dapat membantu menghemat pengeluaran Anda nantinya. Material stainless steel yang mudah dibersihkan dan tahan karat bisa menjadi opsi tepat.

Semoga tips memilih sink cuci piring di atas dapat membantu Anda. Jangan lupa juga untuk melengkapi sink dapur Anda dengan kran air. KlopMart menyediakan aneka kran air untuk keperluan dapur dari berbagai brand ternama seperti Toto, Onda, Wasser, Sherlock, dan San-Ei. Dapatkan segera kran air dan kelengkapan dapur lain hanya di KlopMart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya