7 Warna Cat Tembok untuk Kamar Bayi yang Menggemaskan

Pemilihan warna cat tembok untuk kamar bayi tentu tidak sama dengan kamar orang dewasa. Terlepas dari aspek warna yang disukai, beberapa warna memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap si bayi. Jadi, warna apa saja yang cocok untuk cat tembok kamar bayi?

Klopmart akan memberikan sederet pilihan warna yang yang bisa Anda gunakan untuk kamar bayi. Pastikan untuk membaca artikel ini hingga akhir agar tidak melewatkan referensi warna yang bisa Anda gunakan!

Warna Cat Tembok untuk Kamar Bayi

Menentukan warna cat tembok untuk kamar bayi pastinya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa warna yang sangat cocok karena alasan tertentu. Berikut adalah warna-warna yang bisa dijadikan referensi warna cat tembok untuk kamar bayi di rumah Anda!

1. Biru Muda

Warna yang pertama adalah warna biru muda. Warna ini sangat cocok untuk warna kamar bayi, walaupun biru muda sering kali menjadi representasi bayi dengan jenis kelamin laki-laki. Biru muda sebagai warna cat tembok untuk kamar bayi dianggap menenangkan dan dapat membantu bayi untuk tertidur lebih nyenyak.

2. Merah Muda atau Pink

Setelah biru muda yang pada umumnya cocok untuk bayi laki-laki, tentu tidak lengkap apabila tidak memasukkan merah muda sebagai opsi warna untuk kamar bayi. Pada umumnya, warna merah muda sangat merepresentasikan bayi perempuan. Warna merah muda atau pink sering dianggap sebagai warna yang feminin dan dapat memberikan kesan yang lembut dan menyenangkan bagi bayi perempuan.

3. Kuning

Warna kuning mungkin tidak sepopuler warna biru muda atau pink untuk kamar tidur bayi, tetapi masih bisa menjadi pilihan yang baik jika dipadukan dengan warna lain. Warna kuning dapat menciptakan suasana yang ceria dan menyenangkan di kamar tidur bayi. Tidak hanya itu, warna kuning dapat membantu menstimulasi pikiran bayi yang masih belajar untuk mengenali dan memahami dunia di sekitarnya.

 Ragam Rumus Campuran Warna Cat Tembok

4. Hijau Muda atau Hijau Sage

Hijau biasanya bukan menjadi pilihan pertama dalam memilih warna cat tembok untuk kamar bayi. Namun, warna seperti hijau muda atau hijau sage tidak bisa diremehkan untuk pilihan warna kamar bayi. Warna hijau muda pada dasarnya memberikan kesan suasana yang tenang dan sejuk untuk dipandang.

Hal ini juga sama pada warna hijau sage yang menjadi tren pada tahun 2022. Hijau sage terlihat unik karena memiliki percampuran dengan sedikit warna abu. Alhasil warnanya tidak sepenuhnya hijau, namun tetap memberi kesan yang sama. Warna hijau sage dapat dikombinasikan dengan warna lain seperti cokelat muda, abu, hingga putih untuk memberikan kesan yang menarik.

5. Cokelat Muda dan Nude Color

Warna selanjutnya adalah cokelat muda. Warna cokelat muda seringkali dianggap sebagai warna yang aman untuk segala macam kepentingan, baik untuk kamar bayi hingga orang dewasa atau desain interior maupun eksterior.

Warna cokelat muda sendiri memiliki beragam variasi warna lainnya yang sering disebut dengan nude color. Nude color adalah palet warna alami yang sesuai dengan kulit manusia. Beberapa opsi warna cokelat lainnya yaitu beige, taupe, dan latte.

Warna nude bisa menjadi pilihan yang baik untuk digunakan di kamar tidur bayi, terutama jika Anda ingin menciptakan suasana yang tenang dan netral. Warna nude juga bisa dipadukan dengan warna lain yang lebih mencolok seperti pink atau biru muda untuk memberikan kesan yang lebih feminin atau maskulin, tergantung pada jenis kelamin bayi Anda.

6. Oranye atau Jingga

Warna oranye, jingga, atau peach terdiri dari warna dasar yang sama yaitu merah dan kuning. Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk kamar bayi pastikan untuk tidak memasang warna yang kuat. Anda bisa menggunakan variasi dari warna-warna ini yang condong ke versi warna pastelnya.

Warna oranye, jingga, hingga peach menjadi pilihan warna yang out of the box tetapi masih memberikan efek baik pada si bayi. Selain itu, warna ini juga masih bisa dikombinasikan dengan warna lain yang masih senada, seperti putih, krem, hingga oranye yang lebih gelap.

7. Lilac

Warna terakhir adalah lilac. Warna lilac adalah sebutan untuk warna ungu yang lembut dan tidak terlalu terang. Warna ini sering dianggap sebagai warna yang feminin dan romantis, dan sering digunakan dalam desain interior. Warna ini juga cocok untuk warna cat tembok kamar bayi. 

Warna ini sama dengan warna hijau sage yang sempat menjadi tren warna pada tahun 2022. Jika dilihat, warna lilac sendiri bisa disejajarkan dengan warna pink atau merah muda sebagai representasi warna feminin. Warna lilac bisa menjadi opsi pengganti yang menarik jika Anda sudah bosan dengan warna pink.

Baca juga: 9 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Tips Memilih Warna Cat Tembok untuk Kamar Bayi

Namun, perlu diingat bahwa ketika memilih warna cat tembok untuk kamar bayi, pilihan warna harus mengedepankan kenyamanan si kecil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar warna tembok kamar bayi tidak gagal.

1. Hindari Finishing Warna Tembok yang Mencolok

Usahakan untuk menghindari hasil warna tembok kamar bayi yang mencolok. Jika warna yang Anda pilih berpotensi untuk mencolok karena terlalu banyak, maka gunakanlah secukupnya, seperti tidak menambahkan layer cat tembok.

Hindari pula memasang warna yang terlalu terang pada beberapa warna seperti kuning atau pink. Kombinasi seperti ini juga akan berakhir pada warna tembok akan sangat mencolok.

2. Kombinasikan Warna Cat Tembok

Hindari kesan monoton dan membosankan pada cat tembok kamar bayi Anda dengan mengombinasikan warna utama dengan warna lain. Anda bisa menggunakan aturan 60% untuk warna utama pilihan Anda, kemudian 30% untuk kombinasi warna lain yang masih senada, dan 10% untuk aksen dan detail untuk warna seperti putih atau abu tua.

Baca juga: Cara mengecat tembok yang benar

3. Memilih Cat Tembok Berkualitas Baik

Demi kepentingan si kecil, Anda pasti tidak mau jika kualitas cat tembok kamarnya ternyata buruk. Kualitas cat tembok yang buruk tentunya akan memengaruhi kesehatan si bayi dan bahkan juga keuangan Anda. 

Untuk menemukan cat tembok dengan kualitas yang baik, Anda bisa mencarinya di Klopmart! Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan cat tembok yang aman untuk bayi dan tentunya harga cat tembok yang terjangkau. Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Mari pilih warna cat tembok untuk kamar bayi Anda dengan Klopmart!

Sumber rujukan: 

  • www.popmama.com/baby/0-6-months/adella-fitri-nuraisyah/warna-cat-yang-cocok-untuk-kamar-bayi-perempuan?page=all
  • www.dulux.co.id/id/inspirasi-warna/ide-kamar-bayi-yang-menenangkan-untuk-membantu-bayi-anda-tidur
  • alacasa.id/article/read/1/2021/4171/7-ide-warna-cat-dinding-kamar-bayi-agar-bayi-nyaman

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article