Cat dan Kimia

Catat! 9 Warna Cat Kamar Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Media
01 Nov 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan? Artinya, Anda harus teliti dalam memilih dan menentukan warna cat untuk tempat beristirahat di rumah. Bisa jadi Anda tidak bisa tidur lebih awal atau tidur nyenyak karena salah memilih warna cat pada dinding kamar tidur.

Anda pasti menginginkan kamar tidur sebagai tempat beristirahat yang menenangkan. Tubuh ikut rileks ketika melihat suasana kamar tidur yang teduh sehingga Anda tidak akan kesulitan saat ingin beristirahat. Waktu istirahat yang baik akan berdampak besar pada kesehatan tubuh Anda.

Rasa tenang muncul bukan karena melihat kamar tidur yang tidak berantakan, tetapi warna cat yang mendominasi dindingnya. Itulah pentingnya memilih warna cat yang tepat untuk kamar tidur karena bisa berpengaruh pada kesehatan Anda. Langsung lihat saja penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan dan Baik untuk Kesehatan

Selama ini, Anda pasti memilih warna cat pada dinding kamar tidur karena alasan estetika. Namun, bagaimana jika warna tersebut justru membuat Anda atau anggota keluarga lainnya tidak bisa tidur dengan nyenyak?

Faktanya, warna dan dekorasi kamar tidur Anda juga memengaruhi kuantitas dan kualitas tidur pada malam hari. Warna pastel yang lembut ternyata membuat kualitas tidur makin bertambah daripada warna terang nan mencolok. Pasalnya, warna-warna bold justru memberikan efek yang bisa membuat Anda masih susah tidur.

Lantas, warna apa saja yang harus diterapkan dalam kamar tidur Anda? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Biru

kamar tidur dengan cat biru

Sumber: Pinterest

Warna biru sangat direkomendasikan untuk dinding kamar tidur. Biru melambangkan air yang selalu memberikan efek menenangkan pada otak.

Warna ini juga memberikan kesan sejuk dan dingin sehingga Anda akan lebih nyaman saat ingin beristirahat. Untuk efek yang lebih maksimal, pilihlah nuansa biru muda.

2. Hijau

Sama seperti biru, hijau juga mampu memberikan kesan sejuk pada kamar tidur Anda. Warna ini identik dengan alam atau tanaman hijau sehingga bagus untuk kesehatan mata. Warna hijau daun yang agak gelap lebih direkomendasikan karena mampu menghadirkan suasana lebih nyaman dan tenteram.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Anak Perempuan yang Lucu

3. Kuning

Warna kuning juga bagus untuk kesehatan Anda karena berkaitan dengan perasaan senang dan bersemangat. Ketika bangun tidur di pagi hari, Anda akan lebih bersemangat, mood mulai meningkat, stress berkurang, dan tubuh pun terasa segar. Hindari warna kuning mencolok karena nuansa tersebut justru akan membuat Anda makin susah tidur.

4. Putih

Kamar tidur Anda masih menggunakan warna putih? Artinya, kualitas tidur Anda sudah cukup baik. Warna putih identik dengan ketenangan sehingga Anda akan merasa nyaman ketika beristirahat di kasur. Anda tinggal memadukannya dengan warna biru langit atau hijau daun supaya kesannya tidak monoton. Paduan warna tersebut juga akan membuat Anda tidur lebih lelap di malam hari.

5. Abu-abu Muda

Warna netral ini juga menghadirkan kesejukan sehingga ideal untuk diaplikasikan pada kamar tidur. Ruangan minimalis kekinian juga menggunakan warna abu-abu di beberapa bagiannya sehingga terlihat lebih modern. Selain itu, abu-abu muda bisa dipadukan dengan warna lain yang mampu memberikan kehangatan pada kamar tidur Anda.

6. Oranye

Mungkin Anda heran mengapa oranye termasuk warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan? Warna ini ternyata bisa memberikan sugesti pada otak bahwa kamar tidur akan terlihat lebih menyegarkan. Tubuh Anda pun bisa merasa rileks ketika tidur di kamar ini. Bagi Anda yang sedang WFH dan memiliki area kerja di kamar tidur, oranye juga cocok untuk diterapkan karena memberikan semangat.

7. Cokelat

Satu lagi warna yang mampu memberikan kesan hangat adalah cokelat. Namun, hindari cokelat tua karena warna ini bisa membuat Anda tidak ingin bangun dari tempat tidur pada pagi harinya. Sebaliknya, Anda bisa memilih warna cokelat muda yang mampu memberikan rasa tenang sebelum tidur.

8. Krem

Krem atau beige sejatinya merupakan warna putih yang lebih hangat. Sama seperti putih, beige juga memberikan rasa tenang dan kesederhanaan pada kamar tidur. Pikiran Anda pun langsung tenang dan ingin terlelap ketika melihat dinding warna krem.

9. Merah Muda Pastel

Sumber: pngtree

Bagi Anda yang punya anak perempuan, jangan khawatir. Merah muda pastel juga masih ideal sebagai warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan.

Warna ini memancarkan kelembutan sehingga mereka akan tidur lebih nyenyak dan bermimpi indah. Anda pun bisa menambahkan warna ini pada selimut atau furnitur lainnya supaya makin rileks saat ingin beristirahat.

Baca juga: Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit Remaja Sederhana

10. Lavender

Warna lavender atau ungu muda bisa memberikan nuansa menenangkan dan relaksasi. Hal ini sering dikaitkan dengan efek menenangkan pada pikiran dan membantu tidur yang lebih nyenyak.

11. Mint

Mint atau hijau muda dapat memberikan kesan segar dan menenangkan, cocok untuk menciptakan atmosfer yang damai di kamar tidur.

12. Peach

Warna peach atau oranye muda juga dapat memberikan suasana hangat namun lebih lembut, memberikan rasa kenyamanan dan ketenangan.

13. Beige Muda

Seperti krem, beige muda memberikan suasana yang hangat, lembut, dan menenangkan. Warna ini menciptakan kamar tidur yang nyaman serta membantu merilekskan tubuh.

14. Biru Lavender

Gabungan biru dengan sentuhan lavender memberikan efek menenangkan serta membantu tidur yang lebih nyaman. Kombinasi ini memberikan kesan yang sejuk namun lembut, membantu menciptakan suasana yang tenang dan damai di kamar tidur.

15. Abu-abu Lavender

Sumber: Warung Kebab via Facebook

Kombinasi abu-abu dengan sentuhan ungu lembut memberikan suasana yang menenangkan, modern, dan elegan. Warna ini memberikan latar belakang yang tenang serta membantu menciptakan kamar tidur yang nyaman dan rileks.

16. Kuning Muda

Nuansa kuning yang lebih muda memberikan kesan ceria, cerah, dan menyenangkan. Warna ini memberikan mood yang baik di pagi hari namun tidak terlalu mencolok, cocok untuk kamar tidur yang ingin memberikan kesan yang cerah namun menenangkan.

17. Mint Tua

Mint tua, dengan nuansa hijau muda yang agak gelap, memberikan kesan segar, menenangkan, dan damai. Warna ini memberikan suasana yang sejuk namun tetap memberikan ketenangan dan kenyamanan di kamar tidur.

18. Peach Muda

Versi yang lebih muda dari warna peach, memberikan kesan hangat dan ceria namun tetap lembut. Nuansa ini membantu memberikan suasana yang hangat dan menyenangkan di kamar tidur.

19. Lavender Abu-abu

Gabungan antara lavender dan abu-abu menciptakan suasana yang menenangkan serta memberikan nuansa modern di kamar tidur. Kombinasi ini menawarkan ketenangan yang elegan dan rileks.

Baca juga: Tidur Lebih Berkualitas, Inilah 9 Cara Mengatur Pencahayaan Kamar Tidur Anda

20. Turquoise


Warna biru kehijauan ini memberikan suasana yang menenangkan, sejuk, dan damai. Warna ini membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dan membantu rileksasi dalam tidur di kamar tidur.

Warna Cat yang Tidak Disarankan untuk Kamar Tidur

Sebagai tambahan informasi, Klopmart akan memberikan warna yang tidak direkomendasikan untuk kamar tidur, yaitu merah, hitam, atau ungu. Anda bisa mengganti tiga warna tersebut dengan nuansa (shades) yang lebih lembut untuk menghasilkan kesan yang menenangkan pada kamar tidur.

Sekarang, cobalah melihat kamar tidur Anda atau anggota keluarga lainnya di rumah, apakah sudah memiliki warna cat yang telah disebutkan di atas. Jika belum, Anda cukup mengganti warna dindingnya. Pasti ada salah satu warna favorit Anda atau anggota keluarga lainnya dari daftar di atas.

Mengecat dinding bisa dilakukan pada saat waktu luang, seperti setelah bekerja atau akhir pekan. Tidak perlu pergi ke toko bangunan karena Anda bisa mendapatkan cat tembok dengan lebih praktis secara online di Klopmart. Anda bisa menemukan cat tembok dari berbagai merek yang kredibel, seperti Dulux Catylac Interior yang terdiri dari berbagai warna menarik dan pastinya termasuk dalam daftar warna kamar tidur di atas. Cat ini juga memiliki fitur low odor, jadi tidak mengeluarkan bau sehingga aman untuk kamar si buah hati. 

Tertarik mendapatkan produknya? Hubungi Klopmart untuk mengetahui daftar harga cat tembok yang dijual dan melakukan pemesanan. Jangan lupa untuk memilih warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan dan pastinya sesuai dengan preferensi Anda serta anggota keluarga di rumah.

Sumber rujukan:

  • https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/12/184500476/8-warna-cat-kamar-tidur-yang-baik-untuk-kesehatan

  • https://casper.com/blog/best-bedroom-colors-for-sleep/ 

  • https://www.healthline.com/health/best-bedroom-colors-for-sleep#best-color-for-sleep

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya