Download Klopmart App

Pusat Bantuan

TIPS MERAWAT VENEER KAYU

Pada kesempatan sebelumnya kita sempat membahas tentang MATERIAL: VENEER KAYU. Dengan veneer kayu, finishing furniture akan terlihat dan terasa natural walaupun tidak menggunakan kayu utuh sebagai bahan bakunya.

Keunggulan Veneer Kayu:

  • Dibandingkan kayu solid dengan jenis yang sama, yang rentan melengkung atau retak, veneer kayu yang terbuat dari lapisan tipis yang direkatkan cenderung lebih stabil kekuatannya. Untuk beberapa bentuk perabot kayu, lebih memungkinkan untuk menggunakan veneer kayu sebagai pelapis luarnya, karena tingkat kerentanannya untuk melengkung dan retak lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan kayu solid.
  • Harga perabot yang menggunakan veneer relatif jauh lebih murah dibandingkan menggunakan material kayu solid.
  • Tampilannya menyerupai kayu mahal sungguhan sehingga memberi nilai tambah pada perabot kayu tersebut.
  • Karena menggunakan material kayu lebih sedikit, maka dari sudut pandang pelestarian lingkungan, maka penggunaan veneer kayu dinilai lebih baik daripada penggunaan kayu solid.

 

Kelemahan Veneer Kayu:

  • Walaupun lebih stabil dibandingkan kayu solid, veneer kayu juga memerlukan perawatan seperti halnya kayu solid.
  • Tidak tahan kelembapan sehingga tidak cocok digunakan di area yang lembab pada rumah Anda. Perlu dilapisi vernis dan dibersihkan secara teratur untuk menghindari tumbuhnya jamur. Baca juga MEMBERSIHKAN JAMUR DARI PERABOT KAYU.
  • Tidak tahan rayap sehingga perlu diberikan lapisan khusus yang tahan rayap.

 

Dari keunggulan dan kelemahannya kita dapat melihat bahwa untuk merawat permukaan veneer kayu sama dengan cara merawat permukaan perabot yang dibuat dari kayu utuh.

Cara merawat permukaan Veneer Kayu:

  1. Pembersihan secara rutin. Untuk membersihkan permukaan veneer kayu, gunakan kain bersih yang halus dan tidak berserat lepas. Jika menggunakan kain yang berserat lepas, maka serat-serat kain ini akan mudah terlepas dan tersangkut pada permukaan veneer kayu. Serat yang tersangkut ini selain mengurangi keindahan tampilan, dapat juga menjadi tempat tumpukan debu tersangkut. Lama kelamaan permukaan veneer kayu akan terlepas dari permukaan perabot kita! Gunakan kain lap yang kering saat membersihkan debu dan gunakan lap yang sedikit dibasahi oleh air sabun ringan yang encer. Pastikan untuk mengeringkannya dengan lap kain halus lain yang kering. Usapkan lap searah serat veneer kayu. Jika arahnya melintang dengan arah serat kayu, lapisan veneer kayu akan cepat terkelupas khususnya pada bagian sambungannya.
  2. Untuk membersihkan noda, cukup gunakan sedikit larutan air sabun encer. Dan keringkan sempurna dengan lap kain halus yang kering. Jangan biarkan dalam keadaan lembab karena akan mengurangi daya rekat lem veneer kayu.

 

  1. Hindari memposisikan perabot dengan lapisan veneer kayu dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak veneer kayu jika perabot tersebut terpapar sinar matahari langsung terus menerus. Lem yang digunakan untuk menempelkan veneer ke permukaan perabot akan kehilangan daya rekatnya.

 

  1. Gunakan desk pad jika perabot dengan veneer kayu digunakan sebagai meja tulis, Jika menulis di atas selembar kertas langsung pada permukaan veneer kayu, apalagi dalam waktu panjang, tekanan bolpen atau pensil akan dapat merusak kehalusan permukaan veneer kayu. Ingat, veneer kayu adalah lembaran tipis kayu yang ditempel pada permukaan perabot dengan bantuan lem! Kekuatan bahan ini lebih rendah dibandingkan bahan kayu solid. Desk pad atau alas tulis dapat membantu mencegah kerusakan permukaan veneer kayu.

 

  1. Untuk meja kerja dengan computer di atasnya, gunakan alas keyboard dan mouse pad untuk mencegah tergores dan terkelupasnya permukaan veneer kayu. Tanpa kita sadari, keyboard saat digunakan akan tergeser-geser di atas permukaan veneer sehingga dapat merusakkannya. Mouse juga dapat merusak permukaan veneer kayu jika digunakan terus menerus. Gesekan bagian bawah mouse dengan permukaan veneer dapat merusakkannya.

 

  1. Gunakan lembaran kaca untuk melindungi permukaan perabot, khususnya meja. Lembaran kaca dapat menjadi alternatif dalam melindungi permukaan veneer kayu. Pastikan melengkapi dengan bumper silikon khususnya pada area pertemuan ujung pojok kaca dengan permukaan veneer kayu. Bumper silikon akan melindungi permukaan veneer kayu dari gesekan dengan ujung kaca tadi. Gesekan yang terjadi akibat perabot digunakan dan juga karena bobot kaca itu sendiri akan dapat merusak permukaan veneer kayu.

 

  1. Seperti pada permukaan perabot kayu, selalu gunakan alas gelas saat meletakkan gelas minum di atasnya. Gelas minum dapat menjadi sumber tumpahan air atau minuman pada permukaan veneer kayu. Tumpahan air atau tumpahan minuman dapat membuat noda pada permukaan veneer kayu.

 

Agak repot memang, tapi jika dilakukan dengan penuh kesadaran, hal-hal ini akan menjaga keawetan dan usia pakai perabot dengan lapisan veneer kayu.


Cek harga klik disini

Related Article