Berapa Tinggi Tiang Net Bulu Tangkis?

Pernahkah terlintas di pikiran Anda mengenai tinggi tiang net bulu tangkis? Permainan olahraga bulu tangkis di Indonesia sangat populer dan menjadi salah satu kebanggaan bagi Indonesia. Tidak hanya dimainkan oleh atlet, olahraga ini sering dimainkan di sekolah bahkan di depan rumah kita. Oleh karena itu sangat wajar apabila banyak yang tidak mengetahui berapa tinggi dari tiang net pada permainan bulu tangkis. 

 

Namun sebelum menjawabnya, ada baiknya jika kita mengulang pembahasan mengenai bulu tangkis secara singkat. Olahraga bulu tangkis sudah ada bahkan sebelum negara ini merdeka, yakni pada tahun 1930. Bulu tangkis merupakan olahraga yang dapat dimainkan oleh 2 orang (biasa disebut single) atau 4 orang (biasa disebut double). 

 

Aturan dari permainan ini juga sangat mudah dimengerti. Singkatnya untuk mendapatkan poin, seseorang perlu menjatuhkan kok yang mereka pukul pada wilayah lawan dengan melewati net dan dengan status “in” (kok masuk dalam garis lapangan). Jika kok terjatuh di luar garis lapangan, maka poin tidak akan terhitung atau “out”. Untuk membawa kok melewati net, tidak semudah kelihatannya. Diperlukan skil dan latihan untuk memukul kok dengan benar serta ketinggian dari tiang net perlu diperhitungkan. Tinggi tiang net bulutangkis tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah, semua harus pas. Penjelasan di bawah ini akan memberitahu Anda mengenai teknis-teknis di lapangan yang perlu diperhatikan. 

Berapa Ukuran Luas Lapangan Badminton?

Dalam permainan bulu tangkis, luas lapangan yang dibuat perlu diperhitungkan dan tidak dapat dibuat sembarangan (kecuali lapangan tersebut dibuat hanya untuk penggunaan pribadi). Menurut standar internasional, panjang lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter, sedangkan lebarnya adalah 6,10 meter. Ukuran lapangan ini juga digunakan di Indonesia tanpa adanya perubahan. 

 

Hal ini dilakukan supaya atlet-atlet yang akan dikirim bertanding (baik di dalam negeri atau pun di luar negeri) sudah terbiasa dengan luas lapangan yang diakui oleh dunia internasional. Selain itu tidak ada perbedaan ukuran lapangan saat dimainkan dengan 2 orang (single) atau 4 orang (double). Jika Anda ingin membuat lapangan bulu tangkis, maka ukuran-ukuran tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat lapangan pribadi Anda. Selain itu percantik lapangan pribadi Anda dengan lapisan cat hijau dan putih seperti aslinya, agar lapangan bulutangkis Anda terlihat seperti lapangan yang asli.

Berapa Ukuran Tinggi Tiang Net dan Net Badminton?

Ukuran tinggi net dan luas net yang digunakan di Indonesia juga masih mengikuti standar yang diterapkan dunia internasional. Tinggi tiang net tersebut adalah 1,55 meter. Panjang net yang digunakan adalah  0,75 meter, sedangkan lebar net adalah 6,10 meter mengikuti lebar lapangan bulutangkis. 

 

Selanjutnya ukuran anyaman per lubang di net sebesar 0,05 meter. Pembuatan net hingga lubang anyaman net tentu harus diperhatikan. Jika lubang anyaman terlalu besar, maka kok dapat tersangkut di dalamnya. Tiang net dan net sendiri digunakan untuk membatasi wilayah yang dimiliki oleh 2 pihak. Dalam penempatan net, Anda harus memperhatikan bahwa penempatannya berada pas di tengah lapangan, supaya kedua pihak memiliki luas wilayah yang sama. 

 

Begitulah kira-kira sekilas mengenai teknis lapangan permainan bulu tangkis. Dari luas ukuran lapangan hingga tiang net dan netnya. Jangan lupa untuk mempercantiknya dengan cat hijau untuk keseluruhan lapangan dan cat putih untuk garis-garis lapangan. Anda dapat menemukan cat ini di KlopMart. Anda dapat melakukan survei cat lapangan dari merek hingga harganya pada website, termasuk harga cat lapangan propan. Semoga penjelasan mengenai lapangan dan tinggi tiang net bulu tangkis dapat membantu Anda yang sedang membuat lapangan bulu tangkis pribadi Anda. 

 

Baca Juga: Berapakah Ukura Tiang Bendera yang Sesuai Aturan


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
28 Des 2021

Related Article