Konstruksi

Pier Head: Pengertian, Fungsi dan Penyebab Ambruknya

Media
10 Mei 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Konstruksi bangunan perlu memerhatikan beberapa aspek penting untuk memastikan kualitas kokoh dan daya tahan lama. Salah satu yang biasanya menjadi kunci kekuatan struktur bangunan adalah penggunaan pier head atau kepala pilar. Komponen ini memiliki peran besar dalam penyebaran beban agar bangunan dapat berdiri kokoh untuk waktu yang lama. Yuk kenali lebih lanjut mengenai pengertian dan fungsi pier head serta penyebab ambruk yang perlu dihindari.

Apa Itu Pier Head?

Dalam struktur konstruksi bangunan, biasanya terdapat beberapa jenis pier atau pilar yang digunakan. Pier head ini merupakan kepala pilar yang berguna sebagai penyangga. Tugas dari kepala pilar adalah untuk menerima seluruh beban yang diberikan pada bangunan atas, kemudian menyalurkannya ke pondasi.


Pier head sendiri biasanya dibuat dalam beberapa tahapan. Yang pertama adalah pembuatan bekisting atau cetakan sementara yang berguna untuk menahan beton selama proses penuangan dan pembentukan. Kemudian dilanjutkan dengan pembesian, ini merupakan tahapan yang sangat penting karena memengaruhi kualitas daya tahan bangunan kedepannya. Terakhir, Anda dapat mulai proses pengecoran atau penuangan beton segar ke dalam cetakan yang telah dipasangi besi tulangan.


Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan pier head ini adalah proses pengecoran yang harus dilakukan dalam dua tahap. Anda perlu mengecor bagian bawah pier dan juga bagian atasnya. Ini merupakan salah satu langkah antisipatif untuk membuat pier head yang kuat dalam menyangga struktur bangunan tetap kuat dan kokoh.



Fungsi Pier Head

Dianggap krusial untuk proyek konstruksi, apa sih fungsi dari pier head ini? Fungsional dapat dikatakan menjadi alasan kuat mengapa Anda memerlukan pier head dalam proses pembangunan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari pier head yang perlu Anda ketahui.

1. Menahan Beban

Fungsi pertama dari kepala pier adalah menahan beban vertikal yang biasanya ditumpukan di atasnya. Beberapa diantaranya adalah beban struktur bangunan dan juga beban gerak dari kendaraan yang melewati jembatan. Dengan bantuan kepala pilar ini, konstruksi bangunan dapat menjadi lebih kokoh.

2. Menstabilkan Struktur

Selanjutnya, pier head juga berfungsi untuk memperkuat dan menstabilkan struktur bangunan. Ini memungkinan konsruksi lebih kuat dan mampu menahan gaya lateral yang biasanya timbul akibat tekanan angin, air ataupun gempa bumi.

3. Menyeimbangkan Beban

Kemudian, kepala pilar juga berfungsi untuk menyeimbangkan beban yang biasanya tidak bisa terdistribusi secara rata. Fungsi yang satu ini sangat penting apabila digunakan untuk struktur jembatan agar kendaraan dapat terkonsentrasi pada satu sisi jembatan.

4. Menjaga Keseimbangan Hidrolik

Apakah Anda pernah mengetahui konstruksi proyek di dermaga? Hidrolik menjadi hal yang penting untuk diperhatikan agar mampu menstabilkan kedalaman air serta mencegah abrasi atau erosi. Nah, pier head ini mampu berfungsi untuk mencegah abrasi atau erosi.

5. Memudahkan Perbaikan dan Pemeliharaan

Berbagai bangunan maupun infrastruktur selalu membutuhkan perbaikan dan pemeliharaan kedepannya. Penggunaan kepala pilar dapat memudahkan Anda untuk melakukan penggantian elemen struktural yang rusak, pemeliharaan sistem listrik dan lain sebagainya.

6. Menambah Estetika

Selain alasan fungsional, kepala pilar juga sangat membantu Anda untuk menambah estetika. Saat ini, banyak lokasi wisata maupun tempat-tempat di perkotaan yang memanfaatkan pier head untuk tampilan lebih indah.


Baca juga: Daftar Massa Jenis Beton Material Bangunan

Penyebab Umum Ambruknya Pier Head di Proyek Konstruksi

Memiliki peran penting dalam konstruksi bangunan, pier head sering kali menjadi masalah yang dampaknya fatal. Apabila tidak dipasang secara benar atau menggunakan bahan yang kurang berkualitas, maka pier head bisa saja ambruk. Untuk menghindari hal tersebut, yuk ketahui penyebab umum ambruknya pier head di proyek konstruksi.

1. Tidak Kuat Menahan Beban saat Pengecoran

Salah satu masalah yang paling sering menjadi penyebab amburknya pier head di proyek konstruksi adalah daya tahan saat diberi beban. Apalagi ketika proses pengecoran, pier head yang memiliki daya tahan tidak begitu baik bisa saja langsung ambruk ketika diberi beban. Hal ini pernah terjadi pada saat proyek pembangunan Bogor Outer Ring Road pada tahun 2019 lalu.



2. Jumlah Baut Penguat Besi Penyangga Tidak Sesuai Aturan

Penyebab ambruknya pier head yang kedua adalah pemasangan baut kurang sesuai. Pada tahun 2018 lalu, kejadian ini terjadi di proyek pembangunan jalan tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu). Jumlah baut yang harusnya antara 8-12, tetapi yang terpasang hanya 4 saja dan menyebabkan pier head ambruk.


Baca juga: Memahami Rumus Menghitung Torsi Baut


Itulah tadi informasi mengenai pengertian pier head, fungsi dan penyebab ambruk yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam konstruksi bangunan, pastikan selalu menggunakan bahan berkualitas dan tenaga ahli berpengalaman. Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi profesional sebelum mulai mengerjakan konstruksi bangunan.


Butuh material berkualitas untuk konstruksi bangunan? Tenang, Klopmart merupakan tempat terbaik yang menjual kebutuhan konstruksi berkualitas dengan harga bersaing. Ingin tahu informasi lebih lanjut? Yuk hubungi Klopmart sekarang juga.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya