PERKAKAS KITA: JENIS-JENIS TANG

Table Of Contents

    Tang adalah salah satu jenis perkakas umum yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Nama ‘tang’ berasal dari Bahasa Belanda ‘tang’ yang berasal dari kata ‘tongs’ yaitu nama sebutan semacam alat capit panjang yang digunakan untuk memegang benda-benda yang panas.

    Tang adalah perkakas atau alat bantu yang kita pakai untuk memegang benda kerja tanpa adanya kontak langsung dengan tangan kita. Tang merupakan alat bantu/pesawat sederhana yang termasuk dalam kategori tuas (pengungkit) jenis pertama, yaitu tuas (pengungkit) dengan titik tumpu berada diantara titik beban dan titik kuasa.

    Prinsip kerjanya adalah menggabungkan dua tuas pada titik tumpunya (lebih dekat ke kepala tang), menghasilkan sepasang rahang pendek dan sepasang gagang yang lebih panjang. Hal ini agar tenaga tangan kita untuk mengoperasikan tang menjadi lebih kecil dibandingkan energi yang dihasilkan. Tangan kita menjadi tidak terlalu cepat letih.

     

    Ada banyak jenis tang yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan spesialisasi pekerjaannya. Mari kita bahas jenis-jenis tang yang umum ditemui. Baca juga: PERKAKAS KITA - TANG BUAYA.

     

    tang-buaya

    Media

    Klopmart

    KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Inspirasi Lainnya

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Lampu & Listrik

    Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Sumur Resapan

    Selengkapnya
    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Tips & Trik

    6 Cara Membuat Biopori Sederhana

    Selengkapnya