Saniter

Wajib Tahu, 9 Paramater Kualitas Air Bersih

Media
13 Jun 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Air bersih menjadi kebutuhan dasar manusia yang sangat penting. Kualitas air yang digunakan harus memenuhi standar yang ditetapkan agar aman bagi kesehatan manusia. Untuk itu, perlu adanya pemantauan terhadap kualitas air bersih dengan menggunakan parameter tertentu. Terdapat beberapa parameter kualitas air bersih yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Apa saja itu? Mari simak selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu Parameter Kualitas Air Bersih?



Parameter kualitas air bersih adalah kriteria-kriteria yang digunakan untuk mengukur tingkat kualitas air. Parameter ini menjadi acuan untuk menentukan apakah air tersebut aman untuk dikonsumsi atau tidak. 

Parameter ini bisa berbeda-beda tergantung pada sumber air yang digunakan dan juga penggunaannya. Parameter kualitas air bersih umumnya terdiri dari beberapa aspek, seperti fisik, kimia, dan biologi. Pengukuran parameter kualitas air bersih dilakukan dengan menggunakan berbagai metode analisis yang sesuai dengan parameter yang ingin diukur.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Hemat Air Bersih? Ini Jawabannya!

9 Parameter Kualitas Air Bersih



Air bersih merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus terpenuhi untuk menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup. Namun, tidak semua air yang tersedia dapat dikonsumsi dengan aman. Kualitas air bersih dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti sumber air, pengolahan, dan penggunaannya. Untuk itu, diperlukan pemahaman yang baik mengenai parameter kualitas air bersih yang akan dijelaskan di bawah ini. 

1. Kecerahan

Kecerahan air menjadi parameter penting dalam ekosistem perairan, terutama dalam proses fotosintetis. Kecerahan yang tinggi menunjukkan kemampuan cahaya matahari untuk menembus kedalaman air yang jauh. Kecerahan diukur sebagai persentase cahaya yang diteruskan ke dalam air. Jika Anda mengetahui kecerahan air, maka Anda dapat mengetahui kondisi lapisan-lapisan air yang masih mampu mengalami proses asimilasi.

2. Warna

Warna air dapat menjadi indikator adanya zat organik atau bahan kimia dalam air, sehingga menjadi parameter penting dalam menentukan kualitas air. Warna air yang berubah menjadi cokelat atau kekuningan bisa menandakan adanya kandungan zat besi dan mangan yang tinggi. Warna air yang jernih atau tidak memiliki warna menunjukkan bahwa air tersebut sehat dan berkualitas baik. Jadi, pastikan air yang Anda konsumsi tidak memiliki warna alias jernih.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

3. Suhu

Suhu air berperan penting dalam kajian ekosistem perairan dan memengaruhi kehidupan organisme di dalamnya. Suhu air yang terlalu panas dapat menyebabkan kematian mikroorganisme yang diperlukan dalam proses penguraian bahan organik. Suhu air yang optimal berkisar antara 20-30 derajat Celsius. Pemantauan suhu air pada akhirnya perlu dilakukan untuk memastikan kondisi air yang sesuai bagi kehidupan organisme tersebut.

4. Bau dan Rasa

Bau dan rasa air bisa menjadi salah satu indikasi kualitas air yang perlu diperhatikan. Air yang memiliki bau dan rasa tidak sedap mungkin mengandung zat kimia atau bahan organik yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Air yang sehat seharusnya tidak memiliki bau atau rasa yang tidak sedap. Untuk itu, pemantauan terhadap bau dan rasa air perlu dilakukan secara teratur untuk memastikan air yang dikonsumsi aman bagi kesehatan.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Besi pada Air Sumur Bor

5. Alkalinitas

Alkalinitas merujuk pada kemampuan air untuk menetralkan asam tanpa mengurangi tingkat keasaman (pH) air. Alkalinitas berfungsi sebagai penyangga terhadap pengaruh asam. Secara umum, alkalinitas terdiri dari anion bikarbonat (HCO3-), hidroksida (OH-), karbonat (CO32-) dan beberapa ion kecil lainnya. 

Bagi petani tambak ikan atau udang, alkalinitas sangat penting untuk menstabilkan fluktuasi tingkat keasaman air pada pagi dan siang hari serta memastikan keberlangsungan kesuburan alami perairan.

6. Tingkat Keasaman

Tingkat keasaman air atau pH sangat penting untuk menentukan kualitas air. Jika air yang terlalu asam atau terlalu basa, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan manusia dan hewan. pH yang ideal untuk air bersih adalah antara 6,5-8,5. Pemantauan pH air perlu dilakukan secara teratur untuk memastikan bahwa air yang dikonsumsi aman bagi manusia dan hewan.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

7. Oksigen Terlarut

Oksigen terlarut dalam air memiliki peran penting untuk mempertahankan kelangsungan hidup organisme di dalam air. Jumlah oksigen yang rendah dapat menyebabkan kematian organisme di dalamnya. Kadar oksigen terlarut yang baik dalam air berkisar antara 5-6 mg/L. Pastikan kadar oksigen terlarut ini tidak kurang atau lebih, karena bisa berpengaruh pada keberlangsungan organisme yang berada dalam air. 

8. Salinitas

Salinitas air adalah kadar garam dalam air. Salinitas yang terlalu tinggi dapat mengurangi kualitas air dan dapat memengaruhi rasa dan bau air. Salinitas air yang ideal untuk air bersih adalah antara 0-500 ppm (parts per million). Salinitas dalam air dapat diukur dengan cara menghitung jumlah klorin yang terdapat dalam suatu sampel air (klorinitas). Salinitas dapat dinyatakan dalam satuan gram per liter, atau permil.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Air Sumur Bor Kuning dan Berminyak

9. Keberadaan Mikroorganisme

Mikroorganisme seperti bakteri dan virus dapat menjadi petunjuk terjadinya pencemaran air. Mikroorganisme tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan apabila air digunakan sebagai sumber air minum atau untuk kegiatan sehari-hari. Jika Anda ingin menggunakan air ini untuk kebutuhan sehari-hari, penting untuk melakukan pemantauan pada keberadaan mikroorganisme ini agar tidak terjadi kendala kesehatan di kemudian hari. 

Parameter kualitas air bersih ini sangat penting dipantau untuk menjamin air yang dikonsumsi aman bagi kesehatan manusia dan hewan. Setelah Anda memastikan air yang digunakan terbukti bersih dan bisa dikonsumsi, selanjutnya Anda bisa menampung air tersebut di rumah menggunakan tangki air.

Klopmart menyediakan tangki air yang terbuat dari stainles steel dengan kombinasi kromium 18% dan nikel 8%. Kandungan anti karat pada tangki ini juga cukup tinggi, sehingga akan lebih awet dan tahan lama. 

Tangki ini dirancang dengan menampilkan gaya hidup yang eksklusif serta sebagai tempat penyimpanan air dalam skala rumah tangga yang aman, bersih, dan higienis. Harga tangki air ini cukup terjangkau, Anda bisa mengeceknya secara langsung di Klopmart. Kalau begitu, kunjungi Klopmart sekarang juga dan penuhi kebutuhan rumah tangga Anda dengan aman.

Sumber rujukan:

  • https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hidrologi/parameter-kualitas-air 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/parameter-kualitas-air-82046 

Inspirasi Lainnya

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Konstruksi

5 Cara Melapisi Triplek Dengan Resin yang Benar, Jangan Keliru!

Selengkapnya
6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Konstruksi

6 Perbedaan Triplek dan Multiplek, Jangan Sampai Salah Pilih!

Selengkapnya
8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya