Mengapa Kita Harus Hemat Air Bersih

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup. Saat ini, kita sudah mudah mengakses persediaan air bersih, seperti melalui PAM, air galon, ataupun air sumur, tetapi hal itu bukan berarti Anda bisa seenaknya menggunakan seluruh air tersebut.

Jika ditanya, “Mengapa kita harus menghemat air bersih” apa jawaban Anda? Setiap orang pasti memiliki pendapat berbeda-beda. Namun jika digabungkan, inilah beberapa alasan kuat agar Anda memahami mengapa harus menghemat air bersih.

Pentingnya Air Bersih Untuk Kebutuhan Hidup

Pentingnya Air Bersih Untuk Kebutuhan Hidup

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama untuk bertahan hidup. Selain untuk minum dan memasak, ada banyak aktivitas sehari-hari yang membutuhkan air tawar bersih, seperti mandi, membersihkan tangan dan kaki, menyiram tanaman, buang air, dan sebagainya.

Tanpa adanya air bersih, kesehatan manusia pun akan terganggu. Kekurangan air dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti dehidrasi, kolera, disenteri, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita tidak boleh meremehkan keberadaan air bersih dalam hidup kita.

5 Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air Bersih

Alasan Mengapa Kita Harus Menghemat Air Bersih

Ada banyak alasan mengapa kita harus menggunakan air dengan bijak, tetapi di bawah ini adalah beberapa alasan paling penting untuk berhemat air.

1. Pasokan Air Tawar Terbatas

Alasan pertama mengapa kita harus menghemat air bersih adalah terbatasnya jumlah air tawar yang dapat kita gunakan. Ya, lebih dari 70% permukaan bumi ditutupi oleh air. Secara logika dasar, maka sangat banyak air di bumi ini. Tapi bukan berarti semuanya dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi air bersih. Tetap saja ada berbagai kriteria sehingga air tersebut bisa diolah.

Ternyata, hanya ada sisa sekitar 3 persen air tawar di dunia. Itupun tidak semuanya layak untuk dikonsumsi atau digunakan oleh manusia. Bahkan, dari total 3% air tawar yang ada di Bumi ini, sebagian besar masih berbentuk es yang berada di puncak gunung dan berupa air resapan yang tidak dapat dijangkau karena berada terlalu dalam di bawah tanah.

2. Manusia Butuh Cadangan Air Bersih

Ketika Anda sering menggunakan air bersih secara berlebihan, akhirnya apa yang terjadi? Tentu saja jawabannya adalah cadangan air semakin menipis. Oleh karena itu, Anda harus menyadari bahwa dengan tidak banyaknya ketersediaan air bersih di bumi, maka harus hemat setiap harinya. 

Tenang saja, Anda tetap bisa menggunakan air bersih setiap hari sesuai kebutuhan asalkan mengerti bagaimana caranya. Jangan terlalu sering membuang air dari keran, hindari membuka keran terlalu besar, hingga ketahui kecukupan penggunaan. Dengan memahami seluruh hal itu, maka Anda bisa ikut ambil bagian dalam komitmen untuk mendapatkan cadangkan air yang layak bagi masa mendatang.

Salah satu cara untuk memiliki cadangan air bersih adalah dengan tidak memakai air yang kita miliki secara berlebihan atau penggunaan air yang secukupnya. Untuk itu sebaiknya kita memiliki tempat untuk menyimpan cadangan air yang belum terpakai. Informasi mengenai harga tangki air penguin 5000 liter mungkin dapat menjadi refrensi untuk anda dalam memilih tempat penampungan cadangan air bersih.

3. Menjaga Keseimbangan Jumlah Air di Dunia

Jumlah air di bumi memang sangat banyak, tapi bukan berarti air bersih yang tersedia juga sama banyaknya. Dengan menghemat air, maka Anda dapat menjaga keseimbangan jumlah air. Antara kebutuhan sekaligus produksi bisa tetap seimbang seiring berjalannya waktu. Jika tidak, maka ada banyak masyarakat kekurangan air bersih karena ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang sering memanfaatkannya secara sembarangan.

Cara paling dasar untuk menjaga keseimbangan jumlah air dengan memastikan bahwa tempat penyimpanan air yang Anda miliki tidak mengalami kebocoran, agar air tidak terbuang sia-sia. Jika terjadi kebocoran, Anda dapat menggunakan am waterproofing untuk melapisi serta melindungi bangunan dari kebocoran.

Lebih baik Anda mulai meyakinkan diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar dalam menghemat air bersih agar mampu menjaga keseimbangan jumlah air.

4. Menjaga Keseimbangan Ekosistem Air

Ekosistem air tidak hanya berguna untuk manusia saja, tetapi juga makhluk hidup lainnya, seperti hewan serta tumbuhan. Ketiga jenis makhluk hidup ini memang sama-sama membutuhkan air. Namun dengan sifat tidak menghemat air, maka ada makhluk hidup lain yang tidak mendapatkan asupan air bersih secara baik.

Anda pastinya tidak mau menjadi salah satu aktor yang membuat keseimbangan ekosistem air, bukan? Itulah mengapa kita harus menghemat air bersih sejak dini. Jika tidak, semakin banyak makhluk hidup yang kekurangan air. Apalagi kalau sudah menyangkut kehidupan tumbuhan dan hewan yang sayangnya sering dilupakan. Bahkan masih cukup banyak masyarakat yang belum mendapatkan air bersih secara layak. Jangan memikirkan diri sendiri dalam penggunaan air bersih. Dengan hemat air bersih, Anda sudah membantu makhluk hidup lainnya juga.

5. Menghemat Biaya Pengeluaran Air

Tentu saja alasan terakhir mengapa harus menghemat air bersih adalah mengurangi biaya pengeluaran. Siapa yang ingin lebih hemat sekaligus mengurangi pengeluaran biaya air bersih? Tidak semuanya ingin hemat karena merasa yang penting asupan air bersih sehari-hari terpenuhi. Bahkan akhirnya menjadi boros. Padahal itu bukan keputusan yang tepat. Namun, jangan sampai gaya hidup ini dipertahankan. Anda bisa lebih menghemat biaya pengeluaran air bersih jika juga menyadari bahwa ada makhluk hidup di luar sana yang membutuhkannya juga. 

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai pentingnya air bersih untuk kebutuhan hidup. Untuk mendapatkan air bersih yang layak, Anda jangan sampai salah memilih produk keran di rumah. Klopmart memiliki berbagai rekomendasi keran yang mampu membuat Anda mendapatkan asupan air bersih yang cukup setiap harinya. Dengan informasi mengapa kita harus menghemat air bersih, cek informasi jual keran Onda A 810 CA/T di Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article