6 Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet

Bagaimana cara menggunakan soda api untuk WC mampet dengan benar? Pasalnya ada banyak kasus WC menjadi rusak atau meleleh ketika menggunakan soda api. 

Apakah soda api benar-benar boleh digunakan untuk melancarkan WC yang mampet? Semua pertanyaan tersebut akan dibahas di artikel KlopMart ini. Pastikan Anda membaca seluruh informasinya sampai akhir. 

Bolehkah WC Diberi Soda Api?

Pertanyaan boleh atau tidaknya menggunakan soda api sangat banyak dilontarkan masyarakat. Pertanyaan tersebut muncul karena ada banyak kasus pipa meleleh akibat menggunakan soda api. Informasi ini tentu membuat masyarakat khawatir untuk menggunakan soda api. 

Padahal ada banyak pihak yang menganjurkan penggunaan soda api untuk WC mampet. Sebenarnya penggunaan soda api untuk WC termasuk diperbolehkan. Kandungan natrium hidroksida dalam soda api memang dapat membersihkan noda membandel. 

Namun yang menjadi masalah ialah ketika Anda sering menggunakan soda api untuk membersihkan WC. Penggunaan soda api untuk melancarkan saluran air yang mampet sudah benar. Tetapi jika Anda menggunakannya sebagai sabun pembersih maka ini adalah hal yang keliru. 

Anda tidak boleh menjadikan soda api sebagai bahan pembersih utama layaknya sabun karena pipa WC akan terus terkikis. Jadi pastikan bahwa penggunaan soda api hanya dalam keadaan mendesak seperti saat WC mampet dan bukan pemakaian sehari-hari.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Api bagi Rumah Tangga dan Industri

Cara Menggunakan Soda Api untuk WC Mampet dengan Baik dan Benar

Penggunaan soda api memang bisa melancarkan WC yang mampet. Namun Anda harus sangat berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan sampai WC menjadi lancar tetapi Anda justru mengalami kesakitan yang luar biasa. 

Perlu Anda ketahui bahwa cairan soda api yang mengenai tubuh dapat menimbulkan rasa sakit yang parah. Rasanya bahkan seperti terbakar oleh api. Jangankan terkena cairan, reaksi kimia soda api yang terhirup bisa membuat Anda sakit. 

Reaksi kimia tersebut bahkan mampu merusak saluran pernapasan Anda. Itu sebabnya Anda tidak boleh bermain-main ketika akan menggunakan soda api. Berikut beberapa cara menggunakan soda api yang baik dan benar agar Anda terhindar dari bahaya. 

1. Gunakan Alat-Alat Pelindung Diri

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan ialah mengenakan alat pelindung diri. Anda harus memakai kacamata (kacamata laboratorium jika ada), sarung tangan karet, masker, baju, dan celana panjang, serta sepatu tertutup. 

Pastikan Anda menggunakan semuanya untuk melindungi diri dari cairan soda api yang berbahaya. Ingat bahwa sedikit saja cairan yang mengenai tubuh akan mengakibatkan rasa sakit luar biasa.

​Baca juga: 5 Fungsi Soda Api untuk Saluran Air Tersumbat

2. Tuangkan Soda Api ke WC

Bentuk soda api apa yang tepat untuk digunakan? Anda bisa menggunakan jenis apa saja. Bisa yang cair atau bubuk. Jika semua peralatan pelindung diri sudah digunakan maka langsung saja ambil soda api dan tuangkan ke WC. 

Tidak ada standar jumlah soda api yang harus dituangkan. Anda bisa menuangkan sedikit demi sedikit untuk melihat reaksi kimia yang terjadi. Jika dirasa sudah cukup maka Anda bisa berhenti menuang soda api. 

3. Diamkan Selama Beberapa Menit

Setelah reaksi kimia terjadi, Anda hanya perlu menunggu soda api melakukan “keajaibannya”. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. 

4. Siram Kembali dengan Air

Setelah lewat 10 menit, Anda bisa langsung menyiram WC dengan air yang banyak. Terus siram beberapa kali untuk mendorong kotoran keluar dari saluran pipa. Saat air yang Anda siram masuk dengan mudah maka saluran WC sudah kembali lancar dan tidak mampet. 

WC masih mampet? Anda bisa kembali menuang soda api dengan takaran yang lebih banyak dari sebelumnya ke dalam WC. Tunggu selama 15 menit sampai 20 menit. Setelah itu siram WC dengan air yang banyak.

Baca juga: Daftar Harga Closet Duduk Siram Terbaru

5. Bersihkan Area WC 

Lancarnya saluran WC tidak berarti bahwa tugas Anda telah selesai. Ini waktunya untuk membersihkan area WC dan kamar mandi dari “jejak-jejak” soda api. 

Pembersihan area WC dan sekitarnya perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi soda api yang bisa membahayakan Anda serta seluruh anggota keluarga. 

Tindakan ini menjadi langkah pencegahan dari bahaya yang ditimbulkan oleh soda api. Tentu Anda tidak mau kulit terbakar ketika duduk di WC, bukan? Itu sebabnya Anda harus memastikan semuanya bersih dari soda api.

6. Simpan Soda Api di Tempat yang Aman

Jangan lupa juga membersihkan area lainnya yang terkena soda api. Intinya, pastikan bahwa tidak ada soda api yang berserakan di dalam rumah. 

Segera simpan soda api di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Anda bisa menyimpannya di tempat tertutup seperti mini box atau mini container.

Kesimpulan

Itu dia cara menggunakan soda api untuk WC mampet yang baik dan benar. Ini saatnya Anda untuk melakukan apa yang baru saja dipelajari. Pastikan Anda mengikuti semua caranya baik-baik supaya tidak terjadi hal yang berbahaya. 

Namun apabila pipa WC telanjur rusak atau meleleh karena soda api, Anda harus langsung menggantinya dengan yang baru. Buka situs web KlopMart untuk menemukan pipa yang Anda butuhkan. 

Semua informasi seperti panjang, diameter, merek, tipe, dan harga pipa air sudah tertera di dalam website kami. Jika bingung memilih pipa air yang tepat, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan menghubungi tim KlopMart. 

Jadi tunggu apalagi? Dapatkan pipa air terbaik dan semua bahan material kebutuhan Anda di KlopMart! Nikmati juga berbagai diskon dan promo menarik yang tersedia di website KlopMart. Semoga informasi cara menggunakan soda api untuk WC mampet ini bermanfaat bagi Anda. 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
30 Jun 2022

Related Article