5 Tips Membuat Studio Foto Mini di Rumah

Saat ini, foto menjadi lebih dari sekadar media untuk menyimpan kenangan dan momen penting. Berbagai kebutuhan seperti marketing juga memerlukan foto sebagai sarananya. Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan pemotretan, membuat studio foto mini di rumah sebaiknya mulai Anda pertimbangkan.

Apa Keuntungan Membuat Studio Foto Rumahan?

Bagi Anda yang tertarik dengan studio foto, berikut ini beberapa keuntungan membuat studio foto rumahan yang perlu Anda ketahui.

  • Pertama, Anda tidak perlu repot menyewa studio ketika membutuhkannya.
  • Kedua, Anda bisa menggunakannya kapan saja dan membuat konsep yang sesuai dengan keperluan.

Jenis-Jenis Studio Foto

Untuk membuat studio foto yang ideal, hal yang pertama kali harus Anda lakukan adalah menentukan jenis studionya. Berdasarkan tujuannya, ada dua jenis studio foto yang umum digunakan.

1. Studio Foto Produk

Jenis studio foto yang pertama adalah studio foto produk. Sesuai namanya, studio ini akan digunakan untuk memotret aneka produk. Untuk membuatnya pun Anda bisa memanfaatkan ruang yang ada di rumah.

2. Studio Foto Model

Jenis foto selanjutnya adalah studio foto model. Bereda dengan studio foto produk, studio ini difungsikan sebagai tempat pemotretan model. Untuk membuatnya Anda perlu menyediakan ruangan khusus.

Selain demi keleluasaan proses pengambilan gambar, ruangan ini juga diperlukan sebagai tempat penyimpanan peralatan Anda.

Lantas, bagaimana langkah membuat studio foto mini tersebut?

Cara Membuat Studio Foto Mini untuk Keperluan Foto Produk

Cara Membuat Studio Mini untuk Keperluan Produk

Berikut ini cara membuat studio foto di rumah untuk keperluan foto produk:

1. Siapkan Peralatan dan Bahan

Untuk membuat studio mini sebagai tempat pengambilan foto produk, Anda memerlukan beberapa peralatan dan bahan berikut ini:

  • Kamera
  • Cutter atau Gunting,
  • Lem,
  • Lampu meja,
  • Kardus (sesuaikan ukurannya dengan produk yang akan difoto),
  • Kertas HVS atau selembar kain putih dan
  • Kertas karton.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

2. Melubangi Kardus

Setelah menyiapkan alat dan bahan, selanjutnya Anda dapat melubangi area depan dan belakang kotak. Tujuannya lubuang tersebut adalah sebagai tempat pengambilan foto.

3. Tutup Lubang dengan HVS

Di sisi kanan dan kirinya, tutup dengan menggunakan kertas HVS atau kain. Usahakan kertas atau kainnya tidak terlalu tebal agar bisa menjadi sumber ambient light yang menciptakan kesan lembut pada foto Anda.

4. Maksimalkan Pencahayaan dengan Lampu Meja

Untuk sumber pencahayaan, Anda bisa memanfaatkan lampu meja. Tapi apabila ada bujet lebih, tak ada salahnya membeli lampu lighting yang dikhususkan untuk pemotretan produk.

Setelah selesai, studio mini bisa langsung digunakan.

Cara Membuat Studio Mini untuk Memotret Model

Cara Membuat Studio Mini untuk Memotret Model

Berikut ini cara membuat studio foto untuk memotrel model:

1. Menyiapkan Ruangan Khusus

Jika objek fotografi Anda adalah manusia atau benda-benda lain yang ukurannya besar, Anda memerlukan ruangan khusus untuk bisa melakukannya. Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan ruangan khusus.

2. Membuat Background dari Tirai

Setelah ruangan tersedia, saatnya mencari kain atau tirai baik yang berwarna atau yang polos sebagai latar belakang atau background. Kalau ingin lebih hemat biaya, Anda bisa menggunakan kain sprei yang ada di rumah.

Hal terpenting ketika Anda membuat latar belakang adalah memastikan bagian bawahnya melengkung. Ini akan membuat pantulan cahaya pada lembaran background menjadi lebih lembut sehingga hasil foto modelnya bisa kelihatan lebih bagus.

3. Menambahkan Properti

Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan beragam properti mulai dari pakaian, kotak kayu hingga beragam furnitur. Anda bisa memilih sendiri gaya furniturnya baik natural, modern maupun klasik sesuai kebutuhan.

4. Maksimalkan Pencahayaan

Selanjutnya jangan lupa siapkan pencahayaan. Meski lampu meja bisa dimanfaatkan, namun menggunakan lampu profesional tentu akan menghasilkan foto yang lebih bagus. Agar pencahayaannya semakin maksimal, Anda juga memerlukan reflektor.

Fungsi utama dari penggunaan reflektor adalah untuk memantulkan cahaya ke arah yang diinginkan agar cahaya semakin maksimal.

5. Gunakan Kain dan Kertas juga Boleh

Kalau tidak ada bujet untuk membeli reflektor ala fotografer profesional, gunakan saja kain atau kertas putih untuk menghilangkan bayangan yang tak Anda inginkan. Selanjutnya, serahkan pada proses editing untuk menyempurnakannya.

Kesimpulan

Menciptakan studio foto sendiri tidaklah sulit. Asal Anda bisa menyesuaikan bujet dengan kebutuhan, semuanya bisa diwujudkan. Jangan lupa untuk mencari toko terpercaya tempat membeli berbagai perlengkapan studio Anda, seperti gunting dan lem aibon. Salah satu tempat terbaik yang bisa Anda temukan di internet adalah Klopmart. Klopmart siap membantu menyediakan beragam produk untuk Anda mewujudkan studio foto impian di rumah sendiri.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya