MANFAAT GARAM INGGRIS (EPSOM SALT)

Garam Inggris, disebut demikian karena memang berasal dari Inggris, tepatnya dari kota Epsom. Kota ini berjarak 15 mil dari pusat kota London. Di kota Epsom inilah, terdapat sebuah mata air yang terasa pahit asin. Mereka mendapatkan endapan garam mineral ini saat air yang diambil dari mata air tersebut dimasak hingga habis menguap.

Istilah nama garam Epsom dan khasiatnya sebagai ‘garam pahit pencahar’ ditulis dalam sebuah buku oleh seorang ahli kimia Inggris bernama Nehemia Grew. Ia mendapatkan hak paten dari Kerajaan Inggris untuk membuat garam Epsom secara eksklusif, hingga garam ini mudah didapatkan di konter obat dengan harga murah tanpa harus repot-repot pergi ke mata air tersebut.

Garam Inggris memiliki nama kimia magnesium sulfat (MgSO4) tetapi walaupun namanya ‘garam’ dan tampilannya pun serupa dengan garam, ternyata garam Inggris berbeda sekali dengan garam yang kita gunakan untuk makanan atau yang kita sebut sebagai ‘garam meja’. Garam Inggris rasanya pahit getir, tidak seperti rasa asin yang umumnya dimiliki oleh garam meja. Dari segi ilmu kimia, garam meja memiliki nama sodium klorida (NaCl) karena memang mengandung unsur Natrium dan Klorin. Mengutip Wikipedia: istilah kimia ‘garam’ adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu ‘garam’.

 

Garam Inggris diyakini sebagian orang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, khususnya sebagai pengobatan alternatif, antara lain:

Sumber Unsur Magnesium.

Garam Inggris diyakini oleh sebagian orang sebagai sumber unsur magnesium bagi kesehatan tubuh kita. Magnesium, seperti yang kita tahu, adalah unsur keempat terbanyak yang terkandung di dalam tubuh manusia. Yang pertama adalah unsur kalsium. Walaupun diyakini bahwa magnesium dapat menyerap lewat kulit kita, hal ini belum dibuktikan secara ilmiah dan secara ilmu kedokteran secara resmi.

 

Meningkatkan Kualitas Tidur dan Mengurangi Stress.

Kadar magnesium yang cukup sangat penting untuk pengaturan tidur dan stres, kemungkinan disebabkan karena  magnesium membantu otak Anda menghasilkan zat neurotransmiter yang menginduksi tidur dan mengurangi stres. Selain itu Magnesium juga dapat membantu tubuh Anda menghasilkan melatonin, hormon yang mendorong tubuh kita untuk tidur. Kadar magnesium yang rendah dapat mempengaruhi kualitas tidur dan stres secara negatif. Beberapa orang mengklaim bahwa mandi garam Epsom dapat menyelesaikan masalah ini dengan membiarkan tubuh Anda menyerap magnesium melalui kulit. Efek menenangkan ini sepertinya  lebih mungkin disebabkan oleh efek relaksasi dari mandi dengan berendam di dalam air panas daripada disebabkan karena magnesium yang meresap ke dalam tubuh melalui kulit kita.

 

Membantu Mengatasi Sembelit

Garam Inggris sudah sejak lama dikenal sebagai obat pencahar untuk mengatasi masalah sembelit. Sembelit adalah suatu keadaan tubuh kita saat mengalami kesulitan untuk buang air besar. Magnesium membuat air terserap masuk ke dalam usus besar sehingga mendorong terjadinya proses buang air besar dengan cepat. Umumnya magnesium diminum dalam bentuk magnesium sitrat atau magnesium hidroksida untuk mengatasi sembelit tadi. Orang dewasa, biasanya dianjurkan oleh dokter atau tenaga medis lainnya, untuk menggunakan 2-6 sendok teh (10-30 gram) garam Epsom sekaligus, dilarutkan dalam setidaknya 237 ml air dan segera dikonsumsi. Efek pencahar dapat terjadi dalam rentang waktu antara 30 menit hingga 6 jam berikutnya. Garam Epsom ini hanyalah obat pencahar yang sebaiknya dikonsumsi sesekali saja saat terjadi sembelit dan bukan untuk dikonsumsi secara rutin dalam waktu panjang. Jika Garam Epsom dikonsumsi dalam waktu panjang, maka kita akan mengalami efek samping yang tidak menyenangkan seperti perut kembung dan mencret.

 

Mengatasi Nyeri Otot

Beberapa orang mengklaim bahwa Garam Inggris ini mampu mengatasi nyeri otot apalagi setelah berolah-raga. Berendam dalam larutan garam Inggris dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri otot dengan cepat, khususnya bagi para olahragawan. Seperti yang dibahas di poin kedua di atas, efek menenangkan ini sepertinya  lebih mungkin disebabkan oleh efek relaksasi dari mandi dengan berendam di dalam air panas daripada disebabkan karena magnesium yang meresap ke dalam tubuh melalui kulit kita.

 

Mengurangi Rasa Sakit & Pembengkakan

Klaim umum lainnya adalah garam Epsom membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.Banyak orang melaporkan bahwa mandi garam Epsom mampu mengurangi gejala fibromyalgia dan arthritis. Sekali lagi, magnesium dianggap bertanggung jawab atas efek ini, karena banyak pebderita fibromyalgia dan arthritis kekurangan akan mineral ini.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
11 Mei 2020

Related Article