Solder: Kegunaan, Jenis, dan Bagian-Bagiannya yang Perlu Dipahami

Ada beberapa kegunaan solder yang bisa kita temui. Namun sebelum membahas hal itu, mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai solder itu sendiri.

Pengertian Solder

Solder adalah alat yang digunakan untuk merakit atau membongkar komponen elektronik yang biasanya disematkan pada papan PCB (Printed Circuit Board). Keterampilan dalam menggunakan alat solder sering disebut sebagai teknik menyolder.

Untuk bisa menyolder dengan benar memang tidak mudah. Dibutuhkan waktu latihan yang lama untuk mendapatkan hasil penyolderan yang sempurna. Dalam pekerjaan menyolder, bahan yang sering digunakan untuk mempermudah pekerjaan adalah kawat timah dan flux.

Cara kerja solder yaitu dengan menghasilkan panas yang digunakan untuk melelehkan timbal untuk proses penyambungan rangkaian atau komponen pada peralatan elektronik.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Solder Listrik?

Jika sudah mengetahui apa itu solder, selanjutnya mari kita pelajari kegunaan solder yang biasa ditemui sehari-hari.


Apa Kegunaan Solder?

Ada berbagai macam kegunaan solder, tergantung dari jenis solder yang digunakan. Namun, penggunaan solder biasanya berkaitan dengan konversi energi listrik menjadi energi panas.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan solder yang sering kita jumpai:

1. Memasang Komponen Elektronik

Solder berguna untuk memanaskan kawat timah dalam pemasangan komponen elektronika. Pemasangan komponen elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) membutuhkan besi solder dan timah solder untuk terpasang dengan aman.

2. Melepaskan Komponen Elektronik

Selain untuk memasang komponen, solder juga digunakan untuk melepas komponen elektronik yang sudah terpasang pada papan PCB. Pencopotan komponen ini biasanya dilakukan jika komponen tersebut mengalami kerusakan, sehingga komponen yang rusak tersebut dapat diganti dengan komponen yang baru.

Baca juga: 7 Penyebab Korsleting Listrik dan Cara Mencegahnya

Bagian-Bagian Solder

Adapun bagian atau komponen-komponen solder yang perlu Anda pahami adalah sebagai berikut:

1. Timah dan Flux

Timah solder merupakan bahan tambahan yang akan meleleh jika terkena suhu panas dari ujung solder. Sedangkan flux pasta solder adalah bahan yang mencegah timbulnya kerak saat menyolder. Kerak yang timbul saat menyolder akan mencegah timah menempel pada komponen atau PCB.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

2. Mata Solder

Mata solder juga sering disebut sebagai batang besi solder berfungsi mengalirkan panas yang berasal dari elemen pemanas.

Bagian ini memiliki sifat penghantar panas yang baik (konduktor). Hal tersebut bertujuan agar panas yang dihasilkan elemen pemanas dapat teralirkan dengan lancar ke ujung mata solder.

Nah, jika panas dapat teralirkan dengan lancar, maka akan memudahkan Anda dalam menyolder.

3. Elemen Pemanas

Dalam prosesnya, solder listrik mengubah energi listrik menjadi energi panas (kalor). Bagian penting dari perlengkapan solder inilah yang merupakan bagian yang berperan penting menjadi penentu tinggi atau rendahnya temperatur.

4. Gagang Solder

Bagaian solder ini biasanya berbentuk pistol. Bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menyolder.

Terbuat dari bahan yang tahan panas, sehingga menjadi salah satu bagian terpenting dari solder untuk menjaga keselamatan Anda dalam bekerja.

Jenis-Jenis Solder

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kegunaan dari solder biasanya bergantung pada jenis solder yang kita gunakan. Berikut adalah jenis-jenis solder yang paling umum:

1. Solder Biasa

Solder biasa merupakan jenis solder yang paling banyak dijumpai di pasaran karena harganya yang terjangkau dan mudah digunakan. Kegunaan dari solder jenis ini sangat sederhana yaitu untuk keperluan menyambung komponen yang memiliki ukuran besar atau memasangnya pada PCB (Print Circuit Board). Jadi, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam teknik menyolder menggunakan solder biasa.

Meski namanya solder biasa, ada beberapa solder jenis ini yang kualitasnya lebih baik dari solder lain yang dijual dengan harga lebih mahal. Jadi, semakin terkenal dan mahal harga produk soldernya, semakin baik kualitas, keandalan dalam penggunaan, dan juga daya tahan soldernya.

2. Solder dengan Kontrol Suhu

Jenis solder selanjutnya adalah solder dengan kontrol suhu memiliki karakteristik yang unik, yaitu mampu untuk mengontrol suhu secara independen dari solder.

Kelebihan dari solder ini adalah suhunya stabil dan konstan meskipun dinyalakan dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian, solder jenis ini tidak mudah rusak dan lebih stabil saat digunakan.

Adapun beberapa informasi teknis yang biasanya terdapat pada solder jenis ini, antara lain:

  • Kisaran Suhu: 200 ~ 480 °C
  • Stabilitas Suhu: ± 1 °C (tanpa beban)
  • Tipto Ground Resistance: < 2Ω
  • Tipto Ground Potential: < 2mV

Baca juga: Manfaat Air Keras Untuk Solder dan Cara Menggunakannya

3. Solder Uap/Hot Air/Blower

Solder jenis ini merupakan solder dengan harga yang relatif mahal karena memiliki cara kerja yang berbeda dimana proses pemakaiannya membutuhkan udara. Untuk menggunakan solder jenis ini, Anda harus memperhatikan dan mengetahui dua pengaturan yang digunakan.


Pengaturan pertama yang harus diketahui adalah kekuatan panas yang dihasilkan dari besi solder. Sedangkan pengaturan kedua adalah tekanan udara yang akan dikeluarkan. Kedua regulator ini bekerja secara linier satu sama lain. Semakin tinggi suhu udara yang akan dihembuskan, semakin kuat tekanan udara saat dinaikkan.

Beberapa kelebihan dan kegunaan solder uap/udara panas/blower antara lain:

  • Dapat digunakan untuk menyolder atau melepas solder pada komponen SMD (Surface Mount Technology).
  • Dapat mengatur suhu antara 100 C hingga 500 C.
  • Memiliki pemrosesan panas dan uji energi panas.
  • Fungsi solder ini untuk melindungi kerusakan komponen akibat listrik statis dengan teknologi sirkuit anti statik dalam prosesnya.

Baca juga: Kabel Listrik: Jenis & Fungsinya

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kegunaan solder dan jenis-jenisnya. Jika Anda sedang mencari pihak yang jual kabel eterna murah Jakarta, maka Anda bisa mengunjungi Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya