5 Cara Menyolder yang Baik dan Benar untuk Pemula

Bagaimana cara menyolder yang baik dan benar agar komponen listrik tersambung ke sirkuit? Kegiatan penyolderan membutuhkan keterampilan dasar dan teknik menyolder yang tepat. Meski bentuk alatnya sederhana, ternyata teknik penyolderan lebih rumit dari yang dibayangkan. 

Kalau Anda belum menguasai penggunaan solder listrik, ikuti saja tips penyolderan dari Klopmart di bawah ini.

Bagaimana Cara Menyolder yang Baik dan Benar?

Solder merupakan alat patri untuk merakit atau membongkar rangkaian elektronik di printed circuit board (PCB) alias papan sirkuit. Cara kerja solder listrik sangat sederhana, yakni energi listrik yang dialirkan berubah menjadi energi panas di elemen intinya. Dari elemen inti ini, panas dialirkan melalui batang solder hingga mencapai mata atau ujung solder. Energi panas inilah yang digunakan untuk menyambungkan komponen elektronik ke sirkuitnya.

Sekilas, penggunaan solder terlihat mudah, yakni mencolok stekernya ke stopkontak. Namun, tekniknya tidak sesederhana itu. Seperti apa cara penggunaan solder listrik yang tepat?

1. Tunggu Hingga Panas

Solder listrik memiliki prinsip kerja yang mirip dengan seterika pakaian. Saat dicolok, solder membutuhkan waktu hingga lima menit agar panasnya mencapai bagian mata solder alias ujungnya. Idealnya, suhu yang dibutuhkan untuk solder yakni 400℃.

Oleh karena itu, cara menyolder yang baik dan benar yang pertama harus diperhatikan adalah menunggu ujung mata solder hingga mencapai panas maksimal.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyolder agar Timah Menempel dengan Baik?

2. Sediakan Wadah Solder

Anda tidak akan menggunakan solder listrik terus-menerus, jadi siapkan wadah untuk mengistirahatkan alatnya. Karena solder mudah panas, gunakan wadah tahan panas agar tidak mudah meleleh. Wadah ini menjaga agar solder tidak merusak benda-benda yang ada di sekitarnya saat diistirahatkan. Jadi, jaga wadah solder listrik agar steril dan bebas dari benda apapun.

3. Bersihkan Mata Solder

Cara menyolder yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan mata solder. Ada kalanya terdapat residu material berupa timah pada ujung mata solder akibat penggunaan sebelumnya. Kalau tidak dibersihkan, hasil penyolderan jadi kurang maksimal. Besar kemungkinan komponen listrik tidak akan tersambung jika hal ini dilewatkan.Gunakan alat pembersih dan clean gel untuk membersihkan mata solder ini dengan aman.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kerja Solder Listrik

4. Siapkan Timah

Selain solder, siapkan juga timah untuk dilelehkan dengan benda yang akan disolder. Peleburan timah ini akan menghasilkan sambungan rangkaian elektronik yang kuat. Anda juga bisa menyiapkan alat sedot timah untuk mencabut timah yang menempel kala terjadi kegagalan saat prosesnya.

5. Lakukan Proses Penyolderan

Setelah melakukan tiga tahap di atas, waktunya memulai proses penyolderan. Mulailah memegang gagang solder dengan kemiringan kurang lebih 45°. Rileks saja saat memegangnya, hindari tangan bergetar karena berpotensi membuat mata solder menyentuh ujung papan sirkuit.

Di bagian lain papan sirkuit, pegang timah sekitar 2 cm dari ujungnya. Kemudian, sentuhkan timah ke mata solder listrik.

Mengapa kemiringan solder listrik harus 45°? Tujuannya agar terdapat keseimbangan panas yang dihasilkan dari solder sekaligus mempermudah proses pencairan timahnya.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan alat yang digunakan, seperti solder listrik, timah, dan papan PCB. Penting untuk menjaga kebersihan alat penyolderan ini sehingga hasil soldernya jadi lebih maksimal.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

Bagi pemula, tips menyolder di atas sedikit menantang. Namun, Anda akan terbiasa jika terus melakukan langkah-langkah penyolderan sesuai tips di atas.

Kegiatan penyolderan digunakan pula dalam menyambung komponen kabel di rumah agar bisa dialiri listrik. Lengkapi komponen listrik di rumah Anda dengan kabel Eterna yang hanya dibeli di Klopmart. Kami menyediakan layanan jual kabel Eterna murah Jakarta dan Anda bisa mendapatkan harga grosir untuk kabel ini.

Kiranya cara menyolder yang baik dan benar ini bisa menjadi panduan proses penyolderan Anda. Selamat mencoba.

 

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menggunakan-solder/
https://fit.labs.telkomuniversity.ac.id/bagaimana-sih-cara-menyolder-yang-baik-dan-benar/ 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Feb 2022

Related Article