Cara Kerja Solder Listrik dan Bagian-bagiannya yang Perlu Anda Ketahui

Setiap peralatan konstruksi yang bersifat elektrik memiliki prinsip kerja yang berbeda, seperti cara kerja solder listrik. Solder listrik tidak langsung digunakan untuk bekerja, tapi harus melalui sejumlah proses terlebih dulu.

Nah, sebagai kontraktor yang hendak menggunakan solder, Anda wajib memahami prinsip kerja alat konstruksi ini.


Apakah Solder Itu?

Solder adalah alat konstruksi yang berguna untuk menyambungkan komponen pada peralatan listrik. Selain menghubungkan, solder bisa digunakan untuk membongkar atau melepas rangkaian listrik dalam benda elektronik.

Setiap benda elektronik memiliki Printed Circuit Board alias papan PCB. Papan inilah yang menjadi tempat bersambungnya rangkaian listrik atau elektronik sebuah benda. Kegiatan menyolder bertujuan untuk menghubungkan komponen kaki-kaki transistor dengan sirkuit PCB.

Penggunaan solder listrik tidak boleh sembarangan. Pengguna solder harus memiliki keterampilan dasar dalam merakit komponen agar hasil sambungannya tidak hancur. Selain itu, penting sekali mengetahui cara penggunaan solder yang tepat.

Baca juga: Mengenal Fungsi Solder dan Jenis-jenisnya

Bagaimana Cara Kerja Solder Listrik?

Bahan dasar solder adalah timah dan timbal yang dicampur. Kedua bahan ini dilebur menggunakan besi panas bersuhu 600°F (315,6°C). Setelah dipanaskan atau dilelehkan, solder kemudian didinginkan agar tercipta ikatan listrik yang kuat. Proses inilah yang membuat solder bekerja sesuai fungsinya, yakni menyambung rangkaian listrik yang kuat.

Saat dihidupkan dengan mencolok stekernya, elemen listrik yang tersambung dengan solder berubah menjadi energi panas. Inilah cara kerja solder listrik! Energi panas kemudian terkumpul di bagian ujung solder dan digunakan untuk menyambung komponen listrik ke papan sirkuit.

Kini, solder berbahan dasar timbal sudah jarang digunakan. Anda bisa menemukan solder berbahan bebas timbal, terutama timah. Selain timah, ada pula solder yang terbuat dari material bismut, kuningan, tembaga, atau perak.

Sebelum menyolder, kita sering menemukan kotoran di sambungan listrik, seperti minyak. Agar proses oksidasinya bisa dicegah, kita harus mengaplikasikan cairan seperti rosin di area tersebut. Rosin dapat membersihkan logam sekaligus meningkatkan kekuatan sambungan kontak listriknya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyolder agar Timah Menempel dengan Baik?

Apa Saja Bagian dalam Solder Listrik?

Solder terdiri dari tiga bagian penting yang memiliki fungsinya masing-masing. Sebelum menggunakan solder, sebaiknya Anda paham komponen dalam solder listrik. Apa saja?

1. Elemen Pemanas

Bagian ini sangat krusial, mengingat cara kerja solder listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi panas. Elemen ini berfungsi untuk menentukan temperatur solder listrik. Semakin besar tegangannya, suhu yang dihasilkan elemen ini semakin besar. Perbedaan jenis dan peruntukan solder tentu memiliki daya elemen panas yang berbeda pula.

2. Besi Solder atau Mata Solder

Besi solder bersifat konduktor, jadi fungsinya adalah mengalirkan energi panas dari elemen pemanas ke mata solder. Mata solder merupakan ujung peralatan tersebut, di mana seluruh energi panas yang dialirkan terkumpul di sana. Energi panas yang terkumpul ini nantinya digunakan untuk menyambungkan komponen listrik.

Saat memilih solder, pilihlah bahan besi dan mata yang berkualitas. Bagian besi solder harus terbuat dari bahan konduktor dengan daya panas yang baik. Untuk matanya, pilih yang runcing agar energi panasnya bisa dihantarkan secara lancar.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

3. Gagang Solder

Bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah gagang solder. Solder listrik tanpa gagang hanya menyulitkan pengguna. Bagian ini menjamin keselamatan Anda saat menggunakan solder, mengingat energi panas bisa mengaliri seluruh bagian besinya. 

Idealnya, pilihlah gagang solder berbahan plastik campuran agar tidak mudah meleleh. Gagang solder listrik juga harus tahan panas agar Anda nyaman menggunakan peralatan tersebut.

Anda sudah paham dengan cara kerja solder listrik yang dijelaskan di atas? Agar penggunaan solder listrik semakin maksimal, lengkapi dengan kabel eterna. Klopmart jual kabel eterna murah Jakarta yang bisa Anda dapatkan dengan harga grosir dan pilihan ukuran yang bervariasi. Dapatkan produknya hanya di Klopmart, toko bangunan online terkemuka di Indonesia. Semoga informasi mengenai cara kerja solder listrik ini bisa membantu Anda.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya