Macam-Macam Semen dan Fungsinya dalam Kegiatan Konstruksi

Untuk mengetahui kegunaan semen, Anda harus mempelajari jenis-jenis dari semen terlebih dahulu. Semen yang biasa digunakan sebagai salah satu material pembangunan memiliki beberapa jenis, setiap jenisnya memiliki kegunaannya masing-masing.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang kegunaan semen berdasarkan jenis-jenisnya.

Kegunaan Semen Berdasarkan Jenisnya Dalam Kegiatan Konstruksi

Jenis semen yang biasa dipakai kontraktor sebagai material pembangunan memiliki jenis yang beragam. Perbedaan kandungan material, jenis, dan kegunaan ini yang membuat harga dari semen bervariasi.

Baca Juga: Mengenal Macam-Macam Semen Beserta Fungsinya

Berikut adalah jenis-jenis semen beserta kegunaannya:

1. Semen Portland

Saat Anda mengunjungi toko bahan bangunan, jenis semen ini lah yang paling sering Anda temukan. Semen Portland memiliki bubuk yang berwarna abu-abu kebiruan. Semen jenis ini dapat digunakan pada konstruksi umum, seperti rumah dan gedung bertingkat.

Di pasaran tersedia berbagai varian semen portland mulai dari tipe 1 hingga tipe 5. Namun untuk membangun rumah, Anda cukup menggunakan portland tipe 1 dan tipe 2.


Tipe 1 cocok jika ingin membangun di lokasi yang jauh dari pantai dan lahan yang memiliki kadar sulfat rendah, seperti perkotaan. Sedangkan tipe 2 dapat digunakan sebagai campuran bahan bangunan yang terletak di daerah rawa dan pesisir. Kedua tipe tersebut memiliki perbedaan ketahanan terhadap kadar asam sulfat dari air dan tanah tempat bangunan akan didirikan.

2. SMC (Super Masonry Cement)

SMC menjadi pilihan utama untuk membuat elemen konstruksi bangunan karena merupakan salah satu semen terkuat yang dapat digunakan saat membangun atau merenovasi rumah.

Anda bisa menggunakan semen jenis ini untuk membuat paving block, genteng, bata berlubang, hingga sebagai bahan dasar untuk genteng beton di rumah.

3. Semen Mortar atau Semen Putih

Setelah tahap membangun rumah sudah mencapai 90%, berarti Anda akan memasuki tahap finishing. Biasanya kontraktor akan membeli semen mortar atau semen putih untuk menyelesaikan pembangunan seluruh ruangan di dalam rumah.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Mortar yang Berguna Berikut Ini

Semen ini berfungsi untuk melapisi sambungan keramik, plester, dan keperluan dekorasi. Daya rekat yang tinggi dari semen jenis ini mampu menciptakan permukaan yang halus. Itulah alasan mengapa semen ini sering digunakan saat proses finishing.

4. Semen Campur

Semen campuran memiliki dua varian yaitu Portland Composite Cement (PCC) dan Portland Pozzolan Cement (PPC). Perbedaan kedua jenis semen ini terletak pada penambahan bahan pencampur semen.

PCC biasanya menggunakan bahan tambahan berupa gypsum dan beberapa jenis bahan non organik. Sedangkan PPC menggunakan pozzolan dan gypsum setelah penggilingan terak sebagai bahan tambahannya.

PCC sering digunakan untuk mengikat campuran konstruksi beton umum, beton pracetak, beton prategang, pasangan bata, plesteran, paving block, dan acian. Sementara itu, PPC biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk konstruksi beton massal, konstruksi yang terletak di tanah berawa dan tepi laut, dan plesteran.


5. Semen Anti-Bakteri

Semen ini dapat diperoleh dari campuran semen Portland dan bahan anti-bakteri. Penggunaan semen antibakteri tidak lain adalah untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada suatu konstruksi bangunan.

Semen jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membangun kolam ikan, kolam renang, atau lantai ruangan yang berfungsi sebagai tempat usaha pengolahan makanan. Ketiga contoh tersebut cenderung lembab dan terendam air dalam waktu yang lama. Penggunaan semen anti-bakteri akan memberikan perlindungan ekstra untuk area tersebut.

Baca Juga: Cara Menyimpan Semen dengan Benar

Demikian penjelasan mengenai kegunaan semen berdasarkan jenisnya, jika Anda tertarik untuk membeli Semen Tiga Roda Putih, Anda bisa mengunjungi Klopmart. Semoga artikel tentang kegunaan semen ini dapat membantu Anda memilih material untuk rumah Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya