Cara Dempul Kayu dengan Mudah, Cepat dan Hasil Memuaskan

Dengan cara dempul kayu yang benar, kayu kusen atau furnitur yang Anda gunakan akan bisa terlihat bagus seperti warna asli kembali.  Sehingga kecacatan yang disebabkan oleh beberapa faktor tidak akan terlihat. Jika Anda bingung bagaimana caranya mendempul kayu dengan benar dan terlihat sempurna, Anda bisa ikuti cara atau langkah-langkah di bawah ini. Mari kita mulai. 

Mengenal Kegiatan Mendempul Kayu

Lantai kayu yang rusak, bingkai jendela yang membusuk, serta perabotan kayu yang mulai terlihat rusak menjadi masalah yang akan Anda jumpai. Kayu sendiri merupakan material yang relatif mudah dalam proses pembentukannya, oleh karena itu akan sangat sering dijumpai sebagai bahan furnitur. Keawetannya juga cukup tinggi jika dirawat dengan baik. Namun akan ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hal ini, seperti paparan cahaya matahari yang berlebihan, kelembapan udara, jamur, hingga serangga. Bahkan terkadang material kayu bisa mengalami cacat karena pecah ketika proses penebangan. Untuk mengatasi hal ini, kegiatan dempul kayu bisa menjadi salah satu solusi utama paling tepat. 

Dempul adalah produk yang digunakan untuk mengisi bagian cacat material dari serat alam seperti kayu, logam, atau material lainnya. Ketika pori-pori kayu tidak ditutup oleh dempul, maka kayu akan rentan dengan adanya jamur atau rayap.  Dempul sendiri dibedakan menjadi dua jenis warna, kedua warna ini membutuhkan jenis dempul yang berbeda dan sesuai dengan warnanya:

  • Wood filler

Wood filler merupakan dempul yang memberikan hasil warna natural kayu, memiliki hasil warna yang transparan sehingga baik warna kayu dan juga serat kayu akan tetap terlihat. Cocok untuk cacat yang tidak terlalu dalam.

  • Wood putty

Wood putty merupakan dempul dengan hasil warna solid, akan menutup warna kayu yaitu dengan warna solid, misalnya putih atau abu-abu, sehingga Anda akan butuh untuk mengecatnya kembali agar warna bisa terlihat sama.

Baca juga: Cara Mengecat Kayu yang Benar

Ciri-Ciri Dempul Kayu yang Baik

Apabila Anda mengetahui ciri-ciri dempul yang baik, maka Anda akan jeli dalam menentukan jenis dempul yang tepat dalam mengisi pori-pori kayu furnitur atau secara baik. Sebab terjadinya dempul yang tidak menempel pada substrate kayu berdampak pada keborosan dan akan membuat furnitur cepat rusak. Untuk menghindari hal ini, pelajari ciri-ciri dempul yang baik untuk finishing warna transparan atau finishing warna solid

  • Daya tarik: Dempul yang memiliki kualitas baik apabila ditarik dengan pisau scrape akan memanjang. Hal ini menandakan dempul yang digunakan masuk ke dalam substrate kayu secara baik.
  • Apabila ditunggu kering dan muncul retakan: Hal ini mengakibatkan dempul terlalu keras dan tidak menempel ke dalam substrate kayu, segeralah gantiu jenis dempul karena dempul yang retak dapat menimbulkan hasil finishing cracking. 
  • Mudah diamplas: Apabila dempul diamplas lalu menimbulkan peeling, maka dempul tidak mengisi pori-pori. Hal ini membuktikan bahwa dempul tidak mengendap dengan baik dalam pori-pori yang mengakibatkan boros. 
  • Jumlah pengulangan aplikasi: Apabila Anda mengaplikasikan dempul lima atau lebih, hal ini menandakan dempul yang Anda gunakan bukanlah dempul yang berkualitas baik. Standar dari penggunaan dempul adalah dua hingga tiga kali sudah dapat menutup pori-pori kayu atau menutup cacat tekstur pada permukaan.

Baca juga: Apa Itu Kusen? Bagian-Bagian dan Jenisnya

Peralatan dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum melakukan kegiatan mendempul, siapkan terlebih dahulu peralatan berikut ini:

Peralatan

  • Kape
  • Mesin Pengamplas Kayu
  • Vacuum Cleaner

Bahan

  • Dempul kayu
  • Amplas
  • Tack Cloth
  • Wood Stain
  • Kain
  • Spiritus atau aseton (apabila menggunakan dempul yang berbahan dasar minyak)

Cara Mendempul Kayu dengan Mudah

Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda akan bisa mendempul kayu sehingga bisa mengembalikan atau memperbaikinya kembali. Sehingga kayu akan terlihat sempurna tanpa cacat.

1. Sanding

Persiapkan permukaan yang akan Anda perbaiki, dimulai dengan menghilangkan lapisan coating yang sebelumnya diberikan. Gunakan propan paint remover atau amplas kasar. Pastikan semua lapisan coating benar-benar hilang dan juga permukaannya berubah menjadi halus. Setelah Anda selesai mengamplas dan permukaan kayu berubah menjadi halus, bersihkan dengan kain agar tidak ada debu yang menumpuk.

2. Pendempulan

Aplikasikan wood filler ke seluruh permukaan kayu jika cacat yang ada tidak terlalu dalam, jika cacat yang dialami cukup dalam maka Anda bisa menggunakan wood putty. Manfaatkan pisau palet. Mulai dari bagian pinggir area yang rusak, tekan filler dan Anda tidak perlu khawatir jika banyak filler yang keluar area rusak karena filler yang masuk ke dalam lubang akan mengecil ketika mengering. Bersihkan area sekitar lubang dari filler.

3. Tunggu Filler Mengering dan Haluskan Permukaan

Biarkan wood filler untuk mengering. Akan dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit saja. Jika sudah benar-benar kering, segera amplas permukaan hingga menjadi halus dan serat kayu terlihat. Gunakan kertas amplas alumunium oxide yang bernomor 240. Cek apakah permukaan yang berlubang sudah rata menggunakan tangan. Anda akan merasakan perbedaan permukaan, yang cukup serupa dan hampir rata. Namun jika masih terasa perbedaan yang jauh atau masih cekung maka ulangi proses pemberian filler sekali lagi. 

Baca juga: cat kayu anti rayap

4. Finishing

Pastikan hasil pengamplasan sangat mulus sehingga tampilan akan menjadi sangat baru. Setelah proses pengamplasan, bersihkan debu amplas agar terlihat bersih. Anda bisa memberikan mengecatnya kembali jika Anda menggunakan wood putty. Namun untuk hasil wood filler, cukup memberikan wood stain untuk memberikan hasil warna natural transparan. Berikutnya mengecek kembali hasil pendempulan yang sudah dikerjakan apakah sudah sesuai dengan keinginan. 

Dengan cara di atas, Anda akan bisa mendapatkan permukaan kayu yang mulus tanpa ada cacat. Semoga informasi mengenai cara dempul kayu dengan mudah ini bisa membantu Anda, dapatkan wood filler propan berkualitas di Klopmart sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://berita.99.co/cara-dempul-kayu/
  • https://www.catkayu.com/jenis-dempul-kayu-bagus-1887.html
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/dempul-kayu-53542
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya