Konstruksi

4 Jenis dan Fungsi Mesin Gerinda

Media
17 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.


Mesin Gerinda (Grinder) adalah power tool multifungsi yang cukup penting. Mesin gerinda adalah salah satu mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan. Untuk lebih lengkapnya, mari simak berbagai jenis mesin gerinda dan fungsinya berikut ini.

6 Fungsi Mesin Gerinda

Mesin gerinda secara umum memiliki 6 fungsi utama. Berikut adalah fungsi utama mesin gerinda yang harus Anda ketahui.

  1. Memotong benda kerja yang tidak terlalu tebal.
  2. Membentuk profil seperti sudut atau lengkungan pada benda kerja
  3. Menghaluskan dan meratakan permukaan benda kerja.
  4. Mengasah alat potong supaya tetap tajam.
  5. Menghaluskan atau menghilangkan sisi tajam pada benda kerja.
  6. Sebagai proses jadi akhir (finishing) pada benda kerja.

Baca juga: 10 Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

4 Jenis-Jenis Mesin Gerinda dan Tipenya

Setelah mengetahui fungsi mesin gerinda, saatnya Anda mengetahui jenis-jenis mesin gerinda yang dapat Anda temukan di pasaran.

Secara garis besar, ada 4 jenis mesin gerinda yang dapat Anda temukan; mesin gerinda permukaan, mesin gerinda silindris, mesin gerinda duduk, dan mesin gerinda tangan.

Tiap jenis mesin gerinda memiliki cara pakai dan fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis-jenis mesin gerinda yang harus Anda ketahui

1. Mesin Gerinda Permukaan (Surface Grinding Machine)

Mesin gerinda ini dipergunakan untuk memperoleh hasil permukaan yang datar, rata, dan halus. Mesin gerinda datar biasanya dipergunakan untuk menggerinda permukaan dengan menggerakkan meja kerja. Pengoperasiannya dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis. Mesin gerinda permukaan terbagi menjadi 4 tipe:

  • Mesin gerinda datar horisontal dengan gerakan meja bolak-balik: Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.
  • Mesin gerinda datar horisontal dengan gerakan meja berputar: Mesin jenis ini digunakan untuk menggerinda permukaan rata poros.
  • Mesin gerinda datar vertikal dengan gerakan meja bolak-balik: Mesin ini digunakan untuk menggerinda benda kerja dengan permukaan rata dan lebar serta menyudut.
  • Mesin gerinda datar vertikal dengan meja berputar: Fungsi mesin ini sama dengan mesin gerinda datar horizontal dengan gerakan meja bolak-balik.

Baca juga: 5 Cara Memilih Gerinda yang Baik Sesuai Kebutuhan

2. Mesin Gerinda Silindris (Cylindrical Grinding Machine)

Mesin gerinda silindris adalah sebuah mesin gerinda untuk mengerjakan benda berbentuk silindris dan tirus. Hasil benda yang bisa dikerjakan dari mesin gerinda jenis ini yaitu Spindle Mesin, Bearing, Test Bar, Poros atau As, Sleeve dan lainnya. Jenis mesin gerinda silindris terbagi menjadi 4 tipe yaitu:

  • Mesin Gerinda Silindris Dalam: Jenis mesin gerinda ini mempunyai fungsi untuk menggerinda benda dengan diameter dalamnya berbentuk silindris serta tirus.
  • Mesin Gerinda Silindris Luar: Jenis mesin gerinda ini mempunyai fungsi untuk menggerinda diameter luar pada benda berbentuk silindris serta tirus.
  • Mesin Gerinda Silindris Luar Tanpa Senter: Jenis mesin gerinda ini dipakai untuk menggerinda diameter luar dengan jumlah banyak, baik itu berukuran panjang atau pendek.
  • Mesin Gerinda Silindris Universal: Jenis mesin ini mampu menggerinda benda dengan diameter luar dan dalam berbentuk silindris ataupun tirus. Di antara jenis lainnya, mesin gerinda ini yang paling baik pengerjaannya.

3. Mesin Gerinda Duduk (Bench Grinder)

Mesin gerinda jenis ini berukuran lebih kecil dari kedua jenis mesin gerinda di atas dan dipasang pada meja kerja dengan baut. Mesin ini memiliki dua batu gerinda pada kedua ujungnya dan umumnya digunakan untuk mengasah benda-benda berukuran kecil, seperti mata bor, pahat tangan, pahat bubut, kapak, pisau, golok dan sebagainya. Mata gerinda kasar di pasang pada bagian sebelah kiri, sedangkan mata gerinda halus dipasang pada bagian sebelah kanan.

Pemasangan dua jenis mata gerinda tersebut bertujuan agar mesin gerinda ini mempunyai dua fungsi sekaligus, yakni sebagai pemotong dan pengasah. Fungsi pemotong menggunakan batu gerinda kasar sedangkan fungsi pengasah menggunakan batu gerinda halus.

Mesin gerinda duduk yang memiliki kaki khusus sehingga berdiri sendiri lebih tinggi di atas lantai disebut Mesin Gerinda Berdiri (Floor Stand Grinder) namun fungsinya tetap sama.

Baca juga: Macam-Macam Batu Gerinda

4. Mesin Gerinda Tangan (Hand Grinder)

Mesin gerinda jenis ini berukuran cukup kecil sehingga dapat dipegang dan dioperasikan langsung dengan tangan. Jenis mesin gerinda tangan ini adalah mesin gerinda serba guna. Mesin ini dapat dipergunakan untuk menghaluskan ataupun memotong benda logam, kayu, lantai keramik, kaca serta dapat dipergunakan untuk memoles permukaan mobil. Mesin gerinda tangan digunakan secara umum sebagai alat potong di dalam bengkel kecil ataupun rumah tangga.

Itulah dia fungsi mesin gerinda serta beberapa jenis mesin gerinda yang dapat Anda temukan. Mesin gerinda merupakan alat serba guna yang dapat membantu proses kerja Anda, khususnya dalam pemotongan dan penghalusan. Untuk dapat menggunakan mesin gerinda dengan maksimal, pastikan Anda tahu kegunaan tiap jenis mesin gerinda serta cara memakainya.

Setelah mengetahui ini semua, pilihlah mesin gerinda yang sesuai dengan fungsinya. Untuk mencari alat mesin pemotong gerinda, Klopmart menyediakan berbagai macam pilihan dengan harga distributor. Untuk informasi selengkapnya, silahkan cek dibagian kategori Mesin Potong.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya