Alat Safety

Macam Macam Batu Gerinda serta Fungsi dan Kegunaannya

Media
20 Sep 2021
Klopmart
KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Gerinda, Power Tool Multifungsi. Apanya yang multifungsi? Mesinnya kan hanya begitu-begitu saja!

Betul. Kelihatannya begitu-begitu saja. Tetapi dengan menggunakan batu gerinda yang bermacam-macam jenisnya, gerinda tangan biasa dapat diaplikasikan menjadi alat untuk berbagai jenis pengerjaan material.

Memangnya ada berapa macam batu gerinda?

Yang jelas, ada lebih dari dua macam batu gerinda. Hehehe…

Disebut batu gerinda, karena seperti kita bahas di artikel sebelumnya, GERINDA, POWER TOOL MULTIFUNGSI: mesin gerinda sudah ada sejak peradaban manusia sebelum Masehi, dan memang saat itu menggunakan batu yang sangat keras untuk mengikis, mengasah dan menghaluskan permukaan benda-benda. Batu gerinda disebut juga ‘mata gerinda’ seperti halnya ‘mata pisau’, ‘mata kapak’ dan ‘mata bor’. Tetapi lain halnya dengan ‘mata ke ranjang’ lah yaaa…
 

Macam Macam Batu Gerinda

Dengan mengenal berbagai macam jenis batu gerinda, maka Anda dapat memaksimalkan mesin gerinda yang Anda miliki untuk mengerjalan berbagai keperluan. Berikut daftar macam-macam batu gerinda yang tersedia di pasaran:
 

1. Batu Gerinda Asah (Grinding Disc)

Batu gerinda paling umum dipakai dalam pengerjaan logam. Digunakan untuk mengikis permukaan logam besi, baja dan stainless steel. Batu gerinda ini memiliki spesifikasi khusus sesuai jenis logam peruntukkannya.
 

2. Batu Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Serupa dengan batu gerinda asah (grinding disc) tetapi memiliki pattern pada permukaannya. Digunakan untuk mengikis permukaan logam pada area sempit. Dapat juga digunakan untuk memotong material logam, tetapi celah potongnya lebih lebar dibandingkan batu gerinda potong.
 

3. Batu Gerinda Potong (Cutting Disc)

Batu gerinda khusus untuk memotong material logam, mulai dari besi mildsteel, baja, hingga stainless steel. Bentuknya seperti piringan pipih. Celah potong yang dihasilkan lebih tipis dibandingkan batu gerinda fleksibel karena memiliki ketebalan 3 – 8 mm.
 

4. Mata  Gerinda Sikat (Steel Wire Brush)

Ada dua jenis Mata Gerinda Sikat ini, yaitu piringan sikat (steel wheel wire brush) dan mangkuk sikat (cup wire brush). Digunakan untuk membersihkan permukaan logam dari karat, kerak, dan kotoran maupun mengelupas kulit kayu untuk dapat diproses lebih lanjut.

Baca juga: Apa Itu Gerinda serta Bagian Bagian Gerinda Tangan
 

5. Mata Gerinda Amplas Susun (Flap Disc)

Berbentuk piringan dari susunan lembaran kertas amplas. Digunakan untuk mengikis dan menghaluskan permukaan logam dan kayu.
 

6. Mata Gerinda Amplas Datar (Fiber Disc)

Berbentuk piringan amplas datar. Digunakan bersama rubber pad supaya penekanannya sempurna untuk menghasilkan finishing yang lebih halus.
 

7. Mata Gerinda Pisau Potong Keramik (Diamond Disc)

Digunakan untuk memotong keramik. Ada dua jenis mata gerinda ini: jenis pengerjaan basah yang perlu diberikan air untuk melumasi pemotongannya dan jenis pengerjaan kering yang tidak perlu dilumasi air.
 

8. Mata gerinda tembok (diamond turbo disc)

Mata gerinda ini digunakan untuk mengikis permukaan material beton dan batu untuk membentuk lekukan sesuai pola yang diminta.

Baca juga: 5 Cara Memilih Gerinda yang Baik dan Sesuai Kebutuhan
 

9. Mata gerinda pisau potong kayu (circular saw)

Digunakan untuk memotong material kayu. Mata gerinda ini dibuat dari baja dengan TCT (Tungstaen Carbide Tipped) pada bagian ujung mata gergajinya, sehingga memiliki tingkat kekerasan tinggi dan tidak mudah rusak saat melakukan pemotongan.
 

10. Batu gerinda asah spons (sponge grinding wheel)

Digunakan untuk menghaluskan permukaan batu marmer dan granit hingga mengkilap kembali setelah melewati proses pemotongan.
 

11. Batu Gerinda Asah Non-Woven (Non-Woven Nylon Wheel)

Batu gerinda ini digunakan pada proses finishing permukaan logam stainless steel dan aluminum. Ternyata jenis batu gerinda yang digunakan pada mesin gerinda pedestal adalah dengan menggunakan jenis batu gerinda Asah non-woven.

Gerinda Pedestal sendiri adalah mesin gerinda duduk. Jenis mesin gerinda yang digunakan untuk mengasah alat potong seperti mata bor, pahat bubut juga untuk pengasahan atau pembentukan benda kerja lain seperti pisau dapur, kampak, golok, dan perkakas pisau lainnya sesuai dengan kapasitas dan peruntukannya.
 

Digunakan untuk proses polishing permukaan logam yang dilapisi cat dengan clear coat paint. Biasanya digunakan untuk memoles cat mobil supaya mengkilap kembali.

Wow! Ternyata sebuah mesin gerinda dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan!

Dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: 4 Cara Memotong Kaca dengan Gerinda yang Aman dan Presisi

Inspirasi Lainnya
5 Model Teralis Pintu Satu Terbaru

Pintu & Kunci

5 Model Teralis Pintu Satu Terbaru

Selengkapnya
Berbagai Model Teralis Pintu 2 Minimalis yang Memukau

Konstruksi

Berbagai Model Teralis Pintu 2 Minimalis yang Memukau

Selengkapnya
9 Model Pintu Rumah Stainless yang Keren untuk Anda Tiru

Konstruksi

9 Model Pintu Rumah Stainless yang Keren untuk Anda Tiru

Selengkapnya