11 Jenis-Jenis Batu Gerinda beserta Fungsinya Masing-masing

Apakah Anda sering menggunakan mesin gerinda? Salah satu komponen penting dalam mesin gerinda ialah mata gerinda-nya. Tanpa mata gerinda maka Anda tidak akan bisa memotong atau menghaluskan suatu bahan material.

Promo Klopmart

Tentu saja ada banyak jenis mata gerinda yang disesuaikan dengan fungsinya. Untuk memahaminya, Klopmart akan menjelaskan beragam jenis mata gerinda di bawah ini! Pastikan baca hingga tuntas!

Jenis-jenis Batu Gerinda

Berikut daftar jenis batu gerinda yang tersedia di pasaran yang dapat Anda jadikan referensi ketika ingin menggunakan mesin gerinda:

1. Batu Gerinda Asah (Grinding Disc)

Batu Gerinda Asah (Grinding Disc)

Mata gerinda asah adalah Batu gerinda paling umum dipakai dalam pengerjaan logam. Digunakan untuk mengikis permukaan logam besi, baja dan stainless steel. Batu gerinda ini memiliki spesifikasi khusus sesuai jenis logam peruntukkannya.

2. Batu Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Batu Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Serupa dengan batu gerinda asah (grinding disc) tetapi memiliki pattern pada permukaannya. Digunakan untuk mengikis permukaan logam pada area sempit. Dapat juga digunakan untuk memotong material logam, tetapi celah potongnya lebih lebar dibandingkan batu gerinda potong. 

3. Batu Gerinda Potong (Cutting Disc)

Batu Gerinda Potong (Cutting Disc)

Batu gerinda khusus untuk memotong material logam, mulai dari besi mildsteel, baja, hingga stainless steel. Bentuknya seperti piringan pipih. Celah potong yang dihasilkan lebih tipis dibandingkan batu gerinda fleksibel karena memiliki ketebalan 3 – 8 mm.

4. Mata Gerinda Sikat (Steel Wire Brush)

Mata Gerinda Sikat (Steel Wire Brush)

Ada dua jenis Mata Gerinda Sikat ini, yaitu piringan sikat (steel wheel wire brush) dan mangkuk sikat (cup wire brush). Digunakan untuk membersihkan permukaan logam dari karat, kerak, dan kotoran maupun mengelupas kulit kayu untuk dapat diproses lebih lanjut.

Baca juga: 5 Cara Memilih Mesin Gerinda yang Baik dan Sesuai Kebutuhan

5. Mata Gerinda Amplas Susun (Flap Disc)

Mata Gerinda Amplas Susun (Flap Disc)

Berbentuk piringan dari susunan lembaran kertas amplas. Digunakan untuk mengikis dan menghaluskan permukaan logam dan kayu.

6. Mata Gerinda Amplas Datar (Fiber Disc)

Mata Gerinda Amplas Datar (Fiber Disc)

Berbentuk piringan amplas datar. Digunakan bersama rubber pad supaya penekanannya sempurna untuk menghasilkan finishing yang lebih halus. 

7. Mata Gerinda Pisau Potong Keramik (Diamond Disc)

Mata Gerinda Pisau Potong Keramik (Diamond Disc)

Digunakan untuk memotong keramik. Ada dua jenis mata gerinda ini: jenis pengerjaan basah yang perlu diberikan air untuk melumasi pemotongannya dan jenis pengerjaan kering yang tidak perlu dilumasi air. 

8. Mata gerinda tembok (diamond turbo disc)

Mata gerinda tembok (diamond turbo disc)

Mata gerinda ini digunakan untuk mengikis permukaan material beton dan batu untuk membentuk lekukan sesuai pola yang diminta.

9. Mata gerinda pisau potong kayu (circular saw)

Mata gerinda pisau potong kayu (circular saw)

Digunakan untuk memotong material kayu. Mata gerinda ini dibuat dari baja dengan TCT (Tungstaen Carbide Tipped) pada bagian ujung mata gergajinya, sehingga memiliki tingkat kekerasan tinggi dan tidak mudah rusak saat melakukan pemotongan.

10. Batu gerinda asah spons (spons grinding wheel)

Batu gerinda asah spons (sponge grinding wheel)

Digunakan untuk menghaluskan permukaan batu marmer dan granit hingga mengkilap kembali setelah melewati proses pemotongan.

11. Batu Gerinda Asah Non-Woven (Non-Woven Nylon Wheel)

Batu Gerinda Asah Non-Woven (Non-Woven Nylon Wheel)

Batu gerinda ini digunakan pada proses finishing permukaan logam stainless steel dan aluminum. Ternyata jenis batu gerinda yang digunakan pada mesin gerinda pedestal adalah dengan menggunakan jenis batu gerinda Asah non-woven.

Baca juga: Kode Batu Gerinda, Inilah Cara Membaca Kode dan Spesifikasinya

Tips Memilih Mata Gerinda yang Sesuai Kebutuhan

Ketika memilih batu gerinda, beberapa poin utama yang perlu diperhatikan adalah:

1. Kualitas dan jenis material

Pastikan batu gerinda terbuat dari bahan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Batu gerinda yang terbuat dari material yang berkualitas, seperti karbida silikon, umumnya lebih tahan lama dan efisien dalam menggerinda berbagai jenis bahan.

2. Ukuran dan jenis butiran

Pilih ukuran butiran yang sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lakukan. Butiran yang lebih halus cocok untuk pekerjaan halus dan finishing, sementara butiran yang lebih kasar cocok untuk penghapusan material yang lebih banyak. Selain itu, pastikan jenis butiran sesuai dengan bahan yang akan digerinda.

3. Kekerasan

Pertimbangkan tingkat kekerasan batu gerinda yang sesuai dengan bahan yang akan digerinda. Batu gerinda yang terlalu lembut mungkin cepat aus ketika digunakan untuk menggerinda material yang keras, sedangkan batu gerinda yang terlalu keras bisa merusak bahan yang lebih lunak.

4. Kehalusan dan ketajaman

Pastikan permukaan batu gerinda halus dan tajam untuk hasil yang lebih baik dan penggerindaan yang lebih efisien. Batu gerinda yang kasar atau aus mungkin tidak memberikan hasil yang memuaskan dan dapat memperpanjang waktu pengerjaan.

5. Kompatibilitas dengan alat potong

Pastikan batu gerinda yang Anda pilih cocok dengan alat penggerinda yang Anda miliki, baik dari segi ukuran maupun jenis koneksi. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal saat digunakan.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis mata gerinda. Ingin menggunakan salah satu mata gerinda di atas dengan produk gerinda terbaik? Silahkan kunjungi Klopmart.

perkakas

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai keperluan dunia konstruksi termasuk mata gerinda, seperti Batu Gerinda WD 4.

Jadi tunggu apalagi? Hubungi Klopmart sekarang juga dan dapatkan harga bersaing dan harga distributor!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya