Konstruksi

Cara Mengatasi Dak Bocor dengan Benar

Media
03 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.



Cara mengatasi dak bocor mungkin terkadang terdengar sepele, namun ketika musim hujan tiba mungkin pengetahuan mengenai mengenai mengatasi dak bocor akan sangat berguna. Seiring perkembangan zaman, dak beton kini sudah menjadi kebutuhan. Untuk rumah dengan gaya arsitektur minimalis di perkotaan, dak beton merupakan pilihan untuk digunakan sebagai area multifungsi mengingat minimnya lahan. Dak beton dapat digunakan sebagai area menjemur pakaian, kebun hidroponik, area duduk, dan sebagainya.

Masalah yang biasanya terjadi pada dak beton Anda adalah kebocoran. Kebocoran ini disebabkan oleh dua hal:

  1. Adanya genangan air pada dak beton.

  2. Adanya retakan pada permukaan dak beton.

Kali ini kita akan membahas dak bocor yang akibatnya adanya genangan air di atasnya.

Penyebab Genangan pada Dak

Biasanya genangan air ini terjadi setelah hujan dan disebabkan oleh dua hal:

  1. Saluran drainase (pembuangan) yang tidak lancar atau bahkan tersumbat karena sampah daun kering atau sampah-sampah lain yang terbawa angin ke dak beton Anda. Kertas dan benang layangan juga berpotensi menghambat saluran drainase! Jika dak beton Anda cukup luas, kemungkinan lubang saluran drainasenya kurang banyak, sehingga walaupun salurannya lancar, tetap tidak sanggup mengalirkan volume air yang terlalu banyak.
  2. Kesalahan pembuatan levelling dak beton sehingga memiliki kemiringan di bawah 2%. Atau kemiringannya tidak merata. Kesalahan ini menyebabkan air hujan tidak mengalir ke saluran drainase tetapi malahan terkumpul di satu atau beberapa bagian pada permukaan dak.

Air akan selalu mencari area yang lebih rendah untuk mengalir. Begitu juga dengan air yang tergenang ini, lama-kelamaan air akan mengikis permukaan plesteran dan merembes masuk ke struktur beton. Bermula dari sedikit, lama kelamaan ruangan di bagian bawah dak akan berjamur.

Setelah air mengering, pada bagian yang tergenang tadi cepat atau lambat akan ditumbuhi lumut. Ini tanda bahwa ada kelembaban pada permukaan beton akibat rembesan air. Semakin lama, dak beton Anda akan bocor dan air menetes turun!

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap Rumah 

Bagaimana Cara Mengatasi Dak Bocor?

Beberapa cara menghilangkan genangan air pada dak beton untuk mengatasi kebocoran pada dak beton:

1. Ratakan permukaan dak beton dengan plesteran

Cara memperbaiki dak beton yang pertama adalah dengan meratakan permukaannya dengan pesteran.

Perhatian ekstra untuk membuat kemiringan 2% yang merata menuju lubang saluran drainase. Kemiringan 2% ini adalah adanya perbedaan ketinggian permukaan sebanyak 2 cm untuk setiap bentangan 100 meter.

2. Tambahkan saluran drainase

Jika lubang saluran drainase Anda kurang, tambahkan dengan membuat lubang roof draine dan saluran drainase baru sambil memperbaiki levelling dak beton Anda.

3. Membersihkan Dak

Sebelum menggunakan aquaproof atau waterproofing, pastikan kondisi dak terbebas dari kotoran yang menempel. Hal ini wajib Anda lakukan agar waterproofing dapat bekerja lebih optimal.

Baca juga: Aquaproof Vs No Drop: Mana yang Terbaik?

4. Gunakan waterproofing

Gunakan waterproofing berbahan dasar polyurethane (PU). Sebaiknya tidak menggunakan waterproofing berbahan dasar cement karena tidak tahan terhadap paparan sinar matahari.

Baca juga: Inilah 5 Penyebab Genteng Bocor

5. Perawatan waterproofing secara berkala

Minimal setahun sekali cek kembali lapisan waterproofing yang Anda gunakan, jika terasa sudah mulai terkikis atau menipis lakukanlah pelapisan ulang waterproofing pada bagian-bagian bangunan yang dirasa perlu penangan khusus.

6. Periksa sistem drainase secara berkala

Bersihkan sistem saluran drainase secara rutin dan berkala. Pastikan bersih dari sampah yang menghalangi pembuangan air hujan. Pastikan juga saluran drainase bawah juga bersih dan lancar. Jika ujung akhir saluran pembuangan ini terhambat, maka otomatis akan menyebabkan terhambatnya saluran drainase dak beton Anda.

Apakah Aquaproof Bisa untuk Dak Beton?

Aquaproof untuk mencegah kebocoran pada dak beton

Ya, Aquaproof dapat digunakan untuk melapisi dak beton dan melindunginya dari kebocoran saat hujan. Aquaproof adalah cat anti bocor inovatif yang dirancang khusus untuk bidang horizontal seperti atap dak beton, sehingga dak beton rumah atau bangunan dapat terhindar dari bocor dan rembes.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Aquaproof untuk Cegah Kebocoran

Kesimpulan

Nah, setelah dak beton Anda bebas dari genangan air, diharapkan kebocoran pun terhenti. Selamat mencoba!

Cara mengatasi dak bocor memang terdengar mudah dan sepele, namun jika tidak diperhatikan dengan benar maka akan memberikan dampak yang buruk pada bangunan. Untuk mencegah dan memberikan penaganan pada dak bangunan, klopmart menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan termasuk am waterproofing dengan harga distributor.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya