Konstruksi

6 Cara Membuat Cor Dak Teras dengan Kokoh dan Anti Bocor

Media
31 Mei 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara membuat cor dak teras rumah bisa terlihat sederhana, tetapi pembuatannya perlu diperhatikan dengan saksama. Ini karena cor dak teras adalah salah satu elemen yang cukup krusial. Ini bisa Anda lihat sendiri dari kebanyakan desain atau gaya bangun rumah-rumah di Indonesia. Cor dak teras adalah salah satu elemen rumah yang paling sering ditemui.

Untuk membantu Anda lebih memahami cara membangun dak teras, Anda bisa membaca ulasan singkatnya di bawah ini.

Apa itu dak teras?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah dak, dak adalah sekat batas antara lantai atas dan lantai bawah. Dak tidak hanya dibuat untuk keperluan memisahkan lantai atas dan bawah saja, dak juga bisa dibuat sebagai pengganti fungsi kanopi pada teras, bahkan area garasi. Dak mudah ditemukan pada rumah-rumah yang bergaya minimalis. 

Dalam proses pembuatannya, material yang digunakan untuk membangun dak juga bervariasi. Ada dak yang terbuat dari kayu, tanah liat, juga beton. Dak beton ini adalah jenis material dak yang umumnya digunakan untuk membuat pembatas lantai. Termasuk teras rumah.

Kelebihan utama menggunakan dak beton adalah kekokohannya. Dak jenis ini tidak mudah rusak. Termasuk tahan dengan kondisi cuaca. Ketebalan dak beton jika dibangun dengan baik bisa menyerap panas. Ini bisa membuat ruang di bawahnya terasa lebih dingin atau sejuk.


3 Karakteristik Dak Beton

Apa yang menjadi indikator dak beton dikatakan baik? Dak beton dikatakan baik bila memiliki 3 karakteristik ini:

1. Kuat dan kokoh

Untuk menghasilkan dak beton yang kuat dan kokoh, dak beton harus dibuat dengan proses yang sempurna sehingga mampu menahan beban pada bangunan bertingkat.

2. Halus dan rata

Permukaan dak beton harus tampak halus dan rata karena juga memengaruhi fungsi dan nilai estetika.

3. Efisien

Pengerjaan dak beton harusnya dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama karena pengerjaan yang terlalu lama dikhawatirkan akan membuatnya mudah retak atau keropos, terutama jika dikerjakan saat musim hujan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak

Cara Membuat Cor Dak Teras Rumah Minimalis

Memang terlihat mudah dan sederhana, namun cara membuat cor dak teras ini sebaiknya diterapkan oleh tukang yang sudah ahli. Ini demi mendapatkan hasil yang optimal juga pada akhirnya. Untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu.

Seperti judulnya, dak teras beton ini dibuat dengan cara di cor. Untuk memastikan kalau dak beton ini dibuat dengan benar, ada empat hal yang perlu diperhatikan. Pastikan cor solid dan kuat, pengerjaan yang dilakukan juga harus merata dan halus. Lalu, hal yang paling penting juga harus dikerjakan efisien dan seekonomis mungkin. Itu sebabnya harus dikerjakan tenaga ahli yang bisa melakukan perhitungan yang lebih tepat.

Berikut ini cara membuat cor dak teras, yaitu:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum mengecor, agar lebih efektif dan efisien, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan seperti:

  • Semen dan pasir,
  • Besi,
  • Papan kayu
  • Kape,
  • Meteran,
  • Aquaproof, hingga
  • Alat Pelindung diri seperti sarung tangan.

Baca juga: K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja): Pengertian dan Tujuan

2. Lakukan pengukuran

Jangan lupa untuk melakukan pengukuran. Pengukuran ini sangat berguna untuk mengetahui jumlah material bangun yang nantinya akan dibutuhkan. Hitunglah komposisi masing-masing bahan untuk pengecoran dak teras rumah minimalis Anda.

3. Pastikan pondasi teras kokoh

Untuk membuat cor dak teras ini, pertama Anda perlu memastikan bahwa pondasi teras sudah cukup kokoh untuk menopang dak beton ini.

4. Bersihkan permukaan dak

Cara ini cukup efektif karena permukaan yang benar-benar bersih akan membuat kualitas pengecoran dak menjadi lebih baik. Selain itu, apabila Anda menambahkan lapisan waterproofing, maka bisa melekat dengan kuat.

Gunakan kape gagang atau sikat untuk membersihkan dak secara menyeluruh.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Aquaproof untuk Cegah Kebocoran

5. Lakukan pengecoran

Lalu, mulailah proses cor dan pemasangan rangka-rangka beton sesuai dengan kebutuhan.

Setelah rangka sudah dibuat, siapkan juga papan-papan kayu. Papan kayu ini akan digunakan sebagai media cetak. Tujuannya agar hasil dak yang dibuat bisa lebih rapi dan rata.

Setelah cor beton mengering dan papan cetak dibuka, berikutnya bisa dilakukan pengamplasan untuk menghaluskan dak. Setelah itu, Anda bisa mengecat atau mendekorasinya sesuai kebutuhan.

6. Finishing

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang telah Anda gunakan, terutama peralatan yang terkena cor.

Segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum ia mengering dan mengeras. Membersihkan peralatan pengecatan ini menjadi penting untuk menjaganya tetap awet dan agar bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya, misalnya menambal dak beton.


Tips Membuat Cor Dak Teras

Terakhir, ada tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai membuat dak teras. Pastikan selain melakukan pengukuran, lakukan juga perhitungan dimensi. Seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, Anda perlu membeli tulang besi. Termasuk memeriksa harga material, hingga harga besi beton ulir yang dibutuhkan.

Pastikan tebal dak beton juga pas. Dak beton yang dibuat harus mampu menahan gaya tekan. Umumnya untuk membuat atap dak beton, ukuran tebal yang dipakai paling tidak 8 cm. Sementara ukuran untuk lantai dak beton tebalnya paling tidak 12 cm. 

Selain ukuran ketebalan, perhatikan juga struktur adonan cor. Pastikan tidak terlalu cair tidak juga terlalu kental. Tujuannya untuk mencegah terbentuknya rongga-rongga pada inti dak. Menyiram air atau meletakkan kain basah di permukaan adonan cor juga bisa jadi cara untuk mencegah beton mengeras terlalu cepat.

Tips terakhir, saat menggunakan jasa tukang, Anda perlu memiliki komunikasi yang terbuka dengan para tukang demi hasil yang baik. Tanya dan diskusikan tentang cara membuat cor dak teras yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda sedang mencari bahan material yang berkualitas untuk renovasi atau pembangunan rumah Anda, jangan ragu untuk datang ke Klopmart. Di sini, Anda dapat menemukan beragam opsi material berkualitas tinggi dengan harga yang bersahabat.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya