Cara Membuat Cor Dak Teras Rumah

Cara membuat cor dak teras rumah bisa terlihat sederhana, tetapi pembuatannya perlu diperhatikan dengan saksama. Ini karena cor dak teras adalah salah satu elemen yang cukup krusial. Ini bisa Anda lihat sendiri dari kebanyakan desain atau gaya bangun rumah-rumah di Indonesia. Cor dak teras adalah salah satu elemen rumah yang paling sering ditemui.

Untuk membantu Anda lebih memahami cara membangun dak teras, Anda bisa membaca ulasan singkatnya di bawah ini.
 

Apa itu dak teras?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah dak, dak adalah sekat batas antara lantai atas dan lantai bawah. Dak tidak hanya dibuat untuk keperluan memisahkan lantai atas dan bawah saja, dak juga bisa dibuat sebagai pengganti fungsi kanopi pada teras, bahkan area garasi. Dak mudah ditemukan pada rumah-rumah yang bergaya minimalis. 

Dalam proses pembuatannya, material yang digunakan untuk membangun dak juga bervariasi. Ada dak yang terbuat dari kayu, tanah liat, juga beton. Dak beton ini adalah jenis material dak yang umumnya digunakan untuk membuat pembatas lantai. Termasuk teras rumah.

Kelebihan utama menggunakan dak beton adalah kekokohannya. Dak jenis ini tidak mudah rusak. Termasuk tahan dengan kondisi cuaca. Ketebalan dak beton jika dibangun dengan baik bisa menyerap panas. Ini bisa membuat ruang di bawahnya terasa lebih dingin atau sejuk.
 

Cara membuat cor dak teras

Memang terlihat mudah dan sederhana, namun cara membuat cor dak teras ini sebaiknya diterapkan oleh tukang yang sudah ahli. Ini demi mendapatkan hasil yang optimal juga pada akhirnya. Untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu.

Seperti judulnya, dak teras beton ini dibuat dengan cara di cor. Untuk memastikan kalau dak beton ini dibuat dengan benar, ada empat hal yang perlu diperhatikan. Pastikan cor solid dan kuat, pengerjaan yang dilakukan juga harus merata dan halus. Lalu, hal yang paling penting juga harus dikerjakan efisien dan seekonomis mungkin. Itu sebabnya harus dikerjakan tenaga ahli yang bisa melakukan perhitungan yang lebih tepat.

Untuk membuat cor dak teras ini, pertama Anda perlu memastikan bahwa pondasi teras sudah cukup kokoh untuk menopang dak beton ini. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran juga, guna mengetahui jumlah material bangun yang nantinya akan dibutuhkan. Lalu, mulailah proses cor dan pemasangan rangka-rangka beton sesuai dengan kebutuhan.

Setelah rangka sudah dibuat, siapkan juga papan-papan kayu. Papan kayu ini akan digunakan sebagai media cetak. Tujuannya agar hasil dak yang dibuat bisa lebih rapi dan rata. Setelah cor beton mengering dan papan cetak dibuka, berikutnya bisa dilakukan pengamplasan untuk menghaluskan dak. Setelah itu, Anda bisa mengecat atau mendekorasinya sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak
 

Tips membuat cor dak teras

Terakhir, ada tips yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai membuat dak teras. Pastikan selain melakukan pengukuran, lakukan juga perhitungan dimensi. Seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, Anda perlu membeli tulang besi. Termasuk memeriksa harga material, hingga harga besi beton ulir yang dibutuhkan.

Pastikan tebal dak beton juga pas. Dak beton yang dibuat harus mampu menahan gaya tekan. Umumnya untuk membuat atap dak beton, ukuran tebal yang dipakai paling tidak 8 cm. Sementara ukuran untuk lantai dak beton tebalnya paling tidak 12 cm. 

Selain ukuran ketebalan, perhatikan juga struktur adonan cor. Pastikan tidak terlalu cair tidak juga terlalu kental. Tujuannya untuk mencegah terbentuknya rongga-rongga pada inti dak. Menyiram air atau meletakkan kain basah di permukaan adonan cor juga bisa jadi cara untuk mencegah beton mengeras terlalu cepat.

Tips terakhir, saat menggunakan jasa tukang, Anda perlu memiliki komunikasi yang terbuka dengan para tukang demi hasil yang baik. Tanya dan diskusikan tentang cara membuat cor dak teras yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Jul 2021

Related Article