7 Cara Pasang Pompa Pendorong Air dari Toren dengan Mudah

Tahukah Anda bahwa penting sekali untuk memahami cara pasang pompa pendorong air dari toren? Pengetahuan ini akan sangat berguna bagi siapa pun, salah satunya untuk Anda yang memang membutuhkan toren untuk persediaan air di rumah menjadi lebih aman. 

Untuk mengetahui bagaimana cara pasang pompa pendorong air dari toren dengan benar, Klopmart akan membagikan langkah-langkah hingga beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pastikan Anda membaca artikel ini hingga akhir agar tidak melewatkan informasi lengkapnya!

Mengapa Toren dan Pompa Pendorong Air?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai bagaimana cara memasang pompa pendorong air pada toren, sebagian dari Anda mungkin menanyakan mengapa toren dan pompa pendorong air, bukan? Bagi Anda yang mungkin tidak menggunakan toren di rumah, kami akan menjelaskan mengapa toren dibutuhkan oleh sebagian orang untuk penyedia kebutuhan air di rumah.

Sebagian orang pada umumnya menggunakan toren air di rumahnya untuk menyimpan air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi, cuci piring, dan lain-lain. Hal yang melatarbelakangi penggunaan toren dikarenakan adanya permasalahan yang muncul, seperti sumur air di rumah mengering atau aliran sumber air yang mengecil.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Air Sumur Bor yang Bagus Digunakan

Toren sendiri hadir sebagai solusi karena tugasnya sebagai wadah besar untuk menampung air. Selain itu, menggunakan toren air juga dapat menjamin kualitas air yang dikonsumsi karena air di dalam toren biasanya telah melalui proses pengolahan terlebih dahulu sebelum disimpan.

Toren untuk menjalankan tugasnya membutuhkan sebuah pompa yang mana akan mendorong air untuk ke tempat tujuan. Tempat tujuan yang dimaksud adalah kran air yang nantinya akan digunakan secara langsung untuk berkegiatan seperti dapur hingga kamar mandi. Jadi, pompa pendorong air memiliki bagian yang sangat penting untuk kinerja suatu toren.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang pompa pendorong air pada toren. Selain itu, ada beberapa langkah yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda memasang pompa pendorong air pada toren perihal keamanan pemasangan pompa. 

Hal Wajib yang Harus Diperhatikan dalam Memasang Pompa Pendorong Air

Sebelum melaksanakan pemasangan pompa pendorong air pada toren, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar proses pemasangan pompa pendorong air berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan!

1. Pastikan Pompa Pendorong Air Sesuai dengan Kebutuhan Air

Pastikan pompa yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan air yang diperlukan. Jangan memasang pompa yang terlalu kecil atau terlalu besar dari kebutuhan air yang diperlukan, karena ini dapat menyebabkan kerusakan pada pompa atau sistem distribusi air.

2. Kabel Listrik untuk Pompa Memiliki Kapasitas Sesuai

Pastikan kabel listrik yang akan digunakan untuk menghubungkan pompa ke sumber listrik memiliki kapasitas yang cukup untuk mengoperasikan pompa. Gunakan kabel listrik yang sesuai dengan tipe dan kapasitas pompa yang akan dipasang.

Baca juga: Jenis Jenis Pompa Air dan Fungsinya

3. Pastikan Tempat untuk Meletakkan Pompa

Pastikan tempat yang akan digunakan untuk menempatkan pompa kuat dan tidak mudah bergerak. Hal ini tidak boleh terlupakan agar pompa tidak mudah terjatuh atau terbangun nantinya.

4. Pastikan Slang Air Sesuai

Pastikan slang air dan fitting yang akan digunakan sesuai dengan ukuran pompa dan sistem distribusi air yang ada. Jangan menggunakan slang air atau fitting yang terlalu kecil atau terlalu besar, karena ini dapat menyebabkan kebocoran atau kerusakan pada sistem distribusi air.

5. Pastikan Alat dan Bahan Pengunci Pompa Lengkap

Pastikan Anda menyiapkan alat dan bahan pengunci pompa air secara lengkap. Beberapa alat dan bahan yang dimaksud seperti baut, mur dan sekrup hingga obeng yang akan digunakan untuk mengunci pompa ke tempat yang telah disiapkan sesuai dengan ukuran pompa dan kuat untuk menahan beban pompa. 

6. Jangan Biarkan Pompa Air dalam Keadaan Basah

Pompa air tidak boleh basah karena air dapat merusak bagian-bagian dalam pompa yang terbuat dari logam atau plastik. Air dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam dalam pompa, sehingga mempercepat kerusakan pompa. Selain itu, air juga dapat menyebabkan short circuit pada bagian-bagian elektronik dalam pompa, seperti motor listrik atau kontrol elektronik, yang dapat menyebabkan pompa tidak dapat berfungsi dengan baik.

7. Pastikan Anda Mengetahui Langkah-Langkahnya

Jika Anda belum pernah memasang pompa air sebelumnya atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara memasangnya, sebaiknya menggunakan pelajari langkah-langkahnya. Anda juga bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli untuk memasang pompa air pada toren apabila Anda memang tidak dapat melakukannya.

Cara Pasang Pompa Pendorong Air dari Toren

Jika Anda tertarik dan ingin tahu bagaimana cara pasang pompa pendorong air dari toren, ada beberapa langkah yang harus dipahami. Berikut adalah langkah-langkah cara pasang pompa pendorong air dari toren.

1. Persiapkan Alat dan Bahan termasuk Alat Pelindung Diri seperti Safety

Langkah awal yang sering dilupakan adalah menyiapkan alat dan bahan selengkap mungkin, sehingga pada proses pemasangan Anda berjalan lancar. Salah satunya juga menggunakan APD atau Alat Pelindung Diri yang sering kali dilewatkan tahapannya oleh kebanyakan orang. 

APD (Alat Pelindung Diri) perlu digunakan sebelum memasang pompa air pada toren karena bekerja dengan alat-alat listrik atau mesin dapat menyebabkan bahaya bagi operator yang tidak terlindungi dengan baik. Beberapa APD yang perlu anda siapkan kurang lebih seperti sepatu keselamatan, pelindung wajah, sarung tangan keselamatan, dan kacamata pelindung. 

2. Memperkirakan Jarak Posisi Toren

Kemudian, langkah selanjutnya adalah Anda harus memperkirakan jarak posisi toren. Pastikan jaraknya kurang lebih 1 meter. Hal ini diharuskan seperti ini karena untuk memberikan ruang yang cukup untuk memasang peralatan tambahan, seperti pompa air atau filter air, yang dapat dipasang di samping tangki.

3. Mengatur Stop Kran 

Pada pemasangan pompa air untuk toren, stop kran diatur pada posisi terbuka agar pompa dapat bekerja dengan baik dan mampu mengalirkan air ke sistem distribusi air. Jika stop kran ditutup, maka aliran air tidak akan lancar dan pompa tidak akan dapat bekerja dengan baik. Selain itu, stop kran juga digunakan untuk memutuskan aliran air ketika pompa tidak digunakan atau sedang dalam perawatan. 

4. Perhatikan Stop Kran pada Pipa Bypass Anda

Anda juga perlu mengatur stop kontak pada pipa bypass. Karena saat pompa berhenti atau tidak digunakan, aliran air dari sistem distribusi akan kembali ke pompa melalui pipa bypass. Pipa bypass dapat mencegah terjadinya kebocoran atau kerusakan pada sistem distribusi air yang disebabkan oleh aliran balik dari pompa.

5. Pasang Kabel Listrik dan Slang Air

Pasang kabel listrik ke pompa, pastikan konektor terpasang dengan benar dan tidak bocor. Kemudian Hubungkan slang air ke sumber air dan ke pompa.

Baca juga: Inilah Arti Warna Kabel Listrik Dan Fungsinya

6. Pasang dan Nyalakan Pompa

Pasang pompa ke tempat yang telah disiapkan, gunakan baut, mur dan sekrup yang sesuai untuk mengunci pompa ke tempat yang telah disiapkan. Nyalakan pompa dan periksa apakah pompa berfungsi dengan baik. Jika tidak, periksa konektor-konektor dan pastikan semuanya terpasang dengan benar.

7. Hubungkan Slang Air ke Toren

Setelah pompa berfungsi dengan baik, hubungkan slang air ke sistem distribusi air yang telah disiapkan. Pastikan konektor terpasang dengan benar dan tidak bocor. Nyalakan pompa dan periksa apakah air mengalir dengan lancar ke sistem distribusi. Jika tidak, periksa kembali konektor-konektor dan pastikan semuanya terpasang dengan benar.

Ketika berurusan dengan penyimpanan air untuk kebutuhan sehari-hari, Anda tentunya tidak boleh memilih toren air secara sembarangan. Pastikan Anda memilih kualitas toren air yang baik bersama dengan Klopmart! Anda bisa menemukan beragam toren dengan kualitas terbaik di Klopmart beserta harga toren air yang terjangkau. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini. Jadi, selain mengetahui bagaimana cara pasang pompa pendorong air dari toren yang benar, Anda juga harus memastikan untuk memilih kualitas toren air yang baik!

Sumber rujukan: 

  • https://berita.99.co/cara-pasang-pompa-pendorong-air-dari-toren/
  • https://www.grahaexcel.com/articles/tips/cara-memasang-pompa-pendorong-air-dari-toren

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article